Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2019

Tips Memilih Baju untuk Lebaran

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Hari-hari menjelang lebaran Makvee dengar dari teman Makvee, menjelang hari lebaran dan puasa akan segera usai, lebih diperbanyak doanya. Bulan Ramadan bagi umat Islam memang diyakini sebagai bulan penuh rahmat dimana semua kebaikan dilipat gandakan. Menjadi harapan semua umat muslim yang ada di dunia untuk kembali lagi bertemu dengan Bulan Ramadan pada tahun-tahun sebelumnya. Bulan Ramadan juga menjadi bulan kesempatan untuk melakukan pertobatan dan pembersihan dosa-dosa. Menyambut lebaran hal yang paling penting apalagi untuk wanita-wanita manjahhh Indonesia apalagi kalau bukan outfit alias pakaian. Hmm ada yang bilang sih lebaran kalau bajunya belum pakai baju yang baru rasanya belum afdol apalagi moment lebaran memang moment yang ditunggu-tunggu. Moment untuk berkumpul bersama keluarga, terkadang ada sesi foto. Pas di foto pasti pilihan outfit jadi pertimbangan. Makna pakaian baru juga dianggap sebagai awal mula menjadi

Berbuka Puasa Bersama Keluarga Maupun Teman Sama Nikmatnya

Iftar di dalam bahasa Indonesia: buka puasa, mengacu pada sebuah perjamuan saat Muslim berbuka puasa selama bulan Ramadan. Iftar adalah salah satu ibadah di bulan Ramadan dan sering dilakukan oleh sebuah komunitas, dan orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama. Iftar dilakukan tepat setelah waktu Magrib (Wikipedia). Pilih berbuka dengan yang manis atau yang setia? Bulan Ramadan belum syahhhh kalau tidak melalui buka bersama bersama keluarga dan teman-teman. Buka puasa bersama adalah event favorit ketika ramadan. Bagi Makvee, Makvee menikmati moment to remember buka bersama sebagai acara seru bertemu teman-teman. Namun banyak sekali cerita dari perantauan teman-teman Makvee yang lain, yang rindu untuk buka bersama keluarga. Hmm Makvee juga pernah mengalami merantau dan rindu dengan keluarga di rumah.  Fyi , ternyata budaya buka bersama ini banyak juga dilalukan oleh umat Islam dari berbagai negara. Berhubung Makvee tidak menjalankan puasa ramadan Makvee se

Coba "No Make Up" Make Up untuk Lebaran

Lebaran sebentar lagi, hari raya selalu identik dengan silaturahmi dan mengunjungi sanak saudara. Hmm selain pertanyaan “Kapan Nikah?” Biasanya yang jadi bahasan kalau ketemu sepupu itu apa aja sihh? Hmm Salah satunya mengenai Make Up dunk ya. Setiap wanita tentunya ingin terlihat menawan di hari raya namun riasan yang digunakan nampak alami dan cantik. Makvee punya tips nih untuk kalian yang sebentar lagi merayakan Idul Fitri. Make up yang simple tidak berlebihan tapi tetap terlihat syantik dunk ya. Boleh deh kalau ini disebut “No Make Up” Make Up  1. Primer Primer merupakan basic yang menurut Makvee sangat penting. Apalagi kamu akan keliling-keliling untuk bertemu dengan banyak orang seharian. Face Primer ini digunakan setelah mengaplikasikan pelembab. Aplikasikan primer ini pada wajahmu terutama yang sering mengeluarkan minyak berlebih 2. Foundation Selanjutnya adalah foundation. Kalau Makvee suka dengan foundation liquid selain lebih hemat hasil make up juga

Tips Mengajari Anak Puasa

Puasa itu hakikatnya adalah menahan diri. Kalau Makvee puasa itu mengajarkan untuk disiplin bukan hanya sekadar menahan hawa nafsu lapar dan haus. Puasa juga bisa dilatih semenjak anak masih kecil. Menurut pengalaman Makvee, ketika Makvee belajar puasa dulu selalu diajarkan mengenai hal-hal positif melalui puasa. Simbah Makvee pernah bilang “Sing ora kepenak kui mengko bakalane marai kepenak” yang artinya hal-hal yang tidak enak yang kita alami, bisa membuat kita enak pada akhirnya. Simbah menganalogikannya begini “Koe ngombe jamu sing rasane ora enak, nanging jamu kui marai awakmu kepenak” yang artinya Kamu minum jamu yang rasanya tidak enak, namun jamu yang rasanya tidak enak itu membuat tubuhmu sehat. Simbah akan mengulang kata-kata ini apabila Makvee ogah-ogahan minum jamu.  Sama halnya dengan puasa, laku prihatin, atau kewajiban agama yang dilakukan pastinya membawa dampak positif bagi perkembangan spiritualitas, jiwa, dan tubuh manusia. Hal-hal inilah yang penting di

4 Aplikasi Smartphone Berfaedah

Selama bulan ramadan ini aplikasi yang mendukung ibadah puasa menurut Makvee sangat diperlukan. Apalagi nih buat kalian yang kalau bangun pagi sulit, bisa-bisa ketinggalan sahur kan ya. Bulan puasa selain mengajari untuk menahan diri juga mengajak untuk belajar mendisipinkan diri. Biar makin yoi puasanya ini nih beberapa aplikasi yang Makvee rekomendasikan untuk menemani puasa kalian. 1. Aplikasi ALARM Clock Aplikasi ini sangat membantu kamu berlatih agar kamu bisa segera bangun saat sahur tiba. Aplikasi ini juga bisa digunakan harian. Aplikasi alarm SpinMe Alarm Clock. Keunikan dari alarm ini adalah mendeteksi gerakan, sehingga kalau aplikasi ini belum mendeteksi gerakan yang signifikan maka alarm ini tidak akan off begitu saja. Juga ada aplikasi Snap Me Up , aplikasi alarm ini hanya akan berhenti jika wajahmu terdeteksi jelas di kamera. Jadi aplikasi Snap Me Up ini terhubung dengan kamera handphonemu dan hanya akan berhenti berdering jika keadaan lampu kamarmu telah

Puasa dan Amalannya dalam Berbagai Agama

puasa adalah tradisi yang membumi Bulan Ramadan adalah bulan yang dinanti oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Makvee nulis ini juga pas di bulan Ramadan nih teman-teman. Dari sumber yang Makvee baca puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam dan hukumnya wajib. Maksud dari berpuasa   untuk melatih kesabaran, pengendalian diri, kepedulian dan juga meningkatkan rasa syukur. Puasa ternyata tidak hanya dilakukan oleh saudara-saudara yang beragama muslim. Berikut adalah tradisi puasa dalam beberapa agama di dunia. Karena manfaat puasa memang tidak dirasakan secara langsung. Karena selain lebih kepada pengelolaan diri, puasa melatih manusia menjadi manusia yang lebih baik. Kesabaran yang hendaknya dipraktekkan setiap hari tidak hanya ketika puasa. Pun menahan nafsu yang lain juga mestinya tidak hanya dilakukan hanya sebagai kewajiban, tapi benar-benar diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata Pentingnya puasa, disamping secara sangat b

Menikmati Sajian Asian Food di GAIA Semeja Asian Kitchen

Hai hai hai teman-teman Makvee dimanapun berada. Udah tau dong ya udah tau kan kalau Makvee tinggal di Kota Berhati Nyaman, Yogyakarta. Gimana punya pengalaman manis dengan Jogja semanis rasa gudegnya. Ah Makvee juga, kota penuh cerita ini emang tempat Makvee pulang. Kalau kalian mendengar kata “Yogyakarta atau Jogja” apa 5 hal yang terpikir di benak kalian? Kalau Makvee 5 kata yaitu budaya, wisata, kuliner, hotel, dan malioboro. Kalian pasti punya sudut pandang lain tentang Kota Yogyakarta, ahhh karena ujungnya pasti kalian akan datang ke Yogyakarta kota dengan banyak tempat wisata ini. Berkaitan dengan wisata dan hotel Makvee ada 1 rekomendasi hotel untuk kalian. Hmm daripada kalian galau mau menginap dimana kan ya. Yess GAIA Cosmo Hotel adalah rekomendasi Makvee kalau kalian ke Jogja.  GAIA Cosmo Hotel, terletak di Jalan Ipda Tut Harsono no 16, Muja Muju. 15 Menit menuju Keraton Yogyakarta, 15 Menit menuju Malioboro. Berada di lokasi yang begitu strategis dekat denga Bala

Ada Kepedulian di Mudik 2019

“Pulang Ke Kotamu ada Setangkup Haru dalam Rindu”  Siapa yang tahun ini pulang kampung also known as Mudik ke Jogja. Gimana mau meet up sama Makvee gak nih. Muehehehe mudik menjadi saat yang ditunggu bagi kamu, kamu, kamu, iya kamu yang sedang merantau di luar kota atau luar pulau. Memang ada yang bilang  “..merantaulah agar kamu bisa tahu rasanya rindu untuk pulang”  Ah sudah hampir 5 tahun ini Makvee berhenti merantau dan menetap di Kota Berhati Nyaman apalagi kalau bukan Kota Yogyakarta. Dulu Makvee juga paham rasanya sedih tidak mendapatkan tiket mudik, sehingga mudik harus ditunda. Makvee juga tahu rasanya rindu tak tersampaikan (hallah apasih mulai gagal fokus deh) Tahun ini banyak kepedulian dari berbagai pihak kepada para pemudik.   Kepedulian dari PT Pos Indonesia Tahun ini PT Pos Indonesia (Persero) mendirikan 20 titik POS REHAT POS INDONESIA 2019 di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa. Wuaaaww sungguh luar biasa nih PT Pos Indonesia. Jalurnya sebag

Cerita Masa Kecilku Ketika Bulan Ramadan

Memiliki masa kecil yang berpindah-pindah kota karena mengikuti Bapak yang kala itu memang sering dipindah tugaskan ke kota lain membuat Makvee tumbuh menjadi anak yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Makvee sendiri lahir di Bandung, kemudian menghabiskan sepertiga masa kecil di Garut, Jawa Barat. Mengalami masa kecil di era ketika Nike Ardila sedang tenar sungguhlah menyenangkan. Apalagi dulu suasana ramadan di Garut sungguhlah meriah. Makvee tinggal di kompleks perumahan yang kontur tanahnya naik turun. Makvee ingat banyak anak seumuran Makvee tinggal disana. Kala itu gadget belumlah seperti tahun 2019 ini, ketika semua anak kecil bisa bermain gadget. Jaman Makvee kecil dulu Makvee selalu membawa karet gelang yang Makvee kumpulkan banyak-banyak. Karet gelang itu untuk bermain bersama teman-teman Makvee kemudian Makvee dan teman-teman menjalinnya menjadi karet yang panjang menyerupai tali sehingga bisa digunakan untuk bermain lompat tali. Tentang Garut

Karma Baik dibalik Infak, Sodakoh, dan Zakat

Wah judulnya provokatif ya, tapi tenang isi tulisannya positif kok. Menjelang lebaran nih, ehh teman-teman Makvee dimanapun berada. Bisikin dunk, kalian udah check saldo belum. Gimana THR udah ditransfer belum? Wah bulan Ramadan bulan yang baik jangan lupa suka citanya dibagi ya teman-teman. Infak Hingga Zakat Makvee sering mendengar dari teman-teman Makvee yang beragama Islam tentang Infak. Makvee pun bertanya ke salah satu teman Makvee. “Infak itu apa sih?” Nah jadi, Infak adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/ penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan oleh ajaran Islam. Kalau Makvee sih mengambil garis besarnya adalah berbagi. Eh tapi ada juga lho dalam agama Islam itu Zakat. Makvee Tanya lagi dunk ke teman Makvee dan memperoleh jawaban bahwa   Zakat adalah kewajiban harta yang spesifik, memiliki syarat tertentu, alokasi tertentu dan waktu tertentu. Zakat memiliki kekhususan yang berbeda dengan infak atau shadaqah. Seperti zakat fitrah yan

2 Produk Wardah Favorit Makvee

Hai teman-teman Makvee, kali ini kita bahas make up lagi yuk. Baik teman-teman Makvee yang laki-laki atau yang perempuan semuanya boleh bergabung. Karena kan make up has no label , semua boleh pake yhaaa kannnn begitupun dengan skincare . Salah satu make up yang paling sering Makvee pakai adalah foundation dan lipstik. 2 produk ini memang wajib harus banget ada di tas make upnya Makvee. Jujur nih Makvee emang udah lama menggunakan produknya Wardah. Tapi demi menambah pengetahuan Makvee ulas sedikit mengenai asal usul produk Wardah dan kawan-kawannya ya. PT PARAGON Technology And Innovation. Produk Wardah ini diproduksi oleh PT PARAGON Technology And Innovation . PT PARAGON Technology And Innovation berdiri sejak 1985 dan telah mendapatkan sertifikat GMP (Good Manufacturing Practice). Memiliki pengalaman lebih dari 32 tahun, Paragon telah diakui sebagai salah satu perusahaan manufaktur kosmetik nasional terbesar di Indonesia dan telah diperhitungkan dalam taraf internasional

3 Model Rambut "hits" 2019 versi Makvee

Rambut yang tebal dan berkilau merupakan dambaan setiap orang entah untuk laki-laki maupun perempuan. Rambut untuk perempuan disebut juga sebagai mahkota wanita. Bagi beberapa perempuan di Indonesia rambut panjang lebih diminati karena anggapan bahwa perempuan itu cantik kalau rambutnya panjang. Perempuan juga jadi terlihat lebih elegan, perempuan terlihat lebih santun jika rambutnya panjang. Padahal dengan rambut pendek perempuan masih bisa terlihat, feminis, elegan, dan masalah kesantunan itu masalah sikap dan datangnya dari dalam diri jadi menurut Makvee sih tetap tidak ada hubungannya dengan model rambut tertentu. Bagi Makvee yang memiliki pengalaman lumayan lama merawat rambut panjang karena salah satu kelebihannya lebih mudah dalam penataannya. Selebihnya sih normal-normal saja seperti keramas dan sebagainya. Namun kini semakin berubah jaman semakin bertambah tahun makin   banyak jumlah perempuan yang nyaman dengan potongan rambut pendek. Memiliki kelebihan ketika perem

Apa Kabar THR 2019?

Lebaran sebentar lagi, apa yang ditunggu-tunggu sih teman-teman. Pastinya THR dunk ya, THR adalah akronim dari Tunjangan Hari Raya. Setiap perusahaan memiliki aturannya masing-masing. Namun bagi kalian teman-teman PNS wahh THRnya seru nih karena sesuai dengan PP No. 35 tahun 2019 tentang perubahan Ketiga atas PP No. 19 tahun 2016 tentang Pemberian Gaji Pensiun atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan. Penetapan: 6 Mei 2019. Pengundangan: 6 Mei 2019. Kemudiaan ada lagi PP No. 36 tahun 2019 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun, atau Tunjangan. Penetapan 6 Mei 2019. Pengundangan: 6 Mei 2019. Sebagai Peraturan pelaksanaanya telah di terbitkan PMK. Apa itu PMK? PMK adalah Perat