7 Manfaat Buah Kurma Baik Dikonsumsi saat Bulan Puasa

Kurma dalam Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris disebut date fruit atau date palm. Kurma masuk dalam golongan tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya tentu saja dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Buahnya dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Mengutip dari Wikipedia nama ilmiah kurma adalah Phoenix dactylifera dari famili Arecaceae.

Saat bulan Ramadan seperti ini kurma menjadi makanan pembuka wajib atau disebut juga takjil. Bisa dibilang kurma ini best seller saat Ramadan tiba. Tapi ternyata ada buanyaaak manfaat kurma yang memang tepat dikonsumsi sebagai takjil saat berbuka puasa. Agar makin semangat untuk menjadikan buah kurma sebagai appetizer berbuka puasa atau dijadikan kudapan sehari-hari.

1. Buah Kurma bermanfaat melancarkan sistem pencernaan
Manfaat kurma mirip dengan fungsi buah yang lain yaitu melancarkan pencernaan. Karena kurma memiliki serat yang baik sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg),
Kita bisa memasukkan kurma ke dalam makanan atau menjadikannya menu diet harian. Serat dalam kurma juga ampuh mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur.

2. Buah Kurma dapat mencukupi kebutuhan gizi dan kalori
Walaupun telah dikeringkan, ternyata buah kurma memiliki kadar kalori yang tinggi dibandingkan buah lain. Sangat mirip dengan buah kismis dan buah ara. Karbohidrat adalah kandungan terbesar dalam buah kurma, kemudian protein, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi Kesehatan daan menjaga imun tubuh.

3. Buah Kurma bermanfaat membantu melancarkan proses persalinan normal
Bagi Para Ibu yang sedang berpuasa ternyata mengonsumsi kurma selama masa kehamilan  dapat membantu para Ibu untuk dapat melahirkan secara normal. Lebih baik lagi dikonsumsi menjelang HPL. Wahhh mantap banget kalau kurma dijadikan cemilan harian  tidak hanya saat ramadan saja.
Efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi. Bahkan, dengan makan kurma tiap hari sebelum melahirkan, itu bisa juga mengurangi waktu persalinan!

4. Buah Kurma bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis
Ternyata selain baik dikonsumsi saat breakfasting. Manfaat makan kurma sebagai kudapan harian dapat menjaga tubuh dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat kurma yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi selain serat.

5. Buah Kurma bermanfaat untuk mengatasi sembelit
Serat sangat penting dalam meningkatkan kesehatan usus besar dan memperlancar buang air besar secara teratur. Serat larut dan tidak larut yang terkandung dalam kurma membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan membuat usus besar bisa bekerja dengan performa terbaiknya. Beberapa manfaat lainnya yang terkait dengan serat dan kesehatan usus adalah mengurangi risiko radang usus, kanker usus, dan wasir.

6. Buah Kurma bermanfaat untuk Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat dan Jadi Menu Tambahan dalam Diet
Buah Kurma yang rasanya manis, dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Makanya susu kurma cukup laris di pasaran selain rasanya enak juga menyehatkan. Buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang  dan membantu mengatur gula darah. Memang Kurma dapat masuk ke dalam beberapa menu, walaupun bisa dimakan langsung tapi  dikombinasikan dengan makanan menjadi lebih komplek dan sehat. Beberapa bahan makanan yang cocok dengan kurma seperti kacang almond, keju, smoothies, oatmeal, hingga ke dalam adonan biskuit.

7. Buah Kurma bermanfaat untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang
Selama berpuasa tentu tubuh akan mengalami kekurangan elektrolit terbatasnya makanan dan minuman yang dikonsumsi selama sahur dan bebruka. Menjadikan kurma sebagai appetizer atau takjil dapat membantu tubuh untuk memenuhi kadar elektrolit yang hilang.

Demikianlah 7 manfaat buah kurma yang Makvee rangkum dari berbagai pengalaman sekitar dan berbagai sumber. Tentunya ada banyak manfaat buah kurma lainnya selain 7 hal yang Makvee sebutkan tadi.

Buah kurma tidak diragukan lagi membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, selain itu tubuh manusia juga membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Polifenol dan serat ada di dalam kurma tentunya baik untuk menjaga imunitas selama berpuasa dan masih di masa pandemi ini. Sudahkah kamu makan kurma hari ini. Stay Healthy, Stay Happy, Cheerrs.

 

 

0 comments