Tips Memilih Baju untuk Lebaran



Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Hari-hari menjelang lebaran Makvee dengar dari teman Makvee, menjelang hari lebaran dan puasa akan segera usai, lebih diperbanyak doanya. Bulan Ramadan bagi umat Islam memang diyakini sebagai bulan penuh rahmat dimana semua kebaikan dilipat gandakan. Menjadi harapan semua umat muslim yang ada di dunia untuk kembali lagi bertemu dengan Bulan Ramadan pada tahun-tahun sebelumnya. Bulan Ramadan juga menjadi bulan kesempatan untuk melakukan pertobatan dan pembersihan dosa-dosa.



Menyambut lebaran hal yang paling penting apalagi untuk wanita-wanita manjahhh Indonesia apalagi kalau bukan outfit alias pakaian. Hmm ada yang bilang sih lebaran kalau bajunya belum pakai baju yang baru rasanya belum afdol apalagi moment lebaran memang moment yang ditunggu-tunggu. Moment untuk berkumpul bersama keluarga, terkadang ada sesi foto. Pas di foto pasti pilihan outfit jadi pertimbangan. Makna pakaian baru juga dianggap sebagai awal mula menjadi lebih baik dari sebelumnya, atau awal mula yang baru. 

Berikut adalah tips dari Makvee dalam memilih baju lebaran yang cantik. Menurut Makvee tidak perlu mahal yang penting tidak melanggar norma kepantasan saat hari lebaran tiba. Tips ini bisa diterapkan saat acara apapun tidak hanya saat lebaran saja.


Pilihlah baju yang sesuai dengan kebutuhanmu


Baju untuk setiap orang memang berbeda-beda tergantung seleranya. Kalau sudah menyangkut selera sih Makvee juga sudah tidak bisa berkata apapun. Karena selera memang tidak bisa diperdebatkan. Namun untuk yang beragama muslim baju yang dikenakan terutama untuk wanita muslim memiliki syarat yaitu menutupi aurat seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Kain yang digunakan adalah yang berbahan tidak menerawang,  tebal, longgar/ tidak ketat, tidak memperlihatkan lekukan tubuh. Juga pilihlah bahan pakaian yang menyerap keringat dan ringan ketika digunakan.

Gunakan Gaya yang Sesuai dengan Diri Sendiri

Ada kalanya sebagai customer kita sering tertipu oleh foto. Baju/style yang digunakan oleh artis tertentu membuat kitapun ingin menggunakannya. Namun jangan salah, tidak semua baju cocok pada tubuh kita. Karena bentuk wajah dan bentuk badan yang berbeda dari artis yang ada di foto tentu akan sangat berbeda ketika digunakan pada diri kita. Maka saran Makvee ketika memilih baju, jangan hanya gunakan perasaan tapi gunakan juga logika. Apakah baju ini memang cocok untukku atau tidak.

Padu Padan Warna


Menurut Fotografer Indonesia Darwis Triadi warna bukan hanya menciptakan keindahan. Warna memberikan pengaruh yang luar biasa. Darwis Triadi, juga mengatakan dalam bukunya Color Vision: “Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai.

Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan". Pernyataan tersebut Makvee amini karena hal ini berkaitan dengan konsep psikologi warna, yang kemudian akan menjelaskan hubungan antara manusia dan bagaimana cara mereka memersepsikan warna-warna di sekitarnya.

Gunakan Baju Sesuai Tema


Ketika akan pergi ke suatu tempat ada sebutan OOTD akronim dari Outfit Of The Day atau Dress Code. Pilihlah tema yang sesuai agar tidak mendapatkan julukan “Miss Salah Kostum”. Jika saat lebaran bertema putih (biasanya) pilihlah baju/gamis yang nuansanya putih. Makvee sarankan jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan karena justru akan Nampak sangat mencolok ketika baju yang dikenakan adalah warna putih. Pilih aksesoris yang sederhana namun cukup mempercantik.
Yap itu semua adalah tips dari Makvee untuk kalian yang sedang mempersiapkan diri menyambut datangnya lebaran.

Namun Makvee tekankan bahwa adanya baju baru bukanlah sebuah indikator keberhasilan menjalankan ibadah dengan baik di bulan Ramadan. Karena hati yang baru bukan dilihat hanya dari pakaiannya yang baru. Tetap semangat teman-teman. Lebaran sebentar lagi …


0 comments