Review YATS Colony Jogja

Hallo, teman-teman Makveestory yang tersayang, wihiyyyy masih di masa pandemi yang belum juga selesai. Makvee sebelumnya mau berterima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para petugas medis, relawan COVID-19 di Indonesia yang menjadi garda depan petugas yang merawat para penyintas COVID-19. Makvee berharap petugas medis dan relawan tetap kuat. Tapi tolong orang-orang hentikan berkerumun yang tak perlu. Sedih Makvee tuh kalau bahas ini. Tapi oke kita skip sedih-sedihnya, mari kita sejenak bergembira dengan tetap waspada agar imun tubuh terjaga. Di masa pandemi ini Makvee masih dapat jatah staycation, gak jauh-jauh banget tapi cukup refresh hati dan pikiran lepas bebas dari rutinitas dan kerjaan yang menggunung. Makvee bersyukur sekali bisa staycation di hotel yang menerapkan protocol sangat ketat. 

Hmm kira-kira Makvee staycation dimana hayoooo, lokasinya bukan di tengah kota, di area yang cukup rindang dan daerahnya cukup unik jika disebutkan yaitu Patangpuluhan. Patangpuluhan adalah sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Wirobrajan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Patangpuluhan secara geografis terletak sekitar 3 km di sebelah barat daya pusat kota Yogyakarta. Patangpuluhan merupakan salah satu kelurahan yang cukup aktif  terlihat dari aktivitas yang diunggah ke situs https://patangpuluhankel.jogjakota.go.id/.

Hotel yang berada di Patangpuluhan ini masuk ke dalam list penginapan unik di Jogja. Banyak artis dan influencer terkenal yang pernah mengunjungi hotel ini. Ini dia Yats Colony Yogyakarta

Tentang Yats Colony

Terletak di Jl. Patangpuluhan No.23, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251.

Yats sebenarnya kata walikan atau dalam Bahasa Indonesia kebalikan. YATS Colony merupakan kebalikan dari STAY kalimat dalam Bahasa Inggris yang artinya tinggal. YATS Colony masuk dalam kategori Boutique hotel. Apa sih Boutique Hotel itu, hmmm sebenarnya Makvee baca dari jurnal soal perhotelan belum ada kriteria khusus tentang boutique hotel. 

Apa Itu Boutique Hotel a.k.a Hotel Butik?

Istilah hotel butik umumnya digunakan untuk menggambarkan hotel yang memiliki desain unik dan hotelnya tidak terlalu besar areanya. Cambridge Dictionary menerjemahkan pengertian boutique hotel sebagai "a small, stylish and fashionable hotel that is not part of a chain (= group of hotels belonging to one company)" atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai hotel butik adalah hotel kecil yang bergaya modis dan bukan merupakan bagian dari jaringan hotel atau grup hotel dari sebuah perusahaan. Jadi biasanya boutique hotel berdiri sendiri. 
Ciri utamanya dari boutique hotel tentu saja rancangan desain dalam hotel yang unik. Instagramable ceunah. 
Hal ini yang terkadang jadi pilihan para traveller on budget seperti Makvee memilih boutique hotel sebagai tempat untuk beristirahat, 
namun sekaligus mendapatkan pengalaman menginap yang seru dan lain daripada biasanya, apalagi kalau bukan foto yang lebih chic. Boutique hotel juga sangat santai untuk para traveller. 
Makvee ingat cerita pengalaman salah satu teman Makvee yang satu keluarga menginap di hotel besar dengan fasilitas bagus tapi ketika breakfast, aturan di hotel itu membuat satu keluarga teman Makvee ini ga nyaman karena diharuskan menggunakan pakaian formal, bersepatu dan dress up hanya untuk breakfast. Hayo tebak hotel apa yang punya aturan kayak gitu? Psssttt bisikin ke Makvee ya kalua kalian tahu. Nah, kelebihan dari boutique hotel ini ya tentu saja tidaklah kolot dan konvensional. Menginap di sebuah hotel yang kita inginkan adalah ketenteraman kalau tidak tenteram ya menurut Makvee hospitality itu sendiri telah gagal untuk sebuah hotel, tidak peduli berapa bintang yang dimiliki oleh hotel tersebut.

Back to YATS Colony

Tipe kamar di Yats Colony ini menggunakan nama yang cukup nJawani yang masing-masing bernama HA, NA, CA, RA, KA. Hancaraka adalah sebutan untuk aksara serumpun di Jawa.

Mari kita bahas satu persatu mengenai tipe ruangannya ya gaes lets go

HA Dhuwur


Kamar HA Dhuwur

Dhuwur dalam Bahasa Indonesia berarti tinggi. Yups benar kamar ini terdiri dari 2 lantai. Kamar best seller yang menjadi incaran para penggemar dan pemuja kenyamanan dan keindahan sekaligus. Memiliki jendela dua lantai yang menjulang tinggi dari lantai ke langit-langit. Kamar HA menampilkan pemandangan langsung ke kolam dan akan membuat siapapun yang berada di dalamnya serasa tidur di antara awan. Ukuran sekitar 36 meter persegi (atau 390 kaki persegi), setiap suite memiliki area tempat duduk terpisah, sudut kerja, dan teras luar ruangan yang dihiasi dengan kursi goyang Emeco's Heritage yang dirancang oleh Philippe Starck agar Anda dapat duduk dan bersantai.

Kamar ini juga memiliki akses langsung ke kolam renang, tempat tidur king, kasur atas yang mewah, selimut dan bantal hipoalergenik (karena kami peduli dengan kenyamanan Anda), lemari es mini, brankas dalam kamar, TV LED layar datar dengan kemampuan untuk melakukan streaming konten pribadi, untuk beberapa nama. Hmm cocok untuk pebisnis yang sibuk namun tetap menikmati kenyamanan saat beristirahat.

Kamar NA

Kamar NA Yats Colony

Suite inilah yang menjadi alasan mengapa YATS Colony dapat juga disebut dengan resort butik perkotaan. Memiliki ruang tamu seluas 36 meter persegi (atau 390 kaki persegi). Kamar NA menawarkan dua akses ke lorong yang menuju ke bistro atau lounge komunal, dan ke kolam renang. Kamar NA juga memiliki kursi Alfi Emeco yang dirancang oleh Jasper Morrison dan sudut jendela yang nyaman dengan pemandangan langsung ke kolam renang

Menginap di Kamar NA kamu dapat merasakan empat tidur king bed size, kasur mewah, selimut dan bantal hipoalergenik (YATS Colony memang memberikan pelayanan yang terbaik dan peduli pada Kesehatan tamunya apalagi di masa pandemic ini), kulkas mini, brankas dalam kamar, LED layar datar dua arah (tempat tidur atau tempat duduk) televisi dengan kemampuan untuk mengalirkan konten pribadi, ruang penghubung (tergantung ketersediaan), dan kelengkapan standar lainnya.

Kamar CA

Kamar CA Yats Colony
Kamar CA memiliki double benefit bisa untuk tamu yang memiliki keperluan bisnis atau liburan, untuk pasangan atau teman, atau untuk lajang a.k.a single seperti Makvee yang hanya menginginkan ruang ekstra, biar bisa gulung-gulung sendiri. Kamar CA memiliki fleksibilitas yang dibutuhkan oleh single seperti Makvee. Memiliki ukuran sekitar 22 meter persegi (atau 235 kaki persegi) dengan akses langsung ke kolam renang. Kamar CA juga memiliki kursi Alfi Emeco yang dirancang oleh Jasper Morrison untuk melayani kenyamanan tamu saat bekerja atau hanya duduk dan berpose yhekannn.

Kamar CA memiliki pilihan 1 tempat tidur king bed size atau 2 tempat tidur single, kasur atas yang mewah, selimut dan bantal hipoalergenik (demi kesehatan Bersama mantan), TV LED layar datar dengan kemampuan untuk streaming konten pribadi. Sudut jendela yang mengarah ke kolam renang, serta ruangan terhubung yang bisa menjadi pilihan.


Baca juga Review Jujur Staycation di Alana


Kamar RA


Kamar RA Yats Colony

Kamar RA adalah unggulan dari tipe deluxe YATS Colony dan memiliki ukuran ruangan sekitar 22 meter persegi (atau 235 kaki persegi) dengan pilihan pemandangan kolam renang dan komunal lounge. Kamar RA juga memiliki kursi Sapu Emeco yang dirancang oleh Philippe Starck untuk melayani kenyamanan tamu saat bekerja atau hanya duduk.

Kamar RA memiliki pilihan 1 tempat tidur king bed size atau 2 tempat tidur single, kasur atas yang tentu saja mewah, selimut dan bantal hipoalergenik (sama seperti kamar lainnya), TV LED layar datar dengan kemampuan untuk streaming konten pribadi.

Kamar KA

Kamar KA Yats Colony
Kamar KA tidak hiruk pikuk dan sangat menyenangkan. Memiliki ukuran sekitar 22 meter persegi (atau 235 kaki persegi), beberapa di antaranya juga dilengkapi kursi Sapu Emeco yang dirancang oleh Philippe Starck untuk melayani kenyamanan Anda saat bekerja atau hanya duduk. Kamar KA memiliki pilihan 1 tempat tidur king bed size atau 2 tempat tidur single, kasur atas yang mewah, selimut dan bantal hipoalergenik (karena kami peduli dengan kenyamanan Anda), TV LED layar datar dengan kemampuan untuk streaming konten pribadi. Pemandangan taman dari Kamar KA cukup menenangkan.

Fasilitas di YATS Colony

YATS Colony menggambarkan dirinya sebagai sebuah ruang yang mengelilingi semangat kolaboratif dan hidup bersama, setiap kamar terdiri dari desain khusus dan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan. 

Karena material yang digunakan oleh YATS Colony menggunakan bahan dari daur ulang, pelapis mewah pilihan tangan, 

tempat tidur tie-dye buatan tangan lokal oleh Purana Indonesia, bantal empuk oleh Semak Studios,

 dan karya seni asli seniman baru Indonesia, Sarkodit, semuanya eksklusif  hanya ada di YATS Colony.

YATS Colony menawarkan layanan dan fasilitas kepada semua tamu. Bahkan jika tamu membutuhkan sesuatu yang ekstra di kamar agar lebih nyaman. Makvee sangat merasakan hospitality yang baik dan exstra dari YATS Colony dengan protocol tentunya. Penting bahwa protocol anti COVID-19 diterapkan dengan baik di YATS Colony. Nah beberapa, fasilitas yang bisa direquest kepada YATS Colony adalah penjemputan di bandara, sementara fasilitas yang telah tersedia di YATS Colony adalah wifi gratis saat berada di area YATS Colony, 

ruang ritel, bistro yang hip dan instagramable, tersedia ruang rapat,

kolam renang, 

sunken lounge, dek BBQ, layanan binatu, communal lounge, dan vending machine.

Honest Review Kamar KA

Kamar yang Makvee tempati adalah kamar dengan jenis KA, berada di lantai 2

Makvee mendapatkan king bed size. 

Fasilitasnya lengkap, begitu masuk desainnya clear dan bersih, mari kita room tour isinya apa saja.

1 keranjang berisi perlengkapan perang mari kita unboxing satu persatu  

Rikma yang artinya rambut padahal di dalamnya sisir, gemas sama packagingnya
Ada surat kecil dari YATS Colony. tertumpuk diantara paketan cantik tadi
Sabun padat yang dibungkus dengan rapi, menurut Makvee sabun ini lebih seperti gift karena di dalam toilet sudah disediakan sabun cair yang melimpah.
Sepaket toiletries yang lengkap di genggaman

Ada masker orange yang unyu sungguh baik YATS Colony ngasih masker. Padahal di depan communal lounge juga disediakan masker namun memang tidak setebal dan senyaman masker orange ini.

Waja artinya gigi, tentu saja ini sikat gigi.
Tersedia juga pisau cukur bagi bapak-bapak dan mas-mas berjenggot tebal, tuh disediakan tuh.
Bucal artinya buang, plastik kecil untuk membuang sampah.


Lengkap banget kan paketnya berasa dapat paket seserahan ehhhh

Kamar yang fleksibel ini memang penuh dengan kemungkinan, mau seharian tidur di dalam kamar boleh, mau nonton tivi boleh, 

mau bekerja juga boleh karena to be honest wifinya kenceng banget. Super comfy buat kalian yang mau escape dari rutinitas yang padat. 

Pancuran air hangat yang menenangkan dan sabun serta shampoo yang melimpah (YATS Colony emang ga pelit disediakan sabun dan shampoo yang banyak) Jadi betah berlama-lama di bawah shower disiram air hangat. Pintunya digeser dan ada kacanya jadi kalua mau berkaca seluruh badan tinggal tutup full saja pintunya. Makvee sih suka foto-foto di kamar mandinya karena ternyata lucu juga foto-foto di kamar mandi. Sejauh ini Makvee merasa nyaman dengan fasilitas di kamar dan lorongnya, kalau Makvee kasih nilai dari skala 1-10 nilainya 9. Review soal komunal lounge dan pengalaman breakfast di YATS Colony bakalan Makvee posting di cerita Makvee berikutnya. Stay Happy, Stay Healthy, Staycation, mmmuachhhh.

10 komentar:

  1. Mbaaa kusukaaa dengan desaign semuanya. Cantik, cocoklaaah ini disebut boutique hotel :).

    Aku udh prnh denger yats colony, tapi baru tau kalo artinya stay yg dibalik hahaha. Unik juga penamaan kamarnya pake kata2 hanacaraka yaaa.

    Sbnrnya pertengahan Agustus kmrn aku plan ke Jogja sih, tp batal. Next kalo jadi, aku mau coba cek hotel ini utk stay di sana

    BalasHapus
  2. Wah emang sesuai dengan jenis hotelnya ya, boutique hotel. Desainnya unik banget dan so instagramable... desain kamarmu juga lucu, pas buat foto-foto...
    Ini hotel favorit para artis nasional pada nginep di sini soalnya hotel ini menjaga banget privasi tamu-tamunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semua kamar di Yats Colony lucuk-lucuk semua say

      Hapus
  3. Keren banget nih. Janjane lokasine ning endiii? Aku curiga bahwa aku kerap melewatinya namun tak ngeh. Hahaha. Iki prapatan patangpuluhan ke barat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes bener mbak kidul ndalan nanti aka kiri jalan kalau dari arah timur, semoga aku ga bingung arah ya hahahaha

      Hapus
  4. Dipakai foto2 cantik ya hotel butiknya, aku malah blm pernah ke sana. Padahal sama2 di Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk manda agendakan untuk kesini bersama panda, cepat sehat ya manda

      Hapus
  5. sumpah aku suka banget sama desain kamarnya, jadi inspirasi aku niy nanti kalau buat rumah aku heheh, btw look cozy banget ya hotelnya mau ikutan nginap di situlah aku, lihat kolam renangnya auto pengen nyebur heheheh ijo banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buruannn kak kesini sekalian meet up kita. diantara meet up meet up yang tertunda hehhehhehe

      Hapus