Tips Sehat saat Puasa Selama Pandemi


Pandemi Covid-19 menjadi momentum kebangkitan gaya hidup Love Yourself dengan semakin sehat. Faktanya manusia tersadar setelah pandemi yang melanda seluruh dunia bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting. Pun demikian masyarakat Indonesia yang kini mulai dengan pola hidup baru pola hidup yang lebih sehat. Sisi baik dari pandemi, selalu ada sisi baik dalam setiap hal. 

Berkaitan dengan menjaga kesehatan saat pandemi, tidak disangka waktu cepat berlalu ya gaesss, sepertinya baru kemarin bulan Januari eh sekarang sudah masuk bulan ke-4 di tahun 2022 yaitu bulan April, waktu berlalu begitu cepat, dan pandemi masih saja ada di kehidupan sehari-hari kita. 

Yess masuk ke bulan Ramadan, tentunya saatnya bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Saat puasa banyak yang harus ditahan selain hawa nafsu, juga menahan lapar. Makvee pernah menjalankan puasa dan memang ya gaes kalau pas buka puasa itu yang terjadi adalah kalap dan semuamuanya makanan depan mata inginnya disantap semua. Tapi apa mau dikata setelah perut kosong seharian, diisi semangkuk kolak saja sudah penuh dan kekenyangan hahahahah relaita tak sesuai ekpektasi.

Makvee ingin berbagi pengalaman puasa yang Makvee lakoni, walaupun Makvee seorang Katolik tapi keluarga Makvee terutama Simbah Makvee menganut kejawen jadi Makvee pernah belajar juga puasa Ngebleng atau puasa kosong tanpa sahur, seperti yang dijalani oleh teman-teman Muslim. Mungkin ada yang bilang wah berat banget puasanya tanpa sahur, ya tapi namanya puasa kalau diniati pasti berhasil yhekaaan. Nah dalam konteks pandemi Makvee akan memberikan sedikit tips yang mungkin membantu menjaga kesehatan saat puasa selama pandemi

1. Banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran 

Saat puasa buah dan sayur wajib menjadi prioritas. Kita mestinya makin sadar setelah melalui pandemi yang panjang, akan manfaat besar buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, guna meningkatkan daya imun tubuh. Selain itu dengan mengonsumsi buah dan sayur lokal membantu peningkatan taraf hidup petani Indonesia lainnya, tujuan mulia lainnya menyejaterahkan petani kita. Wuihhh keren yaa, dan faktanya nih ternyata konsumsi buah dan sayur lokal sungguh meningkat. Bersyukur sekali, karena banyak masyarakat +62 yang sadar banget menjaga imun tubuhnya.

2. Kurangi Gorengan Saat Sahur dan Berbuka

Naini
bagi pecinta gorengan mungkin akan sulit ya lepas dari makanan yang bikin ketergantungan ini, hahahahah termasuk Makvee yang hobi nih dan doyan bangets sama gorengan. But, berhubung minyak goreng juga melambung harganya. Baik adanya kita kurangi gorengan ya manteman, lemak jenuh yang terkandung kan juga berbahaya dan meningkatkan kolesterol yukkk bisa yuk ganti dengan rebus, dan panggang saja.

3. Kurangi Konsumsi Gula Berlebihan saat Sahur dan Berbuka

Hmmm yang manis manis emang bikin meleleh ya gaes. You name itlah ya ada cake, roti, cokelat, minuman manis, boba, es campur dengan dituang susu kental manis yang melimpah emang bikin air liur menetes ya. Tapi ingat penyakit diabetes mengintai gaesss kendalikan asupan manis selama sahur dan buka puasa ya. Mungkin bisa dilompatin semisal seminggu 2 atau 3 kali aja atau kurang dari itu makan dan minum yang manis-manis agar gula terjaga.

So, far itu sih yang Makvee pernah lakukan ketika Makvee puasa dan tips ini disesuaikan dengan masa pandemi, semoga lancar dan bahagia dalam menjalani ibadah puasa ya manteman. Tetap jaga kesehatan. Jaga imun dan jaga iman. Cheeeerssss.

 

 

0 comments