Tempat Ngabuburit Asyik Ala Makvee di Yogyakarta


Bulan Suci Ramadan telah  tiba. Ngabuburit adalah salah satu yang paling Makvee tunggu. Walaupun Makvee tidak turut menjalankan ibadah puasa, namun ngabuburit selalu jadi hal yang dirindukan setiap tahun.  

Ada banyak aktivitas di bulan ramadan yang selalu ada setiap tahunnya dan makvee rindukan. Salah satunya ngabuburit. Selama pandemi, aktivitas ngabuburit jadi lebih terbatas daripada sebelumnya. Yeay dan Makvee beryukur tahun ini berbagai aturan mulai dilonggarkan.

 Apa sih Ngabuburit?

Secara sederhana, ngabuburit artinya kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan ngabuburit sangat populer, khususnya di kalangan anak muda, namun semakin bertambah tahun tidak hanya anak muda yang menggemari ngabuburit tapi juga dari kalangan keluarga dan orang tua. Ngabuburit menjadi sarana untuk mengisi waktu saat menjalankan ibadah puasa ditambah para orang tua biasanya membuatnya menjadi acara reuni bersama teman-teman membuat ramadan jadi lebih terasa kebersamaannya.

 

Asal-Usul Kata Ngabuburit

Kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda. Bersumber dari Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit secara lengkap diambil dari kalimat "ngalantung ngadagoan burit" yang memiliki arti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Kata dasar dari istilah ngabuburit adalah "burit" yang berarti 'sore hari'. Hal ini dikarenakan kegiatan ngabuburit yang memang sering dilakukan pada sore hari menjelang jam berbuka puasa. 

Hal ini membuat banyak orang  yang berpendapat bahwa morfologi kata ngabuburit berasal dari kata "burit" saja sehingga bisa diartikan secara sederhana menjadi "menunggu waktu sore".

Nah kali ini Makvee akan memberikan rekomendasi tempat ngabuburit asyik di Yogyakarta dan Bantul

1. Teras Malioboro

Sumber Foto Republika

Memiliki beragam makanan yang murah ceria a.k.a murce dan lengkap. Tenang tidak perlu takut dithutuk atau istilah lainnya dimahalin. Karena sekarang ada sanksi bagi penjual nakal. Apagi kini Kawasan malioboro sudah tertata. Dan menurut Makvee tak lengkap  ngabuburit di Yogyakarta, tanpa pergi ke Malioboro yang wajib ada dalam wish list teratas. Selain jalan-jalan nih, pengunjung Malioboro juga bisa berwisata kuliner dan berbelanja. Apalagi saat ini  area pejalan kaki atau pedestriani menjadi lebih lega dengan adanya penataan Teras Malioboro 1 dan 2.

Nah sepaket dengan Kawasan Malioboro kita juga bisa melipir lho ke arah alun-alun kidul Yogyakarta. Alun-alun Kidul atau biasa disebut Alkid juga bisa menjadi pilihan tepat tempat ngabuburit di Yogyakarta. Ramai penjual makanan di Alun-alun kidul ditambah lagi banyak mainan-mainan menghibur yang selalu ramai dikunjungi orang-orang saat berada di Alkid. Iya! pernahkah kalian naik becak atau odong-odong warna warni, kalau belum buruan gaskeun ke Alkid. Berasa mengulang masa kecil deh. Plus sambil ngabuburit, kamu juga bisa mencoba salah satu aktivitas populer yang sudah jadi kebiasaan bahkan yaitu berjalan melewati pohon beringin kembar sambil menutup mata.  Menurut mitos yang beredar sejak Makvee kecil, bagi yang bisa melewati pohon beringin kembar dengan lurus sambil menutup mata, impian atau tujuan hidupnya bisa tercapai. Wahhh keren banget ya, bisa mengabulkan permohonan, tapi ya buat seru-seruan aja ya gaes.

2. Obelix Hills 

Sumber foto (https://obelixhills.com/)

Obelix Hills berada di Klumprit, Blok I & 2, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata ini memiliki keunggulan panorama alam mengagumkan, hmmm ntaps banget walaupun jujurly Makvee belum sempat kesana tapi ini jadi wish list Makvee juga lho dan Makvee pikir ini juga bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit unik saat kamu berada di Yogyakarta. Berada di dataran tinggi, udara di Obelix Hills terasa sejuk dijamin no sumuk-sumuk (gerah) club 

Jam buka Obelix Hills
Senin sampai Jumat pada pukul 10.00-22.00 WIB
Sabtu dan Minggu dibuka pukul 07.00-22.00 WIB.
HTM  Rp15.000,-Rp20.000,-/orang


Keunggulan lain Obelix Hills adalah ada sekitar 30 spot foto menarik bagi pengujung dengan berbagai jenis bentuk dan warna. mantap kan mengisi waktu menunggu berbuka puasa dengan berfoto syantik di berbagai spot. 


Demikian rekomendasi dari Makvee untuk kalian yang ingin ngabuburit asyik sambil piknik. Ingat tetap jaga protokol kesehatan karena kesehatan nomor 1. Stay healthy stay happy. Cheers.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 comments