Kamis, 05 April 2018

# Event

Blogger Turut Berperan untuk Menuju Indonesia Maju



Foto oleh @elzhaku

Flash Blogging menuju Indonesia Maju bersama Kominfo hari ini Jumat, 6 April 2018. Kominfo kini peduli pada komunitas blogger untuk lebih mendekatkan diri dan bekerjasama dalam hal pemberitaan positif. Peserta yang hadir pada acara Kominfo hari ini berasal dari Kompasiana, Media seluruh Yogyakarta, Komunitas Blogger Jogja, dan Genpi. Sambutan dari perwakilan Kominfo mengatakan bahwa  Kominfo kini lebih fokus pada kaum difabel. Kominfo juga tentunya peduli pada komunitas blogger dan content creator  yang ada di seluruh Indonesia. Kominfo berencana akan membangun Co-Working Space yang tentunya akan menambah fasilitas umum di masyarakat dan tentunya berguna bagi penggiat blogger di Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Kanit dan Ibu Sekretaris Dinas Kominfo Daerah Istimewa Yogyakarta. Juga dihadiri dari Staf Bagian Komunikasi Presiden Bapak Handoko, Bapak Pram dan Ibu Laksmi. 

Perwakilan dari Ditjen Informasi dan Komunikasi  mengatakan dalam sambutannya pemerintah tentunya  tidak sanggup untuk mempromosikan kerja Kominfo. Apalagi jumlah PNS di seluruh Indonesia yang jumlahnya tidak memungkinkan untuk menyebarluaskan sendiri mengenai kerja pemerintah. Maka dari itu Kominfo . Kominfo juga rajin melakukan roadshow ke beberapa kota mulai tahun 2016. Dimulai dari Komunitas MasJo. Blogger yang hadir dalam acara ini diharapkan dapat  menyosialisasikan program-program pemerintah. Pemerintah melalui Kominfo ingin mewartakan kabar mengenai  perbaikan Infrastuktur, kesejahteraan, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Jalan Tol, dan semua pembangunan. Blogger juga diharapkan dapt menjadi salah satu penyambung informasi dan mendukung program pemerintah yang sudah , akan dan telah dilaksanakan. 

Di dalam acara ini Kominfo secara khusus mengundang seorang blogger dan kini menjadi penulis yaitu Agus Mulyadi atau yang sering disapa dengn Gus Mul seorang yang mengawali karir karena fotonya yang viral bersama Nabila Jkt48. Mas Gus Mul sapaan akrab Agus Mulyadi mula-mula bercerita awal karirnya tentang edit Foto. Mas Gus Mul juga menyadari bahw ia mendapatkan keberkahan hidup karena menjadi blogger. Edit Foto bersama Nabila Jkt48 menjadi viral menurutnya karena ia punya waktu luang sebagai seorang penjaga warnet pada awalnya. Bekerja sebagai tukang jaga warnet menurutnya adalah pekerjaan yang sangat membosankan. Mulai dari sanalah ia berkenalan lalu berusaha membuat blog. 

Cerita awal yang ia tulis adalah mengenai menulis tentang curug di purworejo. Kemudian tulisan viralnya yang lain adalah mengenai Makam misionaris. Dan karena tulisannya itu ia dipanggil oleh pemilik yayasan misionaris tersebut.  Mas Gus Mul juga pernah menulis kisah temannya yang pernah pasang susuk. Sehingga banyak orang lain yang membaca menurutnya dari cerita-cerita sederhananya membuat orang-orang dapat saling bertukar informasi. Pernah mendapatkan uang 1 juta dalam sehari dalam edit foto membuat Mas Gus Mul tidak menjadi tinggi hati. Karena ia ingat pernah mendapat kejutan dari Danang Darto penyiar Prambors yang menyamar sebagai Ganindra Bimo. Sadar bahwa foto memiliki hak cipta sehingga kini ia mulai berhati-hati untuk edit foto. Mas Gus Mul kemudian mulai menulis dan membukukan cerita-ceritanya. Ternyata menjadi seorang blogger banyak membawa berkah bagi Agus Mulyadi. Katanya “Setiap orang butuh lompatan agar bisa menjadi orang yang terlihat karyanya”. Karya Gus Mul yang ada hingga sekarang adalah Jomblo tapi Hafal Pancasila dan Bergumul dengan Gusmul , dan Diplomat Kenangan merupakan 3 buku yang membawa Agus Mulyadi hingga sukses seperti sekarang.

Menurut Agus Mulyadi menulis adalah berkah. Menjadi blogger memang harus memiliki genre. Salah satu jenis genre yang kini popular adalah personal literature. Menulis tentang diri sendiri dan menulis tentang lingkungan sekitar. Menulis itu sederhana dan bisa ditulis. Ide ternyata bisa datang kapan saja dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Politik, Agama, Seks dan Humor merupakan materi-materi yang bisa dinaikkan ketika kita mau menulis. Menurut Agus Mulyadi pilih salah satu dari tema tersebut dan konsistenlah menulis. Agus Mulyadi menambahkan setiap blogger dan penulis haruslah memiliki gaya bahasa sendiri dan jangan lupa gunakan quote agar diingat oleh orang lain. Sebaiknya angkatlah lokalitasmu agar kamu tidak kehilangan identitasmu sebaiknya hindari jakartasentris kecuali itu cocok dengan personalitimu. Menulis itu masalah jam terbang semakin kamu sering mengasah kemampuanmu semakin tajam tulisanmu. Penulis yang baik tulisannya karena ia banyak membaca.

Pemateri berikutnya adalah Bapak Andoko Darta dari Tim komunikasi Presiden. Beliau ada dibalik tim Sudut Istana bertugas untuk mendengarkan kritik dan masukan dari anak muda seluruh Indonesia.  Dalam Perjalanan 5 Tahun Jokowi dan JK menuju Indonesia Maju. Indonesia akan menjadi negara maju bukan menjadi negara bubar apabila negara mampu mengatasi hoax. Seluruh masyarakat Indonesia mampu merasakan pembangunan Indonesia dan bergerak maju bersama dan sejahtera bersama. Fokus Presiden adalah pada Pemerataan yang Berkeadlian. BBM 1 harga terutama masyarakat di Kalimantan dan Papua dapat menikmati harga sama.  Keberpihakan pada 40% lapisan masyarakat terbawah. Pemerintah tengah mencanangkan Satu Harga  Satu Indonesia. Peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui vokasi. Revitalisasi pedagang agar dapat bersaing dengan pasar modern. Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program Pemberian makanan Tambahan untuk anak dan ibu hamil. Pemerintah juga berusaha untuk membangun sentra pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa. Subsidi lebih tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah. 
Info selengkapnya dapat dilihat di website www.president.go.id, 
twitter@jokow, Instagram @jokowi dan Facebook Jokowi. 

Mari dukung program pemerintah dengan menyebarkan kabar gembira. Say no to hoax.

4 komentar:

  1. Aseeeeeeek yang dapet payung cantik dari Pak Jokowiiii~

    BalasHapus
  2. Mba blognya bagus tertarik untuk berdomainkah? Heheh. Maafkan ya saya gagal fokus malah suka ama desains blognya 👍

    BalasHapus
  3. Wah Jogja juga ikut serta yak di datangi Flash Blogging, sama dong dengan Pekanbaru. Kereen! ;)

    BalasHapus