Sehat dan Bersih Saat Menstruasi Bersama Betadine Feminine Hygiene


Hai, sahabat vacationers Makvee mau cerita as always ya, kalau Makvee baru saja menghadiri acara yang diadakan Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia dan Mundipharma Indonesia Ajak Perempuan Indonesia Praktikkan Manajemen Kebersihan Menstruasi bekerjasama dengan Betadine Indonesia


Acara ini berlangsung dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 



Senada dengan peringatan Hari Kebersihan Menstruasi ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat  dan sesuai kebutuhan.

Btw, teman-teman vacationer Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid mengatakan, "Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting buat Makvee dan buat para vacationer semua dan persiapan agar anak perempuan kita nanti dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. 

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat. S

Meski pengetahuan mengenai MKM sangat penting bagi perempuan, data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke; hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya. Ironisnya ibu justru menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan; hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari; dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Maka pengetahuan soal menjaga kebersihan vagina, dan menjaga kebersihan saat menstruasi agar terhindar dari keputihan dan menjaga kesehatan reproduksi.

Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH menjelaskan, "Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM di antaranya membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala; menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi; menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik; serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter."

Lebih lanjut Prof. Dwiana menerangkan, "Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu dengan membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar; hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan; gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina; cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina; menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur."

Ditambahkan oleh Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memaparkan, "Anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat, padahal berharap bisa membicarakan hal ini dengan ibunya. Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi. Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak : 
(1) Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar; 
(2) Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya; 
(3) Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap; 
(4) Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan; 
(5) Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi; 
(6) Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan; 
(7) Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi."

Betadine mendukung langkah ini, melalui Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menyampaikan, "Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi."

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari-hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. Dijamin sih para perempuan vacationer yang lagi datang bulan atau setelah datang bulan bakalan terhindar dari keputihan, iritasi vigina, mengalamai gatal di vagina, dan bau tak sedap vagina. Semua aman jika menggunakan BETADINE Feminine Care, karena carenya memang beneran.

BETADINE  Feminine Hygiene


BETADINE adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah merek tepercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan, dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar. BETADINE Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari-hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. 


Untuk sehari-hari, BETADINE Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari-hari. Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE Feminine Hygiene dengan Povidone-Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi. Mudah banget mendapatkan BETADINE Feminine Wash dan BETADINE Feminine Hygiene bisa di supermarket kesayanganmu atau bisa langsung ke marketplace Shopee dan Tokopedia. 
 
Terima kasih Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia dan Mundipharma Indonesia Ajak Perempuan Indonesia Praktikkan Manajemen Kebersihan Menstruasi bekerjasama dengan Betadine Indonesia semoga acara-acara seperti ini dapat terus diagendakan dari waktu ke waktu.

23 comments

  1. Penting banget nih untuk para perempuan dan anak remaja perempuan untuk tau informasi lengkap seputar MKM ini..

    BalasHapus
  2. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
  3. Penting banget menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi ya Kak? Alhamdulillah dapat ilmu dan pencerahan saat webinar ini.

    BalasHapus
  4. betadine peduli dengan kebersihan menstruasi dengan menghadirkan webinar ini. ilmunya bermanfaat banget

    BalasHapus
  5. Thank you informasinya mam... Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  6. luar biasa ya materinya, jadi makin paham tentang menstruasi, dan ternyata penting untuk lebih aware sama kebersihan dan kesehatan organ intim terutama pas menstruasi :)

    BalasHapus
  7. Isi webinarnya membuka mata saya untuk lebih menjaga kebersihan dan kesehatan miss V saat menstruasi maupun tidak. Pengetahuan yang bisa saya jadikan bekal untuk menjadi ibu kelak.

    BalasHapus
  8. Aku juga pake betadine mba, soalnya aku juga disarankan buat rutin bersihin pakai antiseptik soalnya aku sensitif

    BalasHapus
  9. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
  10. Bener, dasarnya memang di ibu ya. Seorang ibu mesti membekali dirinya dengan cukup pengetahuan tentang menstruasi, juga cara mengomunikasikannya.

    BalasHapus
  11. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  12. benar sekali mbak, Betadine ini produknya lengkap ya
    bisa membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya

    BalasHapus
  13. Bener banget, aku setuju, produk Betadine ini bener bener melengkapi kebutuhan dan spesifik banget menyesuaikan permasalahan perempuan seputar area v

    BalasHapus
  14. Waah tenryata hanya 5 dari 10 anak yang rajin ganti pembalut sesuai anjuran ya kak
    PR banget ini untuk setiap ibu memberikan pengertian ke anak perempuannya agar lebih perhatian saat menstruasi

    BalasHapus
  15. Jujur jadi dapat ilmu baru dan momen aha kok aku baru tahu ya. Zoominar yang keren membahas hal-hal yang terkesan tabu padahal perlu banget untuk dibahas. Thank you for sharing

    BalasHapus
  16. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.
    Biar anak lebih siap menghadapi menarke nantinya

    BalasHapus
  17. Tiap buang air juga ga betah kalo ga ikutan ganti walopun masih sedikit hihi

    BalasHapus
  18. Materi webinar ini bakalan aku inget terus sih sampe kapanpun, karena selain bermanfaat buatku sendiri, ini juga bisa jadi bekal ilmu untuk anak-anak ku kelak, aamiin.

    BalasHapus
  19. Poin-poin yg perlu disadari bahwa ngomongin menstruasi itu bukan tabu, penting sekali!
    Kenapa kok banyak orang yg merasa risih ya, padahal dengan menghindar justru hanya akan tenggelam dalam informasi yang salah dan akhirnya jauh dari fakta yg sebenarnya

    BalasHapus
  20. Peran Ibu memang penting bgt untuk memberikan informasi apapun kepada anak2nya, apalagi utk perempuan di saat mereka menstruasi nanti.

    BalasHapus
  21. Hallo kak Agata informasinya lengkap dan bermanfaat ka. Webinar yang sarat dengan misi positiv semoga semakin banyak yang tercerahkan. Saya sendiri menjadi tercerahkan soal pembersih kewanitaan yang juga ada yang aman ini.

    BalasHapus
  22. Produk pembersih kewanitaan dari Betadine lengkap juga ya mb, mb udah coba yang mana kah?

    BalasHapus
  23. Mama ku dulu termasuk yg ga terlalu mau bicarain menstruasi gini, Krn beliau sendiri kayak risih. Aku malah diajarin dari babysitterku mba.

    Makanya aku ga pengin anakku JD buta samasekali. Dia hrs diajarin gimana nanti kalo sudah dapat haid pertama.

    Betadine ini produknya msh kupake loh sampe skr. Awalnya pake yang khsus menstruasi. Tapi kemudian beli juga yg daily use. Segeeer makenya. Apalagi kalo udh seharian keluar, keringetan, wajib lah pale pembersih kewanitaan.

    Kalo tisu basah wanitanya aku slalu bawa tiap traveling. Trutama kalo jalan ke negara yg mana ceboknya cuma pake tisu . Ga bisa aku mba :p. Ngerasa ga bersih. Makanya tisu basah wajib ada. JD ngerasa bersih aja tiap saat

    BalasHapus