Bangga Menjadi Marketing Communication Specialist

Saya bangga menyebut diri saya seorang Marketing Communication Specialist. Pekerjaan saya tentu berkaitan dengan membuat iklan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, kegiatan-kegiatan PR, presentasi sales, sponsor, aktivitas online, dan lainnya.  

Hal paling penting
saat menjadi marketing communication specialist adalah mengetahui cara pemasaran kepada segmen yang dituju. Prinsipnya sama seperti Social Media Specialist yang bertanggung jawab untuk merencanakan, menciptakan, dan membuat strategi yang diterapkan di berbagai platform media sosial sebuah perusahaan.

Seorang Marcom Specialist juga harus mengerti dalam menyediakan dan menyesuaikan konten tersebut ke setiap jenis media sosial. Konten-konten yang dibuat tentunya untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat marketing online, dan mendorong angka penjualan perusahaan menjadi lebih baik lagi. Seorang Marcom Specialist juga dituntut untuk membuat konten harus kreatif agar pesan atau promosi yang ingin disampaikan dapat menarik minat calon pembeli.  Menjalin hubungan baik melalui media sosial dengan pelanggan juga harus dijaga demi mempertahankan konsumen dan memperoleh konsumen baru.

1. Social Media Addict
Wah anaknya FOMO (Fear of Missing Out) memang sebagai Marcom Specialist jangan sampai kudet, sebagai seorang Marcom Specialist saya memang harus minat yang tinggi dalam menggunakan media sosial. Seorang Marcom juga harus peka tentang topik yang sedang hangat dibicarakan atau sesuatu yang sedang tren agar konten bisa up to date dan kekinian. Menyukai media sosial merupakan hal yang paling penting dari pekerjaan ini,

2. Memiliki Skill Komputer atau Desain
Seorang Marcom Specialist juga harus memiliki minat dengan media sosial, tentunya seorang Social Media Specialist tidak boleh gaptek dan harus fasih dan memiliki pemahaman komputer dan sofwarenya.

3. Kemampuan Berkomunikasi Baik
Seorang Marcom Specialist juga dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Memilih kata dan cara promosi adalah kunci kesuksesan dari sebuah promosi. Ini juga dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan atau siapapun yang ditemui. Seorang Marcom Specialist juga dituntut memiliki kemampuan negosisasi yang baik dengan melakukan pendekatan secara langsung maupun pendekatan komunikasi secara virtual dengan tulisan, SEO, editing, dan lain-lain.

Demikian 3 hal penting menurut saya yang harus dimiliki oleh seorang Marcom Specialist, percayalah saya juga masih terus belajar dari waktu ke waktu. Salah itu biasa, tapi kita wajib belajar dari kesalahan dan mengubahnya menjadi lebih baik.

0 comments