Bahagia dalam Hidup Karena Bersyukur


Mari kita bersyukur dan wujudkan dengan sepenuh hati dan sukacita. Kemerdekaan hati dapat membebaskan kita dari belenggu mencintai dan memerhatikan orang lain sebagaimana orang lain telah mencintai kita. Memberi salam sapa dan perhatian manis hanya kepada orang-orang yang se-ide atau yang sudah berbuat baik kepada kita sebagai balas budi itu yang dianggap lumrah. Kemerdekaan hati karena sudah dicintai sedemikian besar dan nyata dari Allah Sang Pemberi Kehidupan dapat membebaskan kita dari masa gelap dan berat yang kadang membelenggu hidup kita. Undangan dan kesempatan bagi kita untuk makin mewujudkan cinta dengan tulus dan sepenuh hati.

Orang yang sukses dalam urusan dunia belum tentu bisa sukses dalam urusan surga. Sedangkan orang yang sukses dalam urusan surga, sudah pasti sukses dalam urusan dunia. Misalnya saja, ada orang yang secara materi tergolong kurang, namun karena ia pandai bersyukur, maka yang materi kurang tersebut bisa terasa banyak. Akan tetapi, orang yang kurang bersyukur meskipun hartanya berlimpah, pasti akan selalu merasa kurang, ia seperti tak punya waktu untuk merenungi dari mana datangnya rezeki, sehingga hidupnya pun selalu dihantui rasa kekurangan.

Orang yang memiliki harapan tidak akan diliputi kegelisahan, kekhawatiran, dan ketakutan akan hidup atau kematian sekalipun. Iman yang menimbulkan harapan tumbuh karena orang kristiani menerima rahmat Allah (dari pengalaman hidupnya). Sukacita kristiani mendorong orang kristiani untuk selalu bersyukur. Bersyukur berarti menerima apa pun yang diberikan Allah kepada kita dengan hati gembira, dan membuka diri untuk ambil bagian dalam karya penciptaan Allah demi terwujudnya dunia yang lebih baik. Sukacita kristiani mendorong kita untuk berbuat sesuatu agar keadaan dunia ini, bangsa ini, masyarakat ini, komunitas ini, keluarga ini, menjadi lebih baik, menjadi lebih sesuai dengan kehendak-Nya.


Sudahkah kalian bersyukur hari ini?

0 comments