Pilih Belanja Online Sejak Pandemi

Saya sadar betapa menguntungkannya belanja online sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia. Pandemi telah mengubah saya dan mungkin manusia lain dalam kehidupan. Semuanya terpengaruh mulai dari aspek kesehatan, politik, sosial budaya, pendidikan, dan ekonomi. Sampai hari ini saya masih belanja online, kecuali untuk belanja kebutuhan sehari-hari saya ke pasar itupun diusahakan hanya seminggu 2 kali. Belanja Bulanan kadang belanja sebulan sekali atau kadang nyetok 3 bulan sekalian.

Ada banyak keuntungan belanja online dan tentu saja ada juga kerugian yang ditimbulkan akibat pasar digital ini, tapi kali ini saya akan bahas kelebihannya terlebih dahulu

  1. Praktis, Mudah, dan Cepat
  2. Varian Produk Beragam dan Promo yang Variatif
  3. Mendukung Kemajuan Digitalisasi Ekonomi
  4. Praktis, Mudah, dan Cepat

Melalui belanja online semua serba praktis, mudah, dan cepat, saya hanya perlu di rumah dan tidak memerlukan banyak waktu untuk belanja online. Bisa belanja scrolling dimana saja. Selain menghemat waktu, berbelanja online juga tidak memerlukan biaya untuk sampai ke toko tujuan. Hemat waktu dan hemat bahan bakar.

Belanja online juga memiliki kemudahan dalam sistem pembayarannya. Kita bisa memilih berbagai cara untuk melakukan transaksi pembayaran dengan berbagai metode, seperti transfer via bank, minimarket, cicilan, dan bahkan dapat juga melakukan pembayaran di tempat saat produk sudah sampai di rumah.

Varian Produk Beragam dan Promo yang Variatif
Variasi jenis produk di online shop sangat banyak. Bahkan kita juga dapat menemukan produk yang kita cari dengan merk, kualitas, varian, dan harga yang beragam hanya dalam satu platform belanja online. Promo yang ditawarkan online shop juga buanyaaak, terutama free ongkirnya yang cukup menggoda.

Penawaran Harga yang Kompetitif
Tentu harga menjadi pertimbangan saya untuk melakukan pembelian suatu produk. Tentunya, harga yang murah adalah yang paling saya minati dan mungkin juga oleh konsumen lain. Online shop memang banyak menjual barang berkualitas dengan harga affordable yang kadang berbeda dengan toko konvensional.

Mendukung Kemajuan Digitalisasi Ekonomi
Mendukung kemajuan era digital, dalam hal ini digitalisasi ekonomi. Segala transaksi lebih mudah dan cepat di era digital. Membuat semuanya menjadi lebih terjangkau dari belahan dunia manapun


Saya memang lebih senang belanja online tapi belanja konvensional tetap saya lakukan, mengingat masih adanya orang-orang yang berjualan konvensional di pasar, pedagang kaki lima, pedagang asongan, dan pedagang kecil lainnya. Kemajuan juga harus tetap memperhatikan aspek humanis, dimulai dari kita sendiri.

0 comments