Langsung ke konten utama

3 Tradisi Lebaran Di Indonesia




안녕하세요.

annyeonghaseyo.

Teman-teman Makve dimanapun kalian berada. Gimana  lebaran sebentar lagi apa yang sudah kalian persiapkan. Kue-kue, cemilan, sirup, stock makanan, hmm apalagi, outfit untuk lebaran, dan tentunya hati kamu ya untuk menyambut lebaran.

Hari Raya Lebaran selalu menyenangkan untuk dilewati . Banyak serendipity ketika lebaran tiba bukan hanya bunyi petasan dankembangapi yang menggema pletak pletokk duerrr mengangetkan. Ketika lebarn banyak sekali tradisi-tradisi yang selalu ditunggu baik oleh  Muslim maupun masyarakat yang menganut agama lain. Karena tentunya tradisi ini telah begitu melekat di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Nuansa hangat  dan kekeluargaan sudah mulai nampak bahkan sejak awal puasa dimulai. Beragam kegiatan dan juga acara yang bernilai kebaikan banyak dilakukan untu meramaikan bulan Ramadan dan kegiatan ini berlanjut hingga lebaran tiba. 



Hal yang paling menonjol dari bulan Ramadan hingga menjelang lebaran adalah berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Bulan Ramadan memang menjadi bulan yang mengeratkan silaturahmi. Hidup di Indonesia dengan beribu pulau, beragam bahasa daerah, beragam adat, beragam kebiasaan. Karena hal-hal inilah wilayah di Indonesia memiliki agenda dan juga tradisi unik ketika merayakan Lebaran. Keunikan dan kearifan local yang ada di tiap daerah ini pasti menjadi hal yang dirindukan.

Beberapa hal inilah yang kamu rindukan ketika kamu sedang berada di perantauan

Mudik

Menjadi perantau nampaknya adalah takdir setiap manusia yang lahir di Indonesia. Iya Makvee gini-gini juga pernah merantau teman-teman. Tapi karena rindu yang menyiksa tiap kali maka Makvee memutuskan untuk stay di Jogja dengan segala konsekuensinya. Kampung halaman menjadi tempat yang dirindukan. Hmm jangan Tanya halaman berapa ya muehehehe. Istilah mudik memang sangat akrab di telinga orang Indonesia. Mudik ini sudah menjadi tradisi dan bukan lagi, karena akan banyak beribu-ribu orang menyebrangi lautan demi bisa kembali ke kampungnya berkumpul bersama keluarga. Jalur udara dan jalur laut sama padatnya ketika menjelang lebaran tiba. Antar Kota Antar Provinsi ada yang menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan kendaraan jalur darat baik kereta api maupun bus. Maka tidak heran ketika musim Lebaran Ibukota Jakarta menjadi begitu lengang, karena jutaan penduduknya “hilang” menuju ke kampung halamannya masing-masing.

Takbir Keliling

Lebaran akan selalu disambut dengan berkumandangnya takbir sebagai tanda kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Saat itulah kita bisa melihat kebersamaan Indonesia. Masyarakat akan melaksanakan pawai turun ke jalan berjalan kaki bersama-sama. Bahkan ada kampng yang sudah latihan drumband sejak masa puasa hampir setiap malam. Selain itu akan banyak petasan dan kembang api yang dinyalakan. Walaupun dilarang namun kenyataannya masyarakat masih bisa mengaksesnya dan penjualan kembang api diawasi dan dibatasi.

Salam-salaman( Halal Bi Halal) Bermaaf-maafan

Tradisi bermaaf-maafan menjadi tradisi yang kini juga dijadikan ajang reunian. Halal bi Halal juga menjadi acara yang menyenangkan biasanya dimulai dari acara Halal Bi Halal kampung. Halal bi Halal antar teman arisan, antar teman kantor, dan lain-lain. Halal bi Halal ini juga dilakukan ketika saat lebaran tiba berbarengan dengan acara sungkeman bersama keluarga.
Yap Mungkin masih ada lebih banyak tradisi lebaran yang dijalankan di Indonesia, banyak hal unik yang dirayakan ketika lebaran. Mari menyambut lebaran dengan hati gembira dan penuh kedamaian agar terciptalah lebaran yang penuh dengan kebahagaiaan. Semoaga acara menyambut lebaran kalian berjalan lancar dan menyenangkan ya, Salam hangat dari Makvee :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah Lightening Facial Scrub

Hei, Gaes
Sambil nepukin pipi Makvee yang makin kenyal  lalu tersenyum manis karena kulit Makvee terasa lebih cerah dan segar. Hmm apasih rahasianya. Baiklah  sesuai judulnya Makvee akan mereview pengalaman menggunakan salah satu produk lokal kesayangan Makvee yaitu Wardah  Lightening Facial Scrub. Si biru yang berfaedah ini yang kini jadi favorit Makvee


Oke Makvee bahas satu  persatu ya;
1. Kemasan Wardah Lightening Facial Scrub Kemasannya cantik berwarna biru muda pastel yang nampak segar.  Kemasan yang Makvee punya itu yang 60 ml dan kayaknya Makvee belum menemukan kemasan yang lebih besar dari itu. Ringan dan mantap untuk dibawa saat travelling tidak memenuhi tempat. Kemasan tubnya juga anti tumpah karena ada bunyi  klek atau klik saat ditutup sehingga sangat aman menurut Makvee.

Dalam kemasannya juga tercantum info dermatology tested yang artinya secara dermatologis telah terbukti aman dan tentunya sudah ada ijin dari BPOM. Lebih mantap lagi di kemasannya tertulis kandungannya yang ber…

Review Jujur Estuary Cafe Yogyakarta

Hari Sabtu di awal Juli saya dan 2 teman saya menembus kemacetan Jogja. Awalnya kami berniat untuk menikmati senja di Rooftop Satoria Hotel Yogyakarta. Tapi nyatanya senja telah berlari jauh dari kami. Kami-pun batal untuk menikmati senja. Mencari random café-café di Jogja, hingga bertanya ke teman-teman penggemar kopi dan foodgrammer Jogja. Saya pun menemukan instagram Estuary.id yang menampilkan suasana yang cozy dan lucu, dan tentunya instagramable yakaaan ya duonkkkk. Apalagi hari itu saya membawa gear lensa sudra saya Nikon D3500. Tentunya selain makan, sayapun ingin memotret sudut-sudut cantik Estuary Cafe.
Ketika datang, mobil grab pesanan kami disambut dengan baik dan diarahkan dengan baik pula oleh petugas parkir Estuary Café. Kami pun masuk dan disambut dengan teriakan anak-anak muda yang nampak fresh dan nampak sigap membantu. Saya pikir Estuary memang menerima anak-anak muda yang masih kuliah dan mau bekerja part time. Begitu masuk kami langsung disambut oleh kasir yang …

OldTown White Coffee Menu di Jogja Simanjuntak Bikin Pengen Semua

Selasa siang itu saya ingin sejenak lari dari rutinitas, pssst saya menemukan 1 tempat baru di Jl. C. Simanjuntak No.78A, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Wow begitu masuk saya langsung jatuh cinta dengan konsep ruangannya yang simple, stylish, dan elegant. Lokasi berada di dekat area kampus dan dekat dengan jalan raya sehingga sangat-sangat mudah ditemukan. Berada di depan Sekolah Vokasi UGM, sebelah selatan Larissa, dan sebelah utara KFC depan Mirota Kampus. 
Sekilas Tentang OldTown White Coffe
Sedikit tentang OldTown White Coffe ini, saya sendiri baru tahu tempat ini di Yogyakarta tepatnya di Jalan Simanjuntak, karena di kota-kota lain mungkin sudah banyak OldTown White Coffe. Tentunya, ini adalah pengalaman saya juga untuk yang pertama kalinya ke OldTown White Coffee. Pertama kalinya berkunjung ke OldTown White Coffee ketemunya yang dekat-dekat saja di Simanjuntak. Hahahahha udah deh saya jangan dikatain norak ya. Old Town ini jika diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Ba…