Jogja Medical Center “One Stop Family Center for Health”

Jogja Medical Center

Sabtu, 29 Februari 2020 Makvee baru saja berkunjung ke satu tempat keren yang bisa disebut dengan “One Stop Family Center for Health”

Jogja Medical Center

Yes! Jogja Medical Center atau biasa disingkat JMC yang berlokasi di Jalan Gondangraya No.17 Condongcatur Depok, Sleman, Yogyakarta ini, adalah sebuah Klinik Utama yang memberikan fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di bawah naungan Budi Mulia Dua Foundation. 

Sekilas Tentang Budi Mulia Dua Foundation

Jogja Medical Center
"Budi Mulia Dua mengembangkan suatu pendidikan dengan pola pembelajaran yang mempersiapkan individu yang matang secara akademis, psikologis, dan sosial. Kami menanamkan pengetahuan yang bulat." (Kusnasriyati Sri Rahayu Amien Rais, Founder BMD)
Budi Mulia didirikan oleh  Ibu Kusnasriyati Sri Rahayu dan Bapak Amien Rais pada tanggal 26 April 1987. Sejak mereka muda, Bapak Amien Rais dan Ibu selalu menekankan pentingnya memilliki “Declaration of Life” dalam hidup ini. Artinya, apa tujuan hidup kita di dunia ini. “What is our purpose in life?”

Declaration of Life seorang manusia itu bisa diwujudkan dalam bentuk amal kehidupannya selama di dunia sebagai bentuk tabungan di akhirat nanti. Maka lahirlah Budi Mulia DuA (Dunia Akhirat) sebagai bentuk amalan Dunia untuk tabungan di hari Akhir nanti. Budi Mulia Dua bermula dari sebuah mushola kecil dari pojok rumah Bapak dan Ibu Amien Rais, yang diubah menjadi sebuah taman kanak-kanak. Dari situlah lahir TK Budi Mulia Dua Pandean Sari di tahun 1987. Seiring perkembangan dunia pendidikan dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan anak usia dini, maka Budi Mulia Dua juga membuka TK di Terban Yogyakarta, dan kemudian juga dibuka TK dan Playgroup di Seturan dan Sedayu Yogyakarta.
Seiring waktu, maka Budi Mulia Dua sekarang telah memiliki 16 unit sekolah yang berjenjang dari baby day care hingga setingkat SMA bahkan hingga para lansia. Total sekolah yang dimiliki adalah 17 unit sekolah.
Disamping lembaga-lembaga pendidikan tersebut, Budi Mulia Dua juga membuka unit-unit usaha seperti : Koperasi Budi Mulia Dua Pandeansari, Koperasi Simpan Pinjam unit Seturan, Swalayan Rahayu, Kantin Rahayu, Modiste Sri Rahayu, Kolam Renang indoor Salsabiela, katering Dapur Kuliner Budi Mulia Dua , dan lain sebagainya.

Jogja Medical Center
Kini, Budi Mulia Dua telah membuka sebuah Klinik Utama untuk masyarakat di Sleman seperti yang dijelaskan oleh Tasniem Fauzia Rais.

Jogja Medical Center

Jogja Medical Center yang bertempat di Jalan Gondang Raya, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY, ini hadir dengan konsep super cozy dan bisa disebut dengan family clinic yang memiliki 4 layanan unggulan yaitu Poli Gigi, Poli Umum, dan Klinik Tumbuh Kembang Anak. Makvee takjub begitu diajak room tour karena super duper lengkap.
Jogja Medical Center

Jogja Medical Center

Klinik Tumbuh Kembang Anak di JMC merupakan layanan khusus untuk orang tua dan anak. Di klinik khusus ini orang tua dapat melakukan deteksi dini, diagnosis, dan intervensi (untuk menentukan pilihan terapi), terhadap anak untuk menentukan pilihan terapi sesuai dengan kebutuhan anak. Klinik Tumbuh Kembang Anak juga memiliki beberapa layanan yaitu (1) Layanan Konsultasi & Assesment, (2) Terapi Sensory Integration, (3) Terapi Wicara dan Oral Motorik, dan (4) Layanan Psikolog.

Jogja Medical Center
JMC menyediakan berbagai fasilitas kesehatan dengan nuansa Modern, Comfy dan Homy. Atmosfer dan suasana yang dirasakan oleh pasien ketika masuk ke Klinik JMC ini adalah atmosfer layaknya klinik yang ada di luar negri.  Jadi, nuansanya membuat betah para pasien ketika melakukan upaya preventif maupun kuratif di Klinik ini.

Jogja Medical Center
Fasilitas ruangan untuk terapi di JMC semuanya di-design dengan detail, sangat nyaman dan modern. Tentunya tidak kalah penting, ketika orang tua dan anak menunggu, JMC menyediakan waiting room special for Kids yang didesign dengan penuh detail, sehingga anak betah dan betul-betul merasa nyaman.

Jogja Medical Center
Bisa dikatakan bahwa Klinik Jogja Medical Center merupakan sebuah klinik dengan konsep  “One Stop Family Center”, karena memiliki layanan lengkap: Tumbuh Kembang Anak, Poli Gigi (Umum dan Spesialis Ortho dan Spesialis Konservasi), dan Poli Umum.  Jadi sembari anak mendapatkan terapi, orang tua juga bisa berkonsultasi dengan dokter umum atau ke dokter gigi dan dokter gigi  specialis.

Sambil menunggui anak terapi, orang tua bisa check kesehatan di dokter umum, seperti cek tekanan darah, cek gula, kolesterol, atau check-up/konsultasi dengan dokter umum.

1. Di Layanan Tumbuh Kembang Anak, JMC menghadirkan Psikolog Klinis Anak, Raninta W. lulusan dari Universitas Indonesia, Jakarta, dan para terapis okupasi/sensori integrasi dan terapis wicara yang semuanya adalah lulusan D3 dan D4 Terapi Okupasi dan Terapi Wicara dari Poltekkes, Surakarta.

Jogja Medical Center

2. Poli Gigi Umum dan Spesialis Ortho dan Spesialis Konservasi menghadirkan Drg. Ireka Dyah Kusuma Agustina, Sp.Ort

Jogja Medical Center

3. Salah satu layanan terapi terbaru yang ada di JMC adalah Play Therapy oleh Miss Grace Melia. Grace Melia adalah satu-satunya Play Therapist di Yogya yang tersertifikasi secara internasional dari APAC (Academy of Play & Child Psychotherapy).

Jogja Medical Center

Jogja Medical Center
Sebelum orang tua mendaftarkan anak untuk ikut terapi, proses yang paling penting adalah Assessment atau Screening dengan Psikolog Klinis Anak, untuk mengetahui intervensi apa yang paling tepat diberikan kepada si anak. Kemudian setelah 6 bulan anak menjalani terapi, maka nanti akan ada evaluasi bersama dengan Psikolog dan Terapis. Sesi Assessment/Screening dan Evaluasi dengan Psikolog Klinis Anak, dilakukan oleh Miss Raninta W., ditemani oleh orang tua.
Jogja Medical Center
Sungguh Makvee banyak mendapatkan pengetahuan baru soal parenting, soal kesehatan mental anak, soal mengenali bakat anak dari usia emas 1-5 tahun. Maka tagline Peace at Heart memang cocok untuk JMC. Orang tua jadi tenang dapat mengetahui bakat ataupun hambatan yang dirasakan anak. Jadi kapan kamu ajak keluargamu berkunjung ke Jogja Medical Center. Salam sehat. Peace at Heart.

0 comments