Hari Pertama Puasa bagi Ibu Hamil

Ramadan telah tiba, saatnya bagi seluruh umat Islam untuk menjalani ibadah puasa. Namun ternyata setelah Makvee baca dari berbagai artikel ada beberapa orang yang diperbolehkan untuk tidak puasa. Kebetulan Makvee sendiri beragama Katolik, tapi Makvee juga memiliki banyak teman yang beragama Muslim jadi sedikit banyak mengerti tentang ibadah puasa yang dilaksanakan.

Makvee tahu bahwa perempuan hamil, dan perempuan menyusui mendapatkan kebebasan untuk tidak mengikuti puasa. Tapi kebahagiaan menyambut lebaran pasti dirasakan semua orang. Termasuk Ibu hamil yang tentunya ingin ikut menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah.

Jadi menurut medis Ibu hamil boleh puasa atau tidak sih?

Yeay!!! Kabar Gembira untuk para Ibu hamil. 

Ternyata selama ibu dan kandungan dinyatakan sehat oleh dokter kandungan, ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa, dengan syarat yang harus dipenuhi yaitu pada saat sahur dan berbuka ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi termasuk konsumsi vitamin yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Perhatikan Gizi dan Pola Makan Saat Sahur dan Berbuka

Ketika sahur dan berbuka, ibu hamil harus tetap memperhatikan pola makan yang baik bagi ibu dan kandungan. Mengutip dari Asian Parents Ibu Hamil wajib memilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, vitamin, serat dan mineral. Tetap ingat bahwa  saat puasa gizi janin dalam kandungan harus tetap terpenuhi.

Ibu Hamil yang Tidak Diperbolehkan Puasa dengan kategori sebagai berikut:

1. Ibu Hamil Pengidap Diabetes Melitus

Ibu hamil dengan diabetes harus menjalani pola hidup yang cukup baik agar tekanan gula darah tetap stabil. Jadi jangan memaksakan diri puasa kalua Dokter sudah say no ya bu ibu.

2. Ibu Hamil yang Mengalami Flek atau Pendarahan

Pada saat sedang mengalami flek atau pendarahan, disarankan ibu hamil tidak melanjutkan puasa. Darah yang berkurang akibat flek bisa mempengaruhi janin apalagi ditambah Ibu memaksakan untuk puasa, again is a big NO NO NO!

3. Ibu Hamil dengan Gangguan Sistem Pencernaan

Jika ibu hamil sedang mengalami penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, misalnya maag, dan asam lambung yang menghantui banyak manusia di dunia.

4. Ibu Hamil yang Mengalami Dehidrasi

Ibu hamil yang mengalami dehidrasi akibat morning sickness juga dilarang untuk puasa. Karena ini akan menambah parah dehidrasi dan menyebabkan penyakit yang lebih parah apabila memaksakan diri puasa.

Menu Sahur Pertama Bagi Ibu Hamil

Menu sahur pertama bagi Ibu Hamil bisa menggunakan menu yang simple dan tidak ribet namun bergizi baik dengan sususan nutrisi sebagai berikut

Sahur ala Western Food

Salad Apel dan Melon, Potato Wedges, Vegetable Omelette, Grill Sausage Blackpepper, Saute Brocolly atau Spinach, Susu, Air Putih, Pudding Cokelat

Sahur Indonesian Food

Buah Pisang atau Pepaya, Nasi Uduk, Ayam Goreng Suir, Tempe Kering, Kacang Goreng, Abon, Tumis Kacang Panjang dan Tauge, Teh Manis, Pudding Roti Tawar

Menu buka pertama bagi Ibu Hamil bisa menggunakan menu yang simple dan tidak ribet namun enak dan bergizi

Buka Puasa ala Western Food

  • Fruit Salad with creamy dressing
  • Cream Soup
  • Chicken Cordon Bleu
  • Blackforest Cake
  • Hot Tea/Coffee/Milk, Chocolate

Buka Puasa Indonesian Food

Buah Potong, Kurma, Kolak Pisang, Nasi Putih, Rendang Daging/Ayam, Daun Singkong rebus, Timun lalap, Sambal Hijau, Tempe/Tahu Goreng.

Demikian semoga membantu para Ibu Hamil yang akan menjalani ibadah puasa ya. Tetap sehat dan gembira. Cheers. 


0 comments