Yogyakarta Independent School: Chinese New Year Celebration

Halooo halooo pembaca Makveestory, Makvee ini asli Jogja tapi parah banget baru tahu ada sekolah internasional di Yogyakarta. Sungguh terkadang saya ini kudet alias kurang update. Nah, kemarin Makvee baru saja mengikuti event tahunannya. Saya akan bahas kupas tuntas mengenai sekolah internasional ini dan kok saya kemudian akan membuat teman-teman, bapak dan ibu-ibu yang baca tulisan saya jadi penasaran sama sekolah ini. 

Yuk! Check it out!

Yogyakarta Independent School

Kemarin saya mengikuti event tahunan sekolah ini. Sekolah yang saya kunjungi ini bernama Yogyakarta Independent School atau orang-orang banyak yang lebih mengenalnya dengan Yogyakarta International School  atau mudahnya disebut YIS.

YIS sendiri telah lama ada di Yogyakarta tepatnya berdiri sejak tahun 1989. Lokasi lama berada di area Jalan Magelang kemudian sekarang pindah ke tanah yang lebih luas dan berada di kehijauan di utara Monjali, tepatnya di Jalan Tegal Mlati No 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Yogyakarta Independent School

Seberapa besar sih luasnya YIS ini? Beuh kalau kata saya ini beneran luas-luas banget, iya! Karena YIS yang mulai ditempati sejak 6 bulan yang lalu ini memiliki luas tanah 6,5 hektar. Memiliki lapangan sepakbola berstandar internasional. 

Yogyakarta Independent School

Sekolah ini memiliki fasilitas berupa bangunan sekolah yang di dalamnya berisi beragam kelas sesuai grade, ada lapangan basket indoor juga, office, toilet, perpustakaan, lab, kantin joglo, serta playground.

Sekilas tentang Yogyakarta Independent School
Sebelum masuk ke pembahasan seputar acara Chinese New Year di YIS, bolehlah ya tipis-tipis kita bahas mengenai YIS dan sekolah internasional.

Setiap orang tua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anaknya kelak. Demikian juga saya. Banyak pertanyaan bersliweran dalam benak saya, kalau sekolah disini setiap hari si bocah aktif cuap-cuap bahasa Inggris kira-kira bakalan lupa atau tidak dengan bahasa Indonesia? Apa beda sekolah negeri, sekolah swasta, dan sekolah dengan standar internasional? Lalu, siapakah yang bisa sekolah di sekolah internasional seperti di YIS ini?


Yogyakarta Independent School

Jadi yang membedakan sekolah internasional dengan sekolah nasional a.k.a sekolah negeri, dan sekolah swasta pada umumnya tentunya adalah kurikulumnya. Kurikulum sekolah Internasional memang harus wajib berstandar internasional agar ijazahnya juga diakui secara internasional.  Faktor kurikulum ini sangat besar relativitasnya dengan anak-anak yang bersekolah di sekolah internasional. Karena mau tidak mau segmen sekolah internasional memang rata-rata isinya adalah anak-anak umumnya berasal dari beragam negara dan sedang mengikuti orangtuanya bekerja di negara lain. Ini menguntungkan karena ketika si anak sudah sejak awal mendapat pendidikan dengan kurikulum internasional maka dia akan siap untuk pindah ke sekolah lain dengan kurikulum yang sama.

Kurikulum Yogyakarta Independent School
Kurikulum internasional memiliki banyak jenis. Namun yang banyak dipakai oleh sekolah-sekolah internasional adalah Cambridge Assessment International Education (CAIE) dan International Baccalaureate (IB). Yogyakarta Independent School sendiri menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB).
Yogyakarta Independent School

Kurikulum International Baccalaureate ini ditujukan untuk anak dengan usia 3-18 tahun dari pre-school sampai high school. International Baccalaureate(IB) adalah yayasan pendidikan internasional yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss, dan memiliki empat program pendidikan formal.

Kurikulum IB ada empat (4) jenis yaitu IB PYP, IB MYP, IB DP, dan IB CP. Yogyakarta Independent School sendiri saat ini baru menerapkan 3 jenis yaitu:
  1. IB Primary Years Programme (PYP) untuk usia 3-12 tahun
  2. IB Middle Years Programme (MYP) untuk usia 11-14 tahun
  3. IB Diploma Programme (DP) untuk usia 15-18 tahun
Yogyakarta Independent School

Saya sempat ternganga dengan sistem pendidikan YIS ini. Lebih mantap lagi karena penerapan program IB tersebar di seluruh dunia. Sekitar 60% pelaksananya berada di dataran Amerika, 17% di Asia Pasifik, dan sisanya di Afrika, Eropa, serta Timur Tengah. Per-tahun 2017, program IB telah digunakan di lebih dari 4.500 sekolah di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, tercatat sebanyak 52 sekolah yang tersebar di 11 provinsi menggunakan satu atau lebih program IB. Penting untuk kita ketaui bahwa hanya sekolah yang memiliki sertifikasi IB dan terdaftar resmi di yayasan IB yang diperbolehkan melaksanakan program belajar dengan menggunakan kerangka pendidikan IB. Juga, sertifikat program IB Diploma Programme (DP) diakui oleh 2.192 universitas di seluruh dunia untuk penerimaan mahasiswa baru.

Yogyakarta Independent School

Mungkin bahasa sederhananya dari yang bisa saya tangkap ketika bercakap dengan Karin Albers (Vice Principal YIS) adalah IB memiliki kelebihan bahwa belajar itu tidak hanya sekadar menghitung dan menghafalkan. Berbeda dengan sekolah negeri yang mewajibkan muridnya belajar matematika, IPA, dan IPS setiap hari. Kurikulum IB ini tidak hanya mempelajari seputar science, math,  dan language tapi juga bagaimana penerapan dan eksplorasinya dalam kehidupan.



Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena menumbuh kembangkan kepekaan yang akan digunakan para siswa-siswi ketika nantinya berada di kehidupan lain selain sekolah, pendidikan personal, hidup bermasyarakat, paham mengenai kesehatan dan juga kreatifitasnya lebih terasah. Dari awalpun mereka telah memiliki kebebasan untuk fokus pada bidang yang menjadi minat mereka, sehingga bakat dan passion pun telah terdeteksi dan membuat mereka menjadi menyeriusi apa yang menjadi cita-cita mereka.
Yogyakarta Independent School

Oh ya penting nih, jadi semua anak di YIS ini diajarkan atau diberi pengetahuan tentang semua agama di dunia. Berhubung murid-murid di YIS pun berasal dari berbagai belahan dunia maka toleransi memang menjadi bagian penting yang dipelajari dan tentunya bagaimana relasi antar manusia itu terjalin tanpa memperhitungkan suku, agama, dan ras.

Perayaan Chinese New Year 2571


Yogyakarta Independent School

Saya mengikuti acara perayaan Chinese New Year 2571 di Yogyakarta Independent School, bersama semua guru, siswa, dan orang tua. 

Yes! Pas sekali saya turut memeriahkan dresscode hari itu yang bernuansa merah. Anak-anak perempuan yang masih kindergarten pun mendadani rambutnya seperti mini mouse dengan membuat hair bunch  kanan kiri yang menggemaskan.


Yogyakarta Independent School

Anak-anak kinderganten sangatlah ramah dan menyenangkan, percaya diri, dan jangan tanya mereka ini cukup fluent berbahasa Inggris. Hal unik yang saya suka dari YIS ini adalah mereka diajari norma dan kesopanan yang cukup Indonesia sekali menggunakan panggilan Bapak dan Ibu kepada Guru, Karyawan Office, ataupun orang lain. Sungguh lokalitas yang dibawa YIS ini sangat sederhana namun bagi saya dalam maknanya.

Yogyakarta Independent School



Barongsai mulai beraksi lebih kurang pukul 09.00 WIB. Naga panjang mulai beraksi dan membuat teriakan anak-anak membuat riuh suasana. Beberapa orang tua dan guru mengabadikan momen kebahagiaan anak-anak mereka saat melihat aksi Barongsai. Ada kejadian unik di tengah-tengah pertunjukkan barongsai. Karena suara musik dari drum barongsai terdengar hingga pagar luar sekolah, ini menarik perhatian anak-anak di sekolah depan. 

Yogyakarta Independent School

Kepala Sekolah Ibu Kimberly Kingry pun mempersilakan mereka masuk dan duduk bersama-sama menonton pertunjukan barongsai. Sungguh kehidupan yang harmonis walaupun anak-anak dari kedua sekolah tersebut tidak saling kenal. 
Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School


Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School


Yogyakarta Independent School


Setelahnya anak-anak pun diperbolehkan untuk berfoto bersama dengan Barongsai.

Yogyakarta Independent School



Acara selanjutnya adalah snacktime. Yang membuat saya heran sampai bertanya-tanya sendiri “ini dimana kantin buat jajannya”, maklum saya nih jajanan banget dah anaknya eh dan ternyata tidak ada. Hari itu ada snack yang disediakan sekolah dan budaya yang dibangun oleh YIS dan ini wajib adalah anak-anak membawa bekal makan siang dari rumah.


Yogyakarta Independent School
Di cuaca yang sepanas itu saya merasakan bangunan office dan kelas terasa tetap dingin.

Yogyakarta Independent School

Saya pikir ini karena kualitas bangunan dan pembangunan gedung yang sangat memerhatikan sirkulasi. Benar-benar menerapkan apa yang disebut dengan rapi, resik, dan ringkas.


Yogyakarta Independent School

Saya sih selalu percaya kalau desain sebuah ruang sangat berpengaruh terhadap segala macam segi kreativitas dan ide.
Yogyakarta Independent School

Kalau tiap hari belajar sambil melihat pemandangan indahnya Gunung Merapi rasanya belajar juga tenang dan jadi menyenangkan.

Bagaimana Cara Mendaftar Ke YIS?
Apabila sebagai orang tua, kalian berminat menyekolahkan anak di sekolah internasional di Yogyakarta. Pendaftaran YIS dibuka setiap hari Senin-Jum’at pada jam kerja. YIS sangat terbuka menerima siapa saja untuk berkonsultasi atau sekadar tanya-tanya. Tahun ajaran baru dimulai di bulan Agustus. Informasi selanjutnya silakan dapat melalui kontak dibawah ini:

Jalan Tegal Mlati No. 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta, 55284, Indonesia
Phone: +6282241044242 // (0274) 5305147 dan 5305148

0 komentar:

Posting Komentar