Bakpia Wong Jogja dan 7 Fakta Uniknya



  1. Tentang Bakpia Wong Jogja
Kota Yogyakarta memang menarik siapapun untuk datang, untuk menikmati keindahannya. Namun tidak hanya keindahan dan keramahannya, kota ini ternyata menarik banyak investor untuk berbisnis di Yogyakarta. Yogyakarta sering mendapatkan julukan nusantara kecil karena beragamnya penduduk yang tinggal di Yogyakarta. Ada fakta yang menarik yang berhasil Makvee rangkum dalam gelaran acara “Workshop Food Photography bersama Chef Harisatu Zakaria” 31 Mei 2018 lalu.
1.    Fakta  Pertama
Para artis yang membuat oleh-oleh di Jogja dengan beragam kue-kuenya, rupa-rupanya mengusik seorang artis.Aktor berparas tampan tersebut adalah Baim Wong untuk memberikan warna baru di dunia oleh-oleh Jogja. 

2.    Fakta Kedua
Konsep one stop shopping sangat relevan dengan kondisi Kota Yogyakarta yang semakin metropolis. Berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto No.149, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244. Bakpia Wong Jogja berdampingan dengan Batik Wong Jogja. BW Jogja merupakan sebuah perusahaan retail yang dinaungi oleh CV Sumber Hasil Makmur dan CV Sumber Hasil Maju. Di dalamnya kita bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja selain Bakpia Wong Jogja. Juga ada batik dan souvenir yang tentunya lucu-lucu ketika dibawa sebagai buah tangan.

3.    Fakta Ketiga
Lokasinya mudah ditemukan karena berada di Pusat Kota Yogyakarta. Dekat dengan Pasar Klitikan dan TOP Hotel Malioboro. Konsep one stop shopping yang diusung oleh Bakpia Wong Jogja memang sangat tepat diusung saat ini. Satu tempat namun langsung mendapatkan banyak oleh-oleh . Parkir yang luas dan nyaman sehingga bagi yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir akan keamanannya.

4.    Fakta Keempat
Mudah ditemukan karena billboard Bakpia Wong Jogja terpasang di sudut-sudut papan iklan seluruh Kota Yogyakarta. Makvee juga gampang banget buat nemuin lokasi Bakpia Wong Jogja. Kalau dari arah tugu dari arah timur tinggal lurus ke barat ketemu 2 perempatan lurus, lampu merah kedua kemudian kiri, lihat kanan jalan langsung deh ketemu sama Bakpia Wong Jogja. Gampang banget kan shay.


5.    Fakta Kelima
One stop shopping, parkir luas, mushola dan foodcourt tersedia, oleh-olehnya lengkap, lalu bagaimana rasa bakpianya? Bakpia Wong Jogja menurut pendapat Makvee mengusung bakpia dengan sentuhan rasa yang modern. 


Ada 2 varian yang bisa dipilih yaitu:
      1. Bakpia Premium rasa cocho hazelnut dan cocho almond 1 kotak berisi 15 bakpia dengan harga Rp65.000,- perkotaknya

2. Bakpia regular rasa kumbu hitam, kacang hijau, coklat, keju, susu, berisi  15 bakpia dengan harga Rp45.000,-
Harga yang Makvee cantumkan ini bisa berubah sewaktu-waktu ya, jadi jangan baper kalau ternyata pas datang ada perubahan rasa dan harga.

B.    Workshop Food Photography bersama Chef Harisatu Zakaria
Bertempat di Bakpia Wong Jogja hari Kamis, 31 Mei 2018 saya turut nimbrung bersama teman-teman blogger Jogja. Kami belajar mengenai food photography. Sedikit profil mengenai Chef Harisatu Zakaria, beliau adalah  pengajar tamu food styling fotography ISI Yogyakarta, Commercial food styling photography Workshop X agung  tosol, Food photography & food styling Workshop IONs Food photography & food styling Workshop IONs. Mantap karir dan prestasi Chef Harisatu untuk ukuran chef muda. Dibuka oleh pihak Bakpia Wong Jogja diwakili oleh Mas Dimas acara dimulai dengan paparan dari Chef Harisatu. Materi yang diberikan diantaranya adalah

1. Kriteria  memotret makanan memotret makanan yang baik itu gimana sih ? 
2. Membuat orang yang melihat fotomu menjadi berselera makan 
3. Food Stylist & Props Stylist 
Food styling adalah seni menghias dan menata makanan agar terlihat lebih menarik & menggoda
4. Arti food photographer 
“Pekerja seni yang bertugas mengabadikan pekerja seni yang bertugas mengabadikan  objek makanan, menata cahaya, menonjolkan hasil penataan food stylist, agar terlihat menarik menggunakan kamera”
5. Jenis food photography
a. Editorial,
b. Stock Photo
c. Tren food photography “Kekinian/ Hit ”“Kekinian/ Hits”
d. Pengaruh perkembangan teknologi, gaya hidup kekinian

6. Tren Food Photography “Kekinian”
a. Teknik Flatlays 
Gaya foto yang diambil dari posisi atas (top angel)
b. Teknik Lifestyle
Gaya foto yang  menggunakan unsur diluar. Gaya foto yang objek makanan didalam satu frame foto/

Kesimpulannya tren food photography yang akan terus berkembang, menuntut akan terus berkembang, menuntut pelaku food photography untuk mengikuti perkembangan yang ada, agar tidak ketinggalan zaman. Photography memang tidak pernah mati seni untuk memainkan dan menghidupkan cahaya. Terima kasih Bakpia Wong Jogja semoga selalu bersinar menjadi rujukan one stop shopping di Yogyakarta.

9 comments

  1. Wow.. fakta ke-6, kemarin blogger Jogja ngadain workshop di Bakpia Wong Jogja... wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas bener banget fakta ke-6nya cucokk kwkwkwk

      Hapus
  2. Wih fakta semua ini bukan hoax :D .
    Materinya juga lengkap ini mbak

    BalasHapus
  3. Untung mak vee baik hati ngasih tahu ada acara ini.. Lumayan bisa nambah ilmu...👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihiiiyy chefnya juga baik kokk yaa detail banget jelasinnya

      Hapus
  4. Blanja apa aja mb disana??? Lengkap gitu pasti pengen shopping klo ke sana...
    Btw, Mb Vee blognya banyak yah...

    BalasHapus