Curhat Hari Ini : Mata Saya Bintitan

Curhat saya hari ini,

Di Trimester 2 kehamilan finally saya mengalami bintitan. Yess menurut dokter  bintitan terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan dan fluktuasi tekanan darah. Penyakit mata bintitan atau hordeolum infeksi pada folikel bulu mata atau kelenjar terdekat dari mata. Di mana bintitan dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja, termasuk saat sedang hamil. Memang selama hamil ingin tetap cantik dengan make up, apalagi saya yang hobi pake eyeliner. Nah mungkin ketika bermake up tangan saya kurang bersih, ditambah menggunakan eyeliner yang cukup sering mungkin saya lali tidak bersih membersihkannya dan karena hal inilah yang dapat memicu adanya bakteri masuk ke kelopak mata.

Rasanya gimana?

Kondisi Mata setelah pake salep

Pedih-pedih gemes dan malu gitu bund bukan lagi. Sebel banget karena hampir 10 harian si bintit nangkring di mata kanan saya.

Tapi sebenarnya apa sih bintitan itu?

Ya, bintitan atau hordeolum adalah kondisi ketika bintil kecil mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Bintitan sering kali terjadi di kelopak mata bagian luar atau bisa juga tumbuh di bagian dalam kelopak mata. Untuk kasus saya bintitan berada di luar kelopak mata

Jenis hordeolum 2 jenis, yakni:

  1. Hordeolum kalazion
    Hordeolum kalazion merupakan hordeolum yang sudah mengeras dan tidak aktif. Penyebabnya karena infeksi yang menetap dalam waktu lama.
  2. Hordeolum internal
    Jenis bintitan ini terjadi ketika infeksi berada di dalam garis bulu mata dan biasanya ukurannya lebih besar daripada hordeolum eksternal, sehingga lebih terasa mengganjal.

Meski pun tidak berbahaya, ternyata penyebab mata bintitan yang terjadi pada ibu hamil seperti saya yaitu adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan menyerang kelenjar dalam mata. Pada area mata tersebut terdapat kelenjar minyak yang bisa tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran dan kelebihan minyak. Jika kelenjar minyak tersumbat, berbagai bakteri seperti Staphylococcus aureus yang menyebabkan timbulnya benjolan di kelopak mata ibu hamil. Namun infeksi karena bakteri ini dapat terjadi karena beberapa faktor, di antaranya kurang menjaga kebersihan seperti tidak membersihkan bekas kosmetik pada mata sebelum tidur, that I say si hobi make up kadang lupa ngehapus make up.

Penyembuhan bintitan sesuai saran dokter dan yang saya lakukan

Menjaga kebersihan mata yang bintitan. Termasuk tidak sering-sering memegang mata.

Mengompres kelopak mata dengan air hangat 2-4 kali sehari, dengan handuk atau kantung plastik isi air hangat atau yang sudah direndam air hangat.

Memakai salep yang diresepkan dokter

Sekarang bengkaknya sudah sangat berkurang walaupun masih ada benjolan di mata. Inilah keseruan saya selama hamil trisemester 2, dijalani dengan gembira, benar memang hamil itu seperti naik roller coaster, berdebar-debar, tapi seru dan surprise melihat perkembangan janin dari ke hari. Salam Sehat. 

0 comments