Skala Prioritas Saat Menerima Uang THR

THR? Tunjangan Hari Raya. 

Siapakah diantara kalian yang sudah menerima THR. Wah senang sekali ya uang melimpah menjelang hari raya. Btw, pemberian THR dari perusahaan ke pekerja atau pegawai diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan. Dalam PP tersebut, disebutkan bahwa setiap pengusaha wajib untuk memberikan THR kepada pekerja dan buruh paling lambat tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah (H).

Menerima THR setiap lebaran tentunya bisa membuat karyawan bersemangat untuk bekerja karena jadi hal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Ada dana THR ada juga keperluan Hari Raya. Ingat, ya buibu yang menerima atau memegang uang THR jangan boros.

Saya mau berbagi tips nih, walaupun THR saya saat natal tiba, tapi mirip-miriplah cara pengelolaannya

Skala Prioritas
Agar Uang THR tidak hanya lewat jangan lupa walaupun Hari raya tetap ada cost bulanan yang harus dikeluarkan

Sisihkan dulu uang untuk kebutuhan bulanan

  1. Bayar cicilan (bagi yang memiliki cicilan rumah, kendaraan, dan cicilan lainnya)
  2. Bayar Zakat (bagi umat muslim) atau siapkan Kolekte bagi saya yang beragama Katolik
  3. Menabung (menabung ini kalau tidak dipaksakan memang sulit tapi harus diprioritaskan)
  4. Sisihkan untuk bayar listrik
  5. Sisihkan untuk bayar air
  6. Sisihkan untuk bayar internet (bagi yang wifi di rumah langganan bulanan)
  7. Sisihkan untuk dana darurat

Selama Ramadan hingga menjelang Lebaran, harga kebutuhan pokok mengalami peningkatan yang tinggi. Maka, kalau saya belanja jangan saat lebaran karena harga kebutuhan bahan pokok sedang naik-naiknya. Biasanya saya membelinya jauh-jauh hari sebelum masa Ramadan tiba, seperti toiletries, detergen, pengharum pakaian, sembako, skin care, sudah dibeli jauh-jauh bulan sebagai stok.

Saya sendiri termasuk yang tidak addict baju baru saat hari raya, bagi saya hari raya itu yang dibutuhkan kebaruan hatinya bukan hanya yang baru lahirnya saja tapi hati masih sama, masih dengki masih belum bisa memaafkan maka ya bagi saya tetaplah tidak mengalami kebaruan. Saya biasanya kalau ahri raya tiba hanya mix and macth baju yang ada, jadi lebih hemat.

Tidak berbelanja berlebihan adalah bagian dari mencintai bumi juga lho, mengurangi emisi, dan hidup sederhana dan bijak. Kalau kue-kue sama seperti halnya belanja bulanan saya juga sudah stok jauh-jauh hari tentu dengan check masa kadaluwarsa yang ada.

Itulah tips dari saya semoga bermanfaat agar uang THR tidak hanya lewat. Stay healthy stay happy cheers.


0 comments