Pertanyaan untuk Pecinta Kopi di Tanya Kopi


Hal pertama yang Makvee cari dari kopi dan selalu Makvee tanyakan di kedai kopi manapun adalah Kopinya adanya apa kak, kalau disitu berjenis Arabika semua, udah deh kelar Makvee minum teh manis anget aja dah. Lhoh kenapa emang dengan Arabika emang? Teman-teman pembaca Makvee story mungkin sebagian besar udah tahu perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Pecinta kopi umumnya mengetahui perbedaan paling dasar dan otentik antara biji kopi robusta dan arabika. Namun pasti ada penikmat kopi yang belum mengetahui perbedaan antara keduanya dan kalau minum kopi dengan cueknya bilang “ah sik pentiing ngopi (ah yang penting ngopi). Ya beruntunglah dengan orang cuek nan sehat dan cocok di segala macam rasa kopi. Kalau Makvee karena lebih kepada alasan kesehatan. Kopi Arabika memiliki rasa yang lebih kaya, beberapa Arabika bahkan sangat asam dan ada cita rasa buah. Nikmat sihhh nikmat, tapi yang nikmat belum tentu menjadi semangat.

"Mengutip Kata Bung Fiersa Besari “Baik, belum tentu baikan. Sama, belum tentu bersama. Tetap, belum tentu menetap.Tinggal, belum tentu tak meninggalkan.”

Arabika memang lezat tapi apa daya aku tak berjodoh denganmu. Iya iya segala sesuatu memang pasti ketemu jodohnya kok nanti eaaaa apasih.

Nah, selain cita rasa, kopi arabika dan robusta memiliki tekstur, cara menanam, dan mengolah yang tentu berbeda. Kopi Arabika memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan Robusta. Beberapa efek kopi terhadap fisiologi lambung, diantaranya meningkatkan produksi asam lambung, melemahkan kontraksi sfingter bawah esofagus (pintu yang mencegah isi lambung naik lagi ke atas), memperlambat pengosongan lambung. 

Itulah yang Makvee rasakan ketika minum Arabika kopi rasanya kemudian mual dan perut seperti terisi banyak gas. Wuhhh udah kelar kalau kayak gitu Makvee bisa mual dan rasanya seperti mau kentut tapi tak keluar sungguh menyesakkan jiwa, lebih sesak daripada mengetahui kenyataan kamu dibohongi dan diduakan eaaaaa hahhaha.

Maka dari itu Robusta adalah kopi yang cocok untuk Makvee. Rasanya monoton cenderung pahit dan dark namun aman untuk Makvee. Kebetulan banget nih Makvee lagi nyobain satu kedai kopi baru yang emang hits banget di Jogejah tercinta ini.

Tanya Kopi


Tanya kopi adalah kedai kopi express yang beralamatkan di Jalan Lembu Andini Pakuncen, Wirobrajan yang berdiri sejak 20 Juli 2019. Makvee pun bertanya kepada Mas Endi Owner dari Tanya Kopi menurut beliau “Awal berdirinya Tanya Kopi adalah saat Endi, Owner dari Tanya Kopi melakukan perjalanan ke daerah Surabaya-Malang dan melihat bagaimana perkembangan peracikan dan kedai kopi di kota-kota tersebut” yang kemudian terpikirlah untuk memulai usahanya di Kota Pelajar Yogyakarta. 




Tanya kopi bukan sembarang kedai kopi, menyuguhkan variasi berbagai minuman es kopi susu dengan berbagai varian mulai dari es kopi susu ori hingga es kopi susu aren, hazelnut, tiramisu dan caramel.






Selain kopi, kedai ini juga menampilkan berbagai variasi menu diantaranya Anti Kopi bagi orang orang yang Anti ngopi-ngopi club tenanggg kalian tidak akan merasa diasingkan disini yhakannn ada menu andalan macam Matcha, Taro dan Redvelvet. Lengkapkannn 



Mengusung konsep kopi kekinian express, Tanya Kopi tetap menjunjung kualitas produk yaitu dengan menjaga bahan baku yang digunakan berupa fresh bean dan juga rasa, itu membuktikan bahwa tanya kopi tidak sama dengan kopi kekinian yang lain, karena dengan harga yang ditawarkan cenderung murah dibandingkan kedai kopi kekinian yang lain. Betul banget sih apalagi ternyata bahan kopinya itu robusta jadi pas dan aman bangetlah di perut Makvee.








Segmen Tanya kopi adalah pelajar dan workaholic karena cita-cita Tanya Kopi sendiri adalah menemani setiap aktivitas TemenTanya dalam berbagai waktu baik waktu belajar, dijalan dan juga pada waktu bekerja.

Selain tanya kopi di kedai tersebut juga terdapat Tanya Buah yang menyediakan Fresh Juice dan juga minuman segar dengan variasi buah didalamnya, seperti orange juice, es lecy tea, Telang tea dll, tak hanya minuman di kedai ini juga menawarkan jajanan additional setiap bulannya yang mereka sebut Tanya Jajan dengan menu andalannya bulan ini adalah Bakso goreng Pedas dengan harga terjangkau mulai dari 5.000 – 10.000



#InginSegeraBertanya merupakan tagline Tanya Kopi dengan berbagai pertanyaan dibalik cup tanya kopi, bagaikan Pandora Box yang membuat customer akan menebak-nebak pertanyaan tersebut, atau dapat dijadikan sebagai ajang dalam mencurahkan perasaan bagi customer dengan menjawab berbagai pertanyaan kejutan dari Pandora Box Tanya Kopi dan membagikannya via instastory. Pertanyaan yang diajukan kadang Jlebb gitu seperti menjawab pertanyaan dari permainan Truth and Dare hufttt kwkwkwkw Kopi yang cocok sebagai dopping pasca pemulihan patah hati dibohongi, dikhianati, disakiti bertubi-tubi. Dalam setiap pertanyaan pasti ada jawaban dan dari setiap masalah pasti ada solusi.

Makvee rekomendasikan tempat yang sans dan chill ini buat kalian semua yang berada di Yogyakarta, kota  yang menanam kenangan ini. Ingat ya kenangan yang ditanam yang baik-bak saja, seperti halnya menanam karma, tanamlah karma baik.

Cusss ada banyak hadiah menarik bagi customer yang menjawab pertanyaan Pandora Box Tanya Kopi paling unik dan menarik, yaitu kopi gratis dari Tanya Kopi setiap Minggunya. Jadi kapan kamu ke Tanya Kopi? Tanya aku ajak aku yukkk.



x

7 komentar:

  1. Mbak saya mau Tanya Kopi dong!!! Bikin segerrrr...

    BalasHapus
  2. Asyik banget ya menu & tempatnya. Ketoke ga jauh dari rumah. Gaasss ahhhh 😄

    BalasHapus
  3. Woh, baru tahu kalau efek arabika spt itu..kl aku pernah nyicip yang arabika, suka aromnya, memang ada rasa masam dan aroma buah juga. Cuma rasanya pahit .hihi...tanya kopi ini memang enak. Suka yang pakai gula aren. Manisnya pas...kalau yang tanya buah suka yang galaxy. Warnanya cantik, rasanya enaak...

    BalasHapus
  4. Selama ini aku belum bisa menikmati kopi. Mungkin karena memang enggak hobi yaa.. hahaha.. Sepertinya perlu dicoba nih ke Tanya Kopi :)

    BalasHapus
  5. Makvee makasih ilmunyaaa... Baru tau beda arabika sama robusta. Kalok kopi campur aren, kek mana ya rasanya? Kemarin Makvee pesen yang mana?

    BalasHapus
  6. Kualitas produk yang dijaga dengan pake fresh bean sebagai bahan bakunya emang penting banget sih Mbak. Biar nggak sekedar ngopi ala ala juga

    BalasHapus
  7. Thanks cinta ilmu perkopiannya, duh aku yg lattelovers malah ga tau ginian. Yg kutau cuma bau kopi yg mengesankan dan ada di sebagian cerita nostalgiaku.

    BalasHapus