Menginap di Hotel Dekat Malioboro: Grand Kangen Jogja

Grand Kangen Hotel FKA Horison Urip Sumoharjo terletak cukup dekat dengan Malioboro. Jika menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil hanya 10 menit saja, jika dekat dengan Kawasan Malioboro berarti juga dekat dengan Stasiun Tugu, Keraton Yogyakarta, Tamansari, Gudeg Wijilan, dan Patuk pusat oleh-oleh Bakpia. 

Di depan Grand Kangen Hotel ada Bioskop XXI hanya 3 menit ke Lippo Plaza Mall, 10 Menit ke Hartono Mall, dan 5 Menit ke Ambarukmo Plaza. Lokasinya yang di tengah kota memang cukup menguntungkan. Bagi para vacationers yang berkunjung ke Jogja dan ingin hotel yang berada di tengah kota Makvee rasa Grand Kangen Hotel bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Apalagi hotel ini juga sering mengadakan promo ampun-ampunan di market place.

Pertengahan Maret 2021 Makvee menginap di kamar yang cukup comfy, Makvee menginap di Superior Room. Sebelum Makvee bahas mengenai kamar yang Makvee tinggali Makvee akan bercerita sekilas profil Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo

Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo adalah nama baru, nama sebelumnya adalah Horison Hotel Yogyakarta. 

Horison Hotel Urip Sumoharjo resmi berganti nama jadi Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo. Hal tersebut disahkan tepat pada ulang tahun ke-5 hotel Selasa, 22 Desember 2020

Acara peresmian tersebut digelar di Wedi Ombo Ballroom, Hotel Grand Kangen Urip Sumoharjo Yogyakarta. Acara tersebut bertema "We are Reborn to Rebound" yang memiliki arti lahir kembali untuk melambung tinggi.

Setiap ruangan kamar yang tersedia di Grand Kangen Hotel memiliki desain cantik untuk menunjang kenyamanan tamu yang menginap. Grand Kangen Hotel menyediakan tiga tipe kamar dari Superior, Deluxe, hingga Suite. Grand Kangen Hotel memiliki 108 kamar. Beragamnya jenis kamar ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan tamu, sehingga fleksibel untuk vacationers yang datang ke Yogyakarta untuk urusan pekerjaan/bisnis, atau sekadar berwisata bersama keluarga.

Lobby


Lobby di desain cantik dan elegan, tidak terlalu luas namun bersih

Dining Room


Siung Resto berada satu ruangan dengan lobi hotel Grand Kangen Urip Sumoharjo, Siung Resto adalah sebuah restoran dining yang menyediakan menu masakan dari fresh made hingga a‘ la carte Menu masakan yang disajikan di restoran ini adalah hasil eksplorasi dalam bidang kuliner berdasarkan resep asli Indonesia yang disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Buka mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 11 malam setiap harinya.

Aren Coffee Shop


Bagi tamu yang ingin menikmati berbagai jenis minuman kopi pilihan dan merk beer, semuanya tersedia di Aren Coffee. Selain itu tamu juga bisa menikmati kudapan dan hidangan lezat yang tersedia.  Aren Coffee berada satu area dengan Siung Resto dan menyediakan smooking area bagi para ahli hisap.

Fasilitas lain yang bisa tamu nikmati adalah Dalia Spa namun tutup selama masa pandemic,
SwimmingPool tetap difungsikan namun khusus hanya untuk tamu yang menginap, letaknya ada di belakang Siung Resto. Swimming Pool Grand Kangen Hotel memiliki kedalaman 1,5 meter dan tanpa pengawas.

Tentang Kamar

1. Superior Room

Memiliki luas 21 meter persegi yang dilengkapi dengan tempat tidur dengan pilihan king bed size atau twin bed. 

Memiliki desain kamar modern. Kapasitas 2 Tamu/kamar

2. Deluxe Room
Memiliki luas 28 meter persegi yang dilengkapi dengan tempat tidur dengan pilihan king bed size atau twin beds. Kamar ini memiliki desain modern, menawarkan suasana yang sangat nyaman.

3. The Executive Suite Room
Memiliki Luas kamar 42 meter persegi yang dilengkapi dengan tempat tidur mewah, serta dengan desain modern yang dilengkapi ruang tamu pribadi, menawarkan kesan berkelas dan elegan.

My Experience
Pertama kali check in meja reseptionis sedang ramai, Makvee memutuskan untuk menunggu dengan sabra di kursi lobby sambal mengobrol dengan sepupu Makvee. Tepat pukul 14.00 WIB Makvee sampai di parkiran basement lalu naik lift ke Lobby, jadi di Lobby sudah pukul 14.00 lebih. Makvee maklum mungkin karena weekend walaupun pandemi tidak menghalangi orang-orang untuk berlibur ke Yogyakarta. Makvee mengamati sekitar orang-orang lain yang mengantri, ada yang sudah tak sabar lagi, ada yang sibuk bermain handphone, dan ada yang sibuk bolak balik dari lobby ke luar lobby ke luar repeat. Makvee menunggu lebih kurang 30 menit sehingga pukul 14.38 WIB akhirnya Makvee mendapatkan kunci kamar dan segera masuk ke lift menuju lantai 7 tempat Superior Room yang akan Makvee tinggali 1 hari 1 malam.

Beruntung karena Makvee mendapatkan kamar di lantai 7, bonus city view dan Merapi serta senja yang merekah. 


City View yang Makvee dapat menghadap ke utara dan ke barat jadi viewnya sekaligus senja dan Merapi, hmmmm coba ada balkonnya pasti mantap nian



Kunci yang digunakan adalah keycard style, membukanya dengan cara menempelkannya ke lubang pintu. Makvee akan ulas satu persatu fasilitas yang ada di dalam kamar.

Ada King Bed Size, cukup nyaman ketika Makvee tidur di atas kasurnya, bed, sprei, bantal, semua bersih, di kanan dan kiri bed ada lamp dan colokan untuk charger, dan ada pesawat telpon. 

Di samping bed ada 1 kursi santai dan ada tempat udah menaruh barang beserta hanger untuk menggantung pakaian. Lalu ke meja TV, TV layer datar 14 inc dengan saluran local maupun internasional, di bawah televisi ada berbagai rak berguna untuk menaruh barang dan di bawahnya lagi ada lemari kulkas mini.








Di samping televisi ada meja kerja kecil, beserta lampu kerja yang cukup terang beserta colokan. 
Di meja tersebut juga disediakan aturan selama menginap dan buku menu.










Tak lupa tissue di meja, 2 botol air mineral, coffee, tea, dan sugar, 1 pemanas air, dan 2 mug serta adukan tersedia dan dibungkus higienis dengan plastic. 


Cukup luas kamar di Superior Room ini dan masih ada sisa ruang untuk Makvee dan sepupu Makvee untuk sekadar bertiktok ria. 

Berikutnya Makvee ke kamar mandinya yang artsy karena di kamar mandinya ini ada mural-mural cantik di tembok dengan konsep air. 

Amenitiesnya cukup untuk berdua, 2 sikat gigi dan pasta gigi, Sabun dan Shampoo tersedia menempel di tembok dekat shower.


Semua handuk juga disanityze dan dibungkus dengan plastic. Ada 3 handuk, 2 handuk badan dan 1 hand towel. 




Tissue dan sabun cair juga tersedia cukup banyak, toilet, keran air, air dingin dan air panas baik di shower maupun di wastafel semuanya nyaman di gunakan Makvee pun betah berlama-lama menikmati kucuran air yang menyegarkan.

Sarapan di Siung Resto

Grand Kangen Jogja sudah memiliki sertifikat CHSE, maka protokol kesehatan di dining room pun sangat diperhatikan, mulai dari sarung tangan, dan masker semuanya higienis digunakan untuk masing-masing petugas di Siung Resto.

Fasilitas lain yang Makvee nikmati adalah sarapan di Siung Resto menunya cukup lengkaplah untuk sarapan walaupun menu sarapan favorit Makvee tak tersedia its okay no problem.

Makvee pun mengikuti protocol kesehatan yang ada, semua makanan diambilkan oleh petugas hotel

Tema makanan pun Indonesian food, namun hanya ada buffet utama, Makvee pesan omelette sekalian 3 porsi agar tidak bolak balik. 

tidak ada gubuk seperti omelette corner atau bubur ayam. 

Jadi kemarin omelettenya Makvee langsung pesan dan diantarkan ke meja. 

Tersedia bread dengan berbagai olesan selai, ada juice, milk, infus water, tea and kopi yang diantarkan ke meja.



Setelah sarapan Makvee langsung menuju ke kolam renang yang berada di belakang Siung Resto, cuaca sedang cerah Makvee mau berjemur sekalian berenang manja. 

Kedalaman kolam 1,5 meter, tidak ada petugas yang berjaga, maka harus hati-hati, apalagi jika membawa anak kecil perlu pengawasan exstra.

Kolam renangnya pun di temboknya ada mural berwarna kuning yang cukup cantik menghias kolam


Menurut pengalaman Makvee menginap di Grand Kangen Jogja cukup nyaman dengan nilai
Kenyamanan 8 dari skala 1-10
Kebersihan 8,5 dari skala 1-10
Pelayanan 7 dari skala 1-10
Protokol Kesehatan 9 dari skala 1-10
Lokasi 8 dari skala 1-10
Harga 8 dari skala 1-10

Liburan tak perlu jauh-jauh staycation jadi pilihan hemat dan menyenangkan, apalagi kini semakin banyak promo-promo hemat cuan yang bisa dimanfaatkan. Btw, Staycation di Grand Kangen Jogja ini adalah kado Valentine yang baru kepake di bulan Maret. Terima kasih Grand Kangen Hotel for the warm hospitality.

Demikian cerita seru Makvee menginap di hotel dekat Malioboro Grand Kangen Jogja. Stay happy, Stay Positive, and Staycation, Stay Safe Everyone. Cheers

Grand Kangen Hotel

Place Jl. Urip Sumoharjo No.137, Klitren, 

Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Call 0274 446 9999

E-mail rsv@grandkangen.com


0 komentar