“ADUH, AKU GENDUT!” Metamorfosa atau Semiotika


“ADUH, AKU GENDUT!”

“Aduh, aku gendut!” terlihat Fani sedang sibuk bercermin, sambil mengamati tubuhnya yang di dalam pandangan matanya tampak semakin gemuk. 

Gambaran diatas adalah bentuk ketakutan wanita yang sangat umum terjadi di Era yang semakin keras ini. Perubahan yang semakin menjadi ketika kita bertumbuh semakin besar. Badan semakin Gendut, kulit kurang putih atau kulit yang kusam. Apa yang terjadi hingga wanita sebegitu takutnya. Darimana wanita mendapatkan keinginan-keinginan itu. Ya, benar, Iklan di Televisi  dan Iklan di Media manapun yang selalu mengatakan tentang ketidaksempurnaan. Lagi-lagi ini adalah strategi para kapitalis untuk menguasai pasar dan agar produk-produk mereka laku dipasaran. Iklan mengatakan : Tubuh masih kurang baik, kurang sempurna, kurang putih dan kekurangan lain-lainnya dan kita harus memperbaikinya.
Bagaimana cara memperbaikinya?

Ya, tentu saja dengan membeli produk-produk yang ditawarkan, obat pelangsing dengan iming-iming herbal, peralatan olahraga yang dikabarkan dapat menghancurkan lemak dengan cepat, suntik putih, bantal penyangga payudara. Pesan-pesan tersebut akhirnya masuk dan merasuk ke dalam pikiran hingga diri sendiripunjadi mencari-cari kekurangan pada diri sendiri.

Akhirnya memang kaum perempuanlah yang paling mudah mendapat iming-iming janji dari sebuah iklan. Sebagian besar iklan dan program televisi yang menempatkan fokus pada berat badan ditujukan pada kaum perempuan . Kaum perempuan lebih mengkhawatirkan perihal berat badan daripada kaum laki-laki.

Dalam buku “Fat is a financial issue” terbitan tahun 2000, kaum perempuan yang gemuk, nilai bersih mereka kurang dari setengah nilai para rekan mereka yang lebih langsing. Perempuan yang “Menarik” memiliki suatu kelebihan finansial lain dan mereka menarik perhatian dan memilih menikah dengan laki-laki yang berpenghasilan tinggi.

-Kesimpulannya mau dibawa diri kita, disedot oleh daya magnet iklan dan kapitalisnya atau tetap mencintai diri kita apa adanya dengan merawat diri sewajarnya, Ladies. Jadi Metamorfosis apa yang kita mau dari gendut menjadi langsing, atau dari hitam menjadi putih, jadi apapun itu yang penting membawa pengaruh positif ya :p

Share this:

Dari Penulis

Hai, terima kasih telah membaca blogku. Dengan hormat aku mohon jangan tinggalkan link dalam bentuk apapun.

0 komentar:

Posting Komentar