Langsung ke konten utama

Bakpia Wong Jogja dan 7 Fakta Uniknya



  1. Tentang Bakpia Wong Jogja
Kota Yogyakarta memang menarik siapapun untuk datang, untuk menikmati keindahannya. Namun tidak hanya keindahan dan keramahannya, kota ini ternyata menarik banyak investor untuk berbisnis di Yogyakarta. Yogyakarta sering mendapatkan julukan nusantara kecil karena beragamnya penduduk yang tinggal di Yogyakarta. Ada fakta yang menarik yang berhasil Makvee rangkum dalam gelaran acara “Workshop Food Photography bersama Chef Harisatu Zakaria” 31 Mei 2018 lalu.
1.    Fakta  Pertama
Para artis yang membuat oleh-oleh di Jogja dengan beragam kue-kuenya, rupa-rupanya mengusik seorang artis.Aktor berparas tampan tersebut adalah Baim Wong untuk memberikan warna baru di dunia oleh-oleh Jogja. 

2.    Fakta Kedua
Konsep one stop shopping sangat relevan dengan kondisi Kota Yogyakarta yang semakin metropolis. Berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto No.149, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244. Bakpia Wong Jogja berdampingan dengan Batik Wong Jogja. BW Jogja merupakan sebuah perusahaan retail yang dinaungi oleh CV Sumber Hasil Makmur dan CV Sumber Hasil Maju. Di dalamnya kita bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja selain Bakpia Wong Jogja. Juga ada batik dan souvenir yang tentunya lucu-lucu ketika dibawa sebagai buah tangan.

3.    Fakta Ketiga
Lokasinya mudah ditemukan karena berada di Pusat Kota Yogyakarta. Dekat dengan Pasar Klitikan dan TOP Hotel Malioboro. Konsep one stop shopping yang diusung oleh Bakpia Wong Jogja memang sangat tepat diusung saat ini. Satu tempat namun langsung mendapatkan banyak oleh-oleh . Parkir yang luas dan nyaman sehingga bagi yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir akan keamanannya.

4.    Fakta Keempat
Mudah ditemukan karena billboard Bakpia Wong Jogja terpasang di sudut-sudut papan iklan seluruh Kota Yogyakarta. Makvee juga gampang banget buat nemuin lokasi Bakpia Wong Jogja. Kalau dari arah tugu dari arah timur tinggal lurus ke barat ketemu 2 perempatan lurus, lampu merah kedua kemudian kiri, lihat kanan jalan langsung deh ketemu sama Bakpia Wong Jogja. Gampang banget kan shay.


5.    Fakta Kelima
One stop shopping, parkir luas, mushola dan foodcourt tersedia, oleh-olehnya lengkap, lalu bagaimana rasa bakpianya? Bakpia Wong Jogja menurut pendapat Makvee mengusung bakpia dengan sentuhan rasa yang modern. 


Ada 2 varian yang bisa dipilih yaitu:
      1. Bakpia Premium rasa cocho hazelnut dan cocho almond 1 kotak berisi 15 bakpia dengan harga Rp65.000,- perkotaknya

2. Bakpia regular rasa kumbu hitam, kacang hijau, coklat, keju, susu, berisi  15 bakpia dengan harga Rp45.000,-
Harga yang Makvee cantumkan ini bisa berubah sewaktu-waktu ya, jadi jangan baper kalau ternyata pas datang ada perubahan rasa dan harga.

B.    Workshop Food Photography bersama Chef Harisatu Zakaria


Bertempat di Bakpia Wong Jogja hari Kamis, 31 Mei 2018 saya turut nimbrung bersama teman-teman blogger Jogja. Kami belajar mengenai food photography. Sedikit profil mengenai Chef Harisatu Zakaria, beliau adalah  pengajar tamu food styling fotography ISI Yogyakarta, Commercial food styling photography Workshop X agung  tosol, Food photography & food styling Workshop IONs Food photography & food styling Workshop IONs. Mantap karir dan prestasi Chef Harisatu untuk ukuran chef muda. Dibuka oleh pihak Bakpia Wong Jogja diwakili oleh Mas Dimas acara dimulai dengan paparan dari Chef Harisatu. Materi yang diberikan diantaranya adalah

1. Kriteria  memotret makanan memotret makanan yang baik itu gimana sih ? 
2. Membuat orang yang melihat fotomu menjadi berselera makan 
3. Food Stylist & Props Stylist 
Food styling adalah seni menghias dan menata makanan agar terlihat lebih menarik & menggoda
4. Arti food photographer 
“Pekerja seni yang bertugas mengabadikan pekerja seni yang bertugas mengabadikan  objek makanan, menata cahaya, menonjolkan hasil penataan food stylist, agar terlihat menarik menggunakan kamera”
5. Jenis food photography
a. Editorial,
b. Stock Photo
c. Tren food photography “Kekinian/ Hit ”“Kekinian/ Hits”
d. Pengaruh perkembangan teknologi, gaya hidup kekinian

6. Tren Food Photography “Kekinian”
a. Teknik Flatlays 
Gaya foto yang diambil dari posisi atas (top angel)
b. Teknik Lifestyle
Gaya foto yang  menggunakan unsur diluar. Gaya foto yang objek makanan didalam satu frame foto/

Kesimpulannya tren food photography yang akan terus berkembang, menuntut akan terus berkembang, menuntut pelaku food photography untuk mengikuti perkembangan yang ada, agar tidak ketinggalan zaman. Photography memang tidak pernah mati seni untuk memainkan dan menghidupkan cahaya. Terima kasih Bakpia Wong Jogja semoga selalu bersinar menjadi rujukan one stop shopping di Yogyakarta.

Komentar

  1. Wow.. fakta ke-6, kemarin blogger Jogja ngadain workshop di Bakpia Wong Jogja... wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas bener banget fakta ke-6nya cucokk kwkwkwk

      Hapus
  2. Wih fakta semua ini bukan hoax :D .
    Materinya juga lengkap ini mbak

    BalasHapus
  3. Untung mak vee baik hati ngasih tahu ada acara ini.. Lumayan bisa nambah ilmu...👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihiiiyy chefnya juga baik kokk yaa detail banget jelasinnya

      Hapus
  4. Hmmm.... Aktor berparas tampan

    BalasHapus
  5. Blanja apa aja mb disana??? Lengkap gitu pasti pengen shopping klo ke sana...
    Btw, Mb Vee blognya banyak yah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah Lightening Facial Scrub

Hei, Gaes
Sambil nepukin pipi Makvee yang makin kenyal  lalu tersenyum manis karena kulit Makvee terasa lebih cerah dan segar. Hmm apasih rahasianya. Baiklah  sesuai judulnya Makvee akan mereview pengalaman menggunakan salah satu produk lokal kesayangan Makvee yaitu Wardah  Lightening Facial Scrub. Si biru yang berfaedah ini yang kini jadi favorit Makvee


Oke Makvee bahas satu  persatu ya;
1. Kemasan Wardah Lightening Facial Scrub Kemasannya cantik berwarna biru muda pastel yang nampak segar.  Kemasan yang Makvee punya itu yang 60 ml dan kayaknya Makvee belum menemukan kemasan yang lebih besar dari itu. Ringan dan mantap untuk dibawa saat travelling tidak memenuhi tempat. Kemasan tubnya juga anti tumpah karena ada bunyi  klek atau klik saat ditutup sehingga sangat aman menurut Makvee.

Dalam kemasannya juga tercantum info dermatology tested yang artinya secara dermatologis telah terbukti aman dan tentunya sudah ada ijin dari BPOM. Lebih mantap lagi di kemasannya tertulis kandungannya yang ber…

Review Jujur Estuary Cafe Yogyakarta

Hari Sabtu di awal Juli saya dan 2 teman saya menembus kemacetan Jogja. Awalnya kami berniat untuk menikmati senja di Rooftop Satoria Hotel Yogyakarta. Tapi nyatanya senja telah berlari jauh dari kami. Kami-pun batal untuk menikmati senja. Mencari random café-café di Jogja, hingga bertanya ke teman-teman penggemar kopi dan foodgrammer Jogja. Saya pun menemukan instagram Estuary.id yang menampilkan suasana yang cozy dan lucu, dan tentunya instagramable yakaaan ya duonkkkk. Apalagi hari itu saya membawa gear lensa sudra saya Nikon D3500. Tentunya selain makan, sayapun ingin memotret sudut-sudut cantik Estuary Cafe.
Ketika datang, mobil grab pesanan kami disambut dengan baik dan diarahkan dengan baik pula oleh petugas parkir Estuary Café. Kami pun masuk dan disambut dengan teriakan anak-anak muda yang nampak fresh dan nampak sigap membantu. Saya pikir Estuary memang menerima anak-anak muda yang masih kuliah dan mau bekerja part time. Begitu masuk kami langsung disambut oleh kasir yang …

OldTown White Coffee Menu di Jogja Simanjuntak Bikin Pengen Semua

Selasa siang itu saya ingin sejenak lari dari rutinitas, pssst saya menemukan 1 tempat baru di Jl. C. Simanjuntak No.78A, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Wow begitu masuk saya langsung jatuh cinta dengan konsep ruangannya yang simple, stylish, dan elegant. Lokasi berada di dekat area kampus dan dekat dengan jalan raya sehingga sangat-sangat mudah ditemukan. Berada di depan Sekolah Vokasi UGM, sebelah selatan Larissa, dan sebelah utara KFC depan Mirota Kampus. 
Sekilas Tentang OldTown White Coffe
Sedikit tentang OldTown White Coffe ini, saya sendiri baru tahu tempat ini di Yogyakarta tepatnya di Jalan Simanjuntak, karena di kota-kota lain mungkin sudah banyak OldTown White Coffe. Tentunya, ini adalah pengalaman saya juga untuk yang pertama kalinya ke OldTown White Coffee. Pertama kalinya berkunjung ke OldTown White Coffee ketemunya yang dekat-dekat saja di Simanjuntak. Hahahahha udah deh saya jangan dikatain norak ya. Old Town ini jika diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Ba…