Review Jujur Staycation di The Alana Malioboro Hotel

Review Jujur Staycation di The Alana Malioboro Hotel

Hai kalian semua! Makvee udah berapa lama ya hiatus dari blog Makveestory ini selama pandemi. Pandemi emang merubah segalanya, termasuk energi Makvee. Makvee jujur aja sih udah muak banget sama berita apapun soal COVID-19. Lelah dan Kesal rasanya tapi tetap menerapkan protocol anti Covid. Nggak tahu nih apakah kalian tema-teman Makvee kangen sama CeritaMakvee, tapi Makvee pikir dan putuskan dan anggap saja kalian kangen banget ya sama cerita staycationnya Makvee

Lhoh Makvee Staycation pas Pandemi?

Iya Staycation pas pandemi, Iya, beneran tapi tenang, semua aman, damai, dan bahagia.

Jadi kalau biasanya Makvee perginya antar kota dan antar provinsi atau bepergian lumayan jauh, selama masa pandemi kali ini Makvee Staycation di hotel yang cukup dekat dari rumah Makvee yang ada di Jogja Selatan. Makvee akan ceritakan sejujur-jujurnya soal hotel yang sebenarnya lumayan dekat dengan pusat kota Jogja. Nah, Hotel ini bernama jeng jeng jeng The Alana Hotel & Conference Center - Malioboro.

Sekilas Tentang The Alana Hotel & Conference Center - Malioboro.

Jadi The Alana Hotel & Conference Center – Malioboro ini nama yang dipakai sebagai nama sekarang. Nama ini memang dipakai semenjak memasuki 2020, dan nama awalnya adalah NEO+ Awana Hotel Yogyakarta

The Alana Hotel & Conference Center – Malioboro terletak di
Jl. Mayjend Sutoyo No.52, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

To be honest banget, I have been here for the first times, karena memang hotelnya sudah cukup baru. Setelah eksis semenjak 2015, NEO+ Awana Hotel Yogyakarta yang berada di bawah manajemen Archipelago International berganti nama. Hotel ini kemudian bertransformasi menjadi The Alana Hotel & Conference Center Malioboro. The Alana adalah bagian dari Rasuna Residence Development.

First Impression
Berhubung saya ini traveller on budget aka traveller hemat, saya datang mengendarai motor saya dunk ya. Pas masuk ke halaman The Alana wah luas juga nih parkirannya tidak perlu takut kehabisan lahan parkir. Pertama kali datang langsung menaati protocol kesehatan yang ada, di depan Lobby sudah disediakan wastafel untuk mencuci tangan anti ribet. Jadi dorong airnya pakai paha, karena kerannya dipasang di depan, jadi keran air aman dari sentuhan tangan orang lain. Tapi, sayangnya Makvee lupa dokumentasikan karena saat itu Makvee Check in udah cukup sore, sekitar pukul 16.00an menuju pukul 17.00an WIB. Seperti biasa lalu Makvee check suhu dan suhu badan Makvee aman dunk ya. Sampai di resepsionis, Makvee disambut dengan ramah, resepsionis menggunakan masker dan face shield sekaligus. Urusan check in selesai, Makvee mendapatkan nomor kamar 617 yang artinya kamar Makvee di lantai 6 room 17.

Bergegas memasuki lift karena pengen segera mandi. Wushhh Makvee pun sampai di lantai 16 dan wowww kamarnya cukup luas dengan queen bed size udah berasa incessss yhe kannnn. 

Kali ini Makvee mendapatkan Premier Room. Premier Room telah lengkap mencakup fasilitas yang nyaman, seperti tempat tidur dan bantal nyaman dengan seprai dan selimut katun 100%, AC kamar individu, dan pancuran kucuran hujan yang menenangkan. Kamar instagramable & nyaman seluas 24 meter. Btw, Kamar dengan jenis Premier Room tersedia 224 kamar, pilihan tempat tidur queen atau twin, pilihan pemandangan kolam renang & kota, dan bisa memilih lantai area perokok atau lantai area bebas rokok.

Pas masuk ada lemari baju yang cukup besar, Makvee langsung letakkan tas disitu lalu menyalakan televisi. Yuk kita room tour! Check it out

 

TV LED dengan saluran internasional dan lokal, 

 






fasilitas pembuat kopi & teh disediakan, Tidak ada biaya untuk layanan minibar, akses internet WiFi super cepat tersedia di seluruh hotel untuk hmmm bisa Makvee nikmati. Maklum Traveller on budget dan fakir kuota.  Terbaik adalah hotel tidak menyediakan air minum kemasan tapi menyediakan jar yang bisa bisa diisi ulang di di galon yang disediakan di lorong depan kamar. Go green act!



Memiliki restoran yang khas, spa modern yang menenangkan walaupun Makvee juga belum menjajalnya, koleksi kamar dan suite mewah, dan layanan tamu yang sempurna, The Alana Hotel & Conference Center Malioboro dengan bangga memang menawarkan pengalaman Jawa yang halus dan unik, mencerminkan budaya kota yang kaya dan legendaris, dan keramahan yang ramah. Ini nih yang membuat Makvee juga jatuh cinta sama desain restaurantnya.

Entah kenapa Makvee juga sangat suka dekorasi di restaurantnya The Alana, selain karena makanan dari hotel By Aston yang selalu variatif dan enak-enak banget, dan mas dan mba front office, waiter, semuanya good looking, dan super duper ramah-ramah. Feeling good aja ketika di era new normal, interaksi masih tetap ada walaupun tetap jaga jarak, homeyy banget pokoknya.


Sejujurnya, Makvee tidak ehmm lebih tepatnya belum explore semua sudut The Alana Malioboro Hotel ini tapi uhuuuk siapa tahu berikutnya bakal ada undangan staycation (lagi) yhekannn. Sekilas pandang Makvee lihat kemarin resepsionis cukup bersih, walaupun mungkin dengan alasan hemat daya di era new normal ini pencahayaan memang dikurangi. Biasanya Makvee memang suka berfoto di lobby hotel, tapi kali itu Makvee hanya berswafoto bersama teman Makvee dan mbak resepsionis yang baik hati.

Nah, Makvee sih melihat bahwa warna-warna yang digunakan di The Alana By Aston ini didominasi oleh warna merah maroon, (check furniture di kamar dan kemasan toilettrisnya yang merah maroon) btw anyway busway itu salah satu warna kesukaan Makvee. Membahas sedikit mengenai warna merah maroon, Warna maroon dikenal dengan brownish-crimson atau dark brownish-red, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai warna merah hati. Merah maroon merupakan warna yang pertama kali didokumentasikan pada tahun 1789. Awalnya berasal dari bahasa Prancis untuk sebutan jenis kacang-kacangan Marron, yang juga terdapat di Italia dengan nama Marrone.


Warna Maroon ini memiliki gradasi warna dan terdapat 4 jenis warna maroon paling populer diantaranya; Maroon, Bright Maroon, Rich Maroon, Dark Red

Makna secara psikologis warna maroon
Warna maroon sering digunakan oleh sekolah, restoran, kendaraan, pakaian hingga interior rumah. Saat digunakan sebagai warna utama bagian interior restoran ternyata warna ini dapat meningkatkan selera makan. Hati-hati kalau pakai baju merah maroon bisa-bisa gagal diet karena selera makan bertambah. Makvee sih percaya apabila sebuah hotel telah didesign dengan baik maka sampai bertahun-tahun berdiri Makvee yakin keindahan dan kekuatan dari arsitekturnya akan terus nyata sepanjang masa

Ada tembok tropical yang instagramable banget buat foto-foto. Memiliki satu pool disamping restaurant. Tapi berhubung Makvee mager, Makvee gajadi berenang, mau berenang pagi malu karena ntar dilihat sama tamu lain yang sedang breakfast.

Tata cara breakfast juga berbeda, biasanya tamu bebas ambil apapun sendiri, sekarang semuanya serba diambilkan, apapun itu. Mulai dari juice, salad, buffet nasi, lauk, sosis, desserr, juga telur dadar harus order dulu baru dibuatkan, kopi dan teh akan ditawarkan ke meja masing-masing kemudian diantarkan. Bener-bener seketat itu protokolnya, para waiter dan waitress pun menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan. So far, so good. 


Makvee selalu makan bubur ayam. Karena bubur ayam adalah one of my favourite food, kenikmatan hakiki saat sarapan


Waktu makan diberi batasan masing-masing tamu memiliki waktu 1 jam untuk makan, selain itu jaga jarak juga tetap diperhatikan. Sudut-sudut restaurant yang sejuk dan hijau memang membuat Makvee betah berlama-lama. Apalagi banyak spot lucu di sekitarnya. Review lengkap spot lucu di The Alana Malioboro hotel ini akan Makvee tulis di review berikutnya. Stay healthy, Stay Happy, Staycation ya Netizen.

11 komentar:

  1. Jadi warna maroon ningkatin selera makan ya? Wuah hati2 kalo makan, hindari warna itu. Btw baca postingan ini jadi pengen sesekali nginep di Alana. Kelihatan nyaman sekali kamarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati2 mbak warna maroon berpotensi bikin gendut, kwkwkwkkw bikin semangat makan yhekannn

      Hapus
  2. Keliatannya menarik sekali hotel ini. Nah kalau hotel Neo memang sempet denger mbak, ternyata berubah nama ya sekarang.
    Kamarnya juga nyaman, minimalis pula
    Konsep yang diterapkan oke juga yaitu menyediakan Refill air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener awalnya namanya Neo Awana habis itu berubah semenjak 2020, habis berubah nama malah pandemi deuhhh syedihhh

      Hapus
  3. Ohh the Alana ini hotel by Aston juga ya mba? Aku lumayan sering stay di hotel2 under Aston dan selama ini selalu puas banget Ama service dan semuanya. Jd aku yakin the Alana ini sama bagusnya ;)

    Aku sendiri udh mulai staycation juga walopun hanya di kawasan Jakarta Deket rumah. Blm berani yg terlalu jauh. Yg ptg pokoknya sebelum staycation dicari tahu dulu ttg standard protocol kesehatan yg dilakukan oleh hotel, sebelum memutuskan stay di sana :). So far hotel2 yg aku inapi pas pandemi semuanya ketat menjalankan protocol.

    Semoga pandemi berlalu di THN depan ya mba. Akupun udh capeeek bgt dengan kondisi ini. Trutama semua plan travelingku batal di THN ini :D. Mau gimana lagi :p

    BalasHapus
  4. Percaya atau tidak, klo nginep fi hotel, yang paling menarik mibatku fari sekian banyak pernak-pernik yang disediakan, ya pembuat teh dan kopi di kamar. Hahaha..

    BalasHapus
  5. wah keren banget ada galon di hallway. bagus banget nih inisiatifnya hehehe

    BalasHapus
  6. Aku masih ngeri2 syedap staycation saat pandemi, tapi baca ulasannya jadi pengen memberanikan diri selama protokolnya dijaga ya Vee. Oiya itu makannya ga dianter ke kamar ya?

    BalasHapus
  7. ih bikin envy aja lihat tulisannya udha bisa staycation lagi ya ternyata, mau lah ikutan, itu sarapannya bikin aku mupeng, belum sarapan dari bangun tidur niy

    BalasHapus
  8. Hotelicius juga pernah nginep di hotel ini lho, waktu itu belum rebranding jadi Alana Malioboro, masih Neo+ Awana Jogja, dulu juga dapet welcome drink... Aku pesen kamar yang mirip sama makvee, tapi double bed, nggak cukup besar ukuran kamarnya... Someday pengen ngipe lagi di sini, pengen ngerasain bedanya apa...

    BalasHapus