Langsung ke konten utama

Tips Smart Online Shopping Bersama Makvee


Saya hidup di tahun 2018 ketika hidup ini menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Manusia kini semakin dimudahkan dengan adanya teknologi. Teknologi digital membuat manusia mudah terhubung satu sama lain tidak terbatas jarak dan waktu. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari saya, sayapun begitu akrabnya dengan teknologi digital dan beragam fasilitas di dalamnya. Banyaknya manfaat dari gadget yang saya pegang membuat saya bisa menambah relasi dan pertemanan hanya dalam genggaman, selain itu saya bisa menambah wawasan baik dalam bidang pengetahuan, sekedar hiburan, atau berbisnis lewat berbagai aplikasi gratis yang mudah didapatkan. Penggunaan media sosial dan aplikasi jual beli online baik barang maupun jasa terinstal di handphone saya.

Saya mau menceritakan tentang pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Sebaiknya setiap dari kita yang merupakan pelanggan belanja online harus memahami peraturan-peraturan yang terkait dengan dasar hukum jual beli. Tercantum dalam Pasal 1 Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang tentang perlindungan konsumen. Diatur juga dalam Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen mengatakan bahwa konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang maupun jasa. 

Selain paham mengenai hak konsumen kita juga harus paham kewajiban kita sebagai konsumen. Sebelum menuntut hak, kita harus memahami kewajiban kita sebagai konsumen. Kewajiban kita sebagai konsumen adalah memiliki niat baik untuk membeli dan menggunakan jasa sehingga kita menjadi pembeli yang tidak merugikan penjual dan pembeli lainnya. Menurut saya yang paling penting dalam belanja di toko online adalah teliti. Karena membeli online tidak seperti membeli di pasar konvensional. Terutama saat membeli baju, sepatu, dan celana karena kita tidak bisa mencobanya langsung. Saya sendiri termasuk generasi jaman now yang sering menggunakan gadget sebagai sarana belanja atau sekedar window shopping untuk memanjakan diri saya yang kadang “lapar mata” ini.


Berbelanja tanpa perlu keliling berlelah lelah hanya dengan satu klik. Tinggal pilih dan barang datang hanya dalam waktu hitungan hari. Teknologi smart online shopping memang telah diterapkan di berbagai situs jual beli online. Ada 5 tips yang  sering saya gunakan ketika saya melakukan pembelian secara online

1. Mempercayakan uang yang akan kita keluarkan untuk berbelanja secara online kepada situs-situs yang tepercaya. Jika ada promo, pastikan ada kode promo misal lazada promo kemudian memberikan Kode Vocher Lazada yang ketika digunakan barang yang kita beli sudah terpotong diskon.




2. Di dalam situs belanja online selalu ada aturan yang sebaiknya kita tahu dan kita baca dengan cermat agar kita paham mengenai sejarah dan peraturan yang ada dalam situs. Salah satunya situs Tokopedia yang sering mengeluarkan Diskon Tokopedia, pelajari syarat-syaratnya agar kita paham benar dan menjadi pembeli yang memiliki itikad baik sehingga tidak merugikan orang lain.

3. Jangan mudah tergiur dengan promo hari belanja online dan flash sale karena dengan berpikir objektif kita tidak akan terburu-buru dalam memilih barang sehingga bisa memastikan pada diri kita sendiri bahwa kita telah memilih barang yang berkualitas dan sesuai kebutuhan kita. Misal kita mengunjungi salah satu toko online blibli.com, pastikan bahwa promo Diskon Blibli tersebut belum lewat dari tanggal masa berlaku diskon. Fokus pada barang yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.


 4. Smart Online Shopping Tips yang juga sering saya lakukan adalah rajin membaca review. Menurut saya membaca review ini penting, karena dari sanalah kita bisa melihat tingkat kepuasaan pembeli terhadap penjual dan barang/jasa yang dijual. Sehingga kita bisa lebih yakin dalam memilih untuk kemudian membeli barang tersebut. Situs seperti Bibli dan Lazada memiliki banyak pelanggan militan yang rajin mengisi review. Hal tersebutlah yang bisa kita jadikan rujukan sebelum membeli barang, membaca review para pelanggan membuat kita jadi punya pertimbangan yang lebih banyak.

5. Jangan malas untuk membandingkan harga antara 1 toko online yang 1 dengan yang lainnya. Juga bandingkan harga asli dari barang yang diskon dengan sebelum diskon lalu bandingkan kembali dengan toko online lainnya. Di situs Hadiah.ME membandingkan harga menjadi lebih mudah karena banyaknya situs toko online yang tercantum dengan diskon yang dimiliki membuat kita dengan mudah dapat memilih dan membandingkan harga yang sesuai dengan anggaran yang kita miliki. Situs hadiah.me mempermudah kita dalam membandingkan diskon dan harga.

Mari menjadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja. Membeli barang yang berkualitas dengan didukung dari situs-situs tepercaya dan juga aman pastinya. Salam smart.

Komentar

  1. wah baru denger soal hadiah.me ini, biasanya aku pake i*****a buat ngebanding-bandingin harga antar produk hehehe, mau coba aahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks kak dah mampir iya cobainn dehh

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Wardah Lightening Facial Scrub

Hei, Gaes
Sambil nepukin pipi Makvee yang makin kenyal  lalu tersenyum manis karena kulit Makvee terasa lebih cerah dan segar. Hmm apasih rahasianya. Baiklah  sesuai judulnya Makvee akan mereview pengalaman menggunakan salah satu produk lokal kesayangan Makvee yaitu Wardah  Lightening Facial Scrub. Si biru yang berfaedah ini yang kini jadi favorit Makvee


Oke Makvee bahas satu  persatu ya;
1. Kemasan Wardah Lightening Facial Scrub Kemasannya cantik berwarna biru muda pastel yang nampak segar.  Kemasan yang Makvee punya itu yang 60 ml dan kayaknya Makvee belum menemukan kemasan yang lebih besar dari itu. Ringan dan mantap untuk dibawa saat travelling tidak memenuhi tempat. Kemasan tubnya juga anti tumpah karena ada bunyi  klek atau klik saat ditutup sehingga sangat aman menurut Makvee.

Dalam kemasannya juga tercantum info dermatology tested yang artinya secara dermatologis telah terbukti aman dan tentunya sudah ada ijin dari BPOM. Lebih mantap lagi di kemasannya tertulis kandungannya yang ber…

Review Jujur Estuary Cafe Yogyakarta

Hari Sabtu di awal Juli saya dan 2 teman saya menembus kemacetan Jogja. Awalnya kami berniat untuk menikmati senja di Rooftop Satoria Hotel Yogyakarta. Tapi nyatanya senja telah berlari jauh dari kami. Kami-pun batal untuk menikmati senja. Mencari random café-café di Jogja, hingga bertanya ke teman-teman penggemar kopi dan foodgrammer Jogja. Saya pun menemukan instagram Estuary.id yang menampilkan suasana yang cozy dan lucu, dan tentunya instagramable yakaaan ya duonkkkk. Apalagi hari itu saya membawa gear lensa sudra saya Nikon D3500. Tentunya selain makan, sayapun ingin memotret sudut-sudut cantik Estuary Cafe.
Ketika datang, mobil grab pesanan kami disambut dengan baik dan diarahkan dengan baik pula oleh petugas parkir Estuary Café. Kami pun masuk dan disambut dengan teriakan anak-anak muda yang nampak fresh dan nampak sigap membantu. Saya pikir Estuary memang menerima anak-anak muda yang masih kuliah dan mau bekerja part time. Begitu masuk kami langsung disambut oleh kasir yang …

OldTown White Coffee Menu di Jogja Simanjuntak Bikin Pengen Semua

Selasa siang itu saya ingin sejenak lari dari rutinitas, pssst saya menemukan 1 tempat baru di Jl. C. Simanjuntak No.78A, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Wow begitu masuk saya langsung jatuh cinta dengan konsep ruangannya yang simple, stylish, dan elegant. Lokasi berada di dekat area kampus dan dekat dengan jalan raya sehingga sangat-sangat mudah ditemukan. Berada di depan Sekolah Vokasi UGM, sebelah selatan Larissa, dan sebelah utara KFC depan Mirota Kampus. 
Sekilas Tentang OldTown White Coffe
Sedikit tentang OldTown White Coffe ini, saya sendiri baru tahu tempat ini di Yogyakarta tepatnya di Jalan Simanjuntak, karena di kota-kota lain mungkin sudah banyak OldTown White Coffe. Tentunya, ini adalah pengalaman saya juga untuk yang pertama kalinya ke OldTown White Coffee. Pertama kalinya berkunjung ke OldTown White Coffee ketemunya yang dekat-dekat saja di Simanjuntak. Hahahahha udah deh saya jangan dikatain norak ya. Old Town ini jika diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Ba…