Menu Sahur Praktis dengan Olahan Telur

Bulan Ramadan identik dengan sahur, ngabuburit, dan buka puasa. Sahur, atau disebut juga Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam Bahasa Arab, adalah sebuah istilah yang berkaitan dengan agama Islam yang merujuk pada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan.

Sahur selalu seru, karena banyak cara orang dalam membangunkan sahur. Ada yang menggunakan TOA Masjid, ada yang berkeliling berkolompok sambil memukul kentongan, ada juga yang membawa sound system lengkap keliling kampung untuk mengingatkan masyarakat agar bangun dan jangan sampai kelewatan sahur.

Di masyarakat perkotaan juga sedang musim Sahur On The Road, biasanya dilakukan berkelompok, misal Komunitas Motor Gedhe, Komunitas Mobil, dan Komunitas Sepeda, ada juga kelompok Bapak-bapak yang mengadakan Sahur On The Road sambal membagikan makanan untuk sahur kepada kelompok marjinal dan tunawisma di jalanan.

Ternyata dari satu hal saja bisa membawa Sahur pada banyak hal salah satunya tentang tipe orang saat makan sahur. Ada orang yang memilih untuk cepat-cepat makan sahur agar bisa tidur lebih cepat jadi tidur is number one, atau ada juga yang memilih sahur mepet waktu imsak. Menurut Makvee sih ya Sahur kan ibarat kata menukar waktu sarapan menjadi lebih pagi, walaupun Makvee tidak menjalankan ibadah puasa tapi ada aturan Batasan untuk makan sahur, baiknya sebelum waktu Imsak tiba. Dari pengalaman teman-teman Makvee yang menjalankan puasa memang sebaiknya berbuka puasa mendekati waktu Imsak. Beberapa dokter gizi juga menyarankan sahur sebaiknya dilakukan mendekati imsak supaya jarak dengan berbuka tidak lebih dari 13-14 jam.

Lalu, menu apakah yang tinggi kalori dan sehat serta membuat kita kuat berpuasa selama 13-14 jam.

Kalau kata makvee, sebagai emak-emak baru. Menu paling mudah dan singkat, sehat serta berkalori adalah olahan telur. 

Mudah sekali semisal menu pertama adalah balado telur, menu sahur hari berikutnya adalah semur telur, hari berikutnya lagi omelette, hari berikutnya orak-arik telur dengan wortel buncis, kemudian berikutnya bisa membuat ceplok telur bumbu rujak. 

Hari berikutnya opor telur, kemudian telur asam manis, bisa juga menyediakan telur asin, atau telur juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan masakan semisal capcay sayur, yang lebih enak lagi ada telur kuah kari, kuahnya bisa ambil dari sisa rebusan ayam.  Termantap favorit Makvee adalah Pizza Telur, akan sedikit Makvee bahas ya resepnya semoga jadi inspirasi untuk teman-teman sekalian

Resep Pizza Telur atau EGG Pizza

Bahan :

– 6 butir telur

– 200 gram keju parut mozzarella

Bahan topping :

– 170 gram keju parut

– 5 sendok makan saus tomat atau sesuai selera

– Jamur (sesuai selera)

– Sosis (sesuai selera)

– 1 sendok teh dau oregano (optional)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven pada suhu lebih kurang 200 derajat celcius.
2. Campurkan telur dan keju mozzarella dalam baskom yang agak besar, selagi menunggu oven panas.
3. Siapkan loyang yang dilapisi kertas kue. Tuang adonan ke dalam Loyang kemudian ratakan ke semua permukaan. Lalu Oven selama 15 menit hinnga berwarna keemasan. Keluarkan dan tunggu hingga dingin selama 5-10 menit, karena kalau dioven kemungkinan dinginnya lama bisa dicelupkan ke pinggan isi air.
4. Lalu, Oleskan saus tomat dan taburkan keju parut, jamur, sosis, dan daun oregano
5. Panaskan lagi di oven pada suhu 225 derajat celcius. Panggang lagi selama 5-10 menit hingga berwarna cokelat keemasan
6. Welldone, keluarkan dari oven, potong-potong sesuai selera, sahur premium berbahan telur siap dinikmati selagi hangat.

Menu mudah olahan telur bisa didapatkan di mana saja, kalau Makvee paling sering nyari resep masakan di Youtube. Semangat berpuasa ya teman-teman, lancar selalu ibadahnya. Stay healthy and happy, cheeers.

 

 

0 comments