Vitamin C yang Bagus untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Hai, hai, sahabat cerita Makvee, jumpa lagi dengan Makvee yang lagi peduli banget soal kesehatan, kali ini Makvee mau bahas soal vitamin C yang sekarang ini jadi konsumsi wajib untuk menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin C atau asam askorbat (ascorbic acid) adalah vitamin yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C. Di masa pandemi ini vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun ternyata tidak hanya menjaga daya tahan tubuh, kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh manusia mengalamit penyakit skorbut atau scurvy. Manfaat besar vitamin C lainnya adalah vitamin C memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Vitamin C berperan penting dalam berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh, pembentukan kolagen, protein, neurotransmiter, dan meningkatkan penyerapan zat besi, menjaga dan mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh seperti yang Makvee sebutkan di awal tadi.

Btw, nih gaes, Vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kita sangat perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti pisang, apel malang, manga, jeruk, kiwi, cabai, tomat, stroberi, belimbing, kedondong, duku, serta sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, labu siam dan lain-lain.

Ada beberapa hal yang harus banget kamu perhatikan sebelum menggunakan vitamin C:

  1. Perhatikan alergi di tubuh, jangan sampai asal minum Vitamin C tanpa tahu kondisi tubuh dan alergi yang menyertainya
  2. Sebaiknya konsultasi ke dokter jika ragu dalam mengonsumsi vitamin C agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Karena Vitamin C perlu resep dokter untuk orang yang memiliki hemokromatosis, defisiensi enzim G6PD, atau penyakit ginjal, seperti batu ginjal.
  3. Sebaiknya konsultasi ke dokter tentang konsumsi vitamin C jika kamu sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  4. Sebaiknya konsultasi ke dokter tentang konsumsi vitamin C jika kamu sedang dalam masa pengobatan, mengonsumsi suplemen lain, produk herbal, atau obat-obatan.
  5. Dan yang paling penting, segera hubungi dokter jika saat mengonsumsi vitamin C kamu mengalami reaksi alergi obat, overdosis, atau efek samping serius.

Dosis dan Aturan Konsumsi Vitamin C (Asam Askorbat)

Nah, yang perlu digarisbawahi juga adalah bahwa dosis vitamin C itu berbeda-beda tergantung usia, dan tujuan penggunaannya, makanya asal minum vitamin C saja itu bener-bener Big No sih buat Makvee. Walaupun memang tujuan minum vitamin C tentu saja untuk menjaga kesehatan dengan menjadikannya suplemen makanan. Berikut ini dosis vitamin C yang tepat sesuai usia.

  • Dewasa membutuhkan vitamin C 50–200 mg per hari.
  • Anak-anak membutuhkan vitamin C 35–100 mg per hari.
  • Bayi usia 0–5 membutuhkan vitamin C bulan: 40 mg
  • Bayi usia 6–11 bulan membutuhkan vitamin C 50 mg
  • Anak usia 1–3 tahun membutuhkan vitamin C 15 mg
  • Anak usia 4–6 tahun membutuhkan vitamin C 25 mg
  • Anak usia 7–9 tahun membutuhkan vitamin C 45 mg
  • Anak laki-laki usia 10–12 tahun membutuhkan vitamin C 50 mg
  • Anak laki-laki usia 13–15 tahun membutuhkan vitamin C 75 mg
  • Laki-laki usia 16–80 tahun membutuhkan vitamin C 90 mg
  • Anak perempuan usia 10–12 tahun membutuhkan vitamin C 50 mg
  • Anak perempuan usia 13–15 tahun membutuhkan vitamin C 65 mg
  • Perempuan usia 16–80 tahun membutuhkan vitamin C 75 mg
  • Ibu hamil membutuhkan vitamin C 85 mg
  • Ibu menyusui membutuhkan vitamin C 120 mg

Baca juga Review Jujur Pond's Bright Beauty Triple Glow Serum

Makvee sendiri juga mengonsumsi vitamin C, sejauh ini vitamin C yang Makvee konsumsi ini adalah vitamin C yang bagus menurut Makvee karena tidak bikin mual. Vitamin C yang Makvee ini produk keluaran dari Natural Farm

Jujurly, Makvee lumayan pemilih soal vitamin, karena ya ada vitamin C yang bikin mual dan untuk beberapa orang memang ada vitamin C yang membuat mual. Yeah kebanyakan vitamin C dalam bentuk asam askorbat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dikarenakan sifatnya yang asam. 

Nutriwell Vitamin C (buffered) merupakan formulasi vitamin C dengan mengkombinasikan asam askorbat dengan kalsium, magnesium yang dikenal sebagai basa. Nutriwell Vitamin C (buffered) menjaga keseimbangan ph tubuh,  sehingga lebih nyaman di lambung dan mengurangi resiko gangguan gastrointestinal. Kandungan bioflavonoid akan meningkatkan penyerapan dan kerja vitamin C.

Manfaat Nutriwell Vitamin C (buffered)

  • Meningkatkan daya tahan tubuh & sebagai antioksidan
  • Membantu pembentukan kolagen
  • Membantu mengatasi aterosklerosis
  • Adanya kandungan Bioflavonoid meningkatkan penyerapan dan kerja vitamin C di tubuh
  • Aman untuk lambung
  • Aturan minum Nutriwell Vitamin C (buffered)
  • 1 tablet per hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter

Warning!

Vitamin C dalam bentuk minum (tablet, kaplet, bubuk, sirup) dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Jangan mengonsumsi vitamin C berlebihan dengan alasan klise macam agar kulit halus dan lain-lain. Mengonsumsi vitamin C juga baiknya dibarengi dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang tepat. Patahkan mitos bahwa vitamin C dapat menyembuhkan flu dan batuk. Bukan begitu konsepnya gases, lebih kepada mengonsumsi vitamin C secara rutin itu untuk mencegah munculnya flu, dan dapat membantu mempercepat pemulihan saat flu melanda.

Asupan vitamin C dari vitamin dan suplemen tidak dapat menggantikan asupan vitamin C dari makanan. Sebisa mungkin, tetap menjaga pola makan dan cukupi asupan vitamin C dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi, contohnya manga, jeruk, lemon, dll.

Baca juga Menjaga Personal Hygiene untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Demikian cerita Makvee ini soal vitamin C, sudahkan kalian minum vitamin hari ini. Jaga kesehatan ya teman-teman semuanya. Cheers.

0 comments