3 Tradisi Lebaran Di Indonesia




안녕하세요.

annyeonghaseyo.

Teman-teman Makve dimanapun kalian berada. Gimana  lebaran sebentar lagi apa yang sudah kalian persiapkan. Kue-kue, cemilan, sirup, stock makanan, hmm apalagi, outfit untuk lebaran, dan tentunya hati kamu ya untuk menyambut lebaran.

Hari Raya Lebaran selalu menyenangkan untuk dilewati . Banyak serendipity ketika lebaran tiba bukan hanya bunyi petasan dankembangapi yang menggema pletak pletokk duerrr mengangetkan. Ketika lebarn banyak sekali tradisi-tradisi yang selalu ditunggu baik oleh  Muslim maupun masyarakat yang menganut agama lain. Karena tentunya tradisi ini telah begitu melekat di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Nuansa hangat  dan kekeluargaan sudah mulai nampak bahkan sejak awal puasa dimulai. Beragam kegiatan dan juga acara yang bernilai kebaikan banyak dilakukan untu meramaikan bulan Ramadan dan kegiatan ini berlanjut hingga lebaran tiba. 



Hal yang paling menonjol dari bulan Ramadan hingga menjelang lebaran adalah berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Bulan Ramadan memang menjadi bulan yang mengeratkan silaturahmi. Hidup di Indonesia dengan beribu pulau, beragam bahasa daerah, beragam adat, beragam kebiasaan. Karena hal-hal inilah wilayah di Indonesia memiliki agenda dan juga tradisi unik ketika merayakan Lebaran. Keunikan dan kearifan local yang ada di tiap daerah ini pasti menjadi hal yang dirindukan.

Beberapa hal inilah yang kamu rindukan ketika kamu sedang berada di perantauan

Mudik

Menjadi perantau nampaknya adalah takdir setiap manusia yang lahir di Indonesia. Iya Makvee gini-gini juga pernah merantau teman-teman. Tapi karena rindu yang menyiksa tiap kali maka Makvee memutuskan untuk stay di Jogja dengan segala konsekuensinya. Kampung halaman menjadi tempat yang dirindukan. Hmm jangan Tanya halaman berapa ya muehehehe. Istilah mudik memang sangat akrab di telinga orang Indonesia. Mudik ini sudah menjadi tradisi dan bukan lagi, karena akan banyak beribu-ribu orang menyebrangi lautan demi bisa kembali ke kampungnya berkumpul bersama keluarga. Jalur udara dan jalur laut sama padatnya ketika menjelang lebaran tiba. Antar Kota Antar Provinsi ada yang menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan kendaraan jalur darat baik kereta api maupun bus. Maka tidak heran ketika musim Lebaran Ibukota Jakarta menjadi begitu lengang, karena jutaan penduduknya “hilang” menuju ke kampung halamannya masing-masing.

Takbir Keliling

Lebaran akan selalu disambut dengan berkumandangnya takbir sebagai tanda kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Saat itulah kita bisa melihat kebersamaan Indonesia. Masyarakat akan melaksanakan pawai turun ke jalan berjalan kaki bersama-sama. Bahkan ada kampng yang sudah latihan drumband sejak masa puasa hampir setiap malam. Selain itu akan banyak petasan dan kembang api yang dinyalakan. Walaupun dilarang namun kenyataannya masyarakat masih bisa mengaksesnya dan penjualan kembang api diawasi dan dibatasi.

Salam-salaman( Halal Bi Halal) Bermaaf-maafan

Tradisi bermaaf-maafan menjadi tradisi yang kini juga dijadikan ajang reunian. Halal bi Halal juga menjadi acara yang menyenangkan biasanya dimulai dari acara Halal Bi Halal kampung. Halal bi Halal antar teman arisan, antar teman kantor, dan lain-lain. Halal bi Halal ini juga dilakukan ketika saat lebaran tiba berbarengan dengan acara sungkeman bersama keluarga.
Yap Mungkin masih ada lebih banyak tradisi lebaran yang dijalankan di Indonesia, banyak hal unik yang dirayakan ketika lebaran. Mari menyambut lebaran dengan hati gembira dan penuh kedamaian agar terciptalah lebaran yang penuh dengan kebahagaiaan. Semoaga acara menyambut lebaran kalian berjalan lancar dan menyenangkan ya, Salam hangat dari Makvee :D

Share this:

Dari Penulis

Hai, terima kasih telah membaca blogku. Dengan hormat aku mohon jangan tinggalkan link dalam bentuk apapun.

2 komentar: