KULIAH DAN KERJA SAMBILAN


KERJA SAMBILAN
MENAMBAH PENGALAMAN DAN RELASI
            Kuliah tentunya lekat dengan kehidupan kampus dan segudang kegiatan serta tugas-tugasnya. Kuliah dengan biaya yang variatif namun semakin bertambah tahun tidak dapat dipungkiri biayanya semakin meningkat, sebagai mahasiswa/mahasiswi apalagi yang datang dari perantauan tentunya masih mengandalkan kiriman dari orang tua dan berlomba-lomba mengejar beasiswa. Tetapi terkadang walaupun sudah mendapat biaya dari orang tua ada saja kekuarangan yang dirasakan.
            Inisiatif untuk kerja sambilan/paruh waktu pun muncul, demi menambah uang saku untuk fotocopy makalah, modul, tugas yang tentunya tidak sedikit, membiayai bahan bakar kendaraan ataupun untuk tambahan uang “nongkrong”(bersantai) bersama teman-teman, yang tidak tercakup dalam kiriman bulanan dari orang tua. Secara tidak sengaja manfaatnya pun didapat yaitu pengalaman bekerja, pagi kuliah, sore bekerja paruh waktu. Waktupun terasa sangat bermanfaat dan tidak terbuang percuma.
            Manfaat lainnya adalah uang yang didapat dari kerja paruh waktu dapat disisihkan untuk ditabung, untuk kebutuhan mendadak atau untuk meringankan biaya yang dikeluarkan oleh orang tua. Belajar dan bekerja itulah yang didapatkan, belajar dari pekerjaan yang dilakukan. Kerja sambilan pun dapat digunakan untuk membangun dan mencari relasi baru di dunia kerja, sehingga kitapun dapat belajar dari yang lebih berpengalaman. Akhirnya kerja paruh waktu memberi fungsi ganda dan membawa hal-hal positif bagi kita kedepannya setelah lulus kuliah, dan tidak kaget lagi dengan dunia kerja yang sebenarnya.



Share this:

Dari Penulis

Hai, terima kasih telah membaca blogku. Dengan hormat aku mohon jangan tinggalkan link dalam bentuk apapun.

0 komentar:

Posting Komentar