Dappoermu Si Jagoan Kambing Guling


Hai pembaca setia Makveestory, Apa kabar? Semoga selalu dalam kondisi sehat, walaupun pandemi sudah mulai melandai ingat selalu tetap jaga protocol kesehatan ya. Oya, kali ini Makvee barusan jalan-jalan tipis melipir ke area Sleman ke salah satu destinasi kuliner yang lagi hits banget nih di Jogja, yaitu Dappoermu. 

Jujurly Makvee tahu Dappoermu juga belum lama walaupun mereka sudah mulai running sejak pertengahan Agustus 2021. Ya moon maaaap nih kudet karena di bulan-bulan mendekati November 2021 Makvee memang sibuk banget ngurusin persiapan pernikahan yang super duper banyak.  

Lagipula Dappoermu memang tergolong baru. Tapi, tentu saja membuat penasaran karena konsepnya yang unik dan Puji Tuhan keturutan nih ke Dappoermu bareng sama suami. Sempat nyasar muter-muter di Dusun Jagalan yaaampun gegara ketemu sama pesepeda di sekitaran desa, Makvee dan suami malah nyasar di tengah Dusun. Ngakak juga kalau diingat, mungkin karena weekend jadi memang area Kaliurang penuh dengan para pelancong. Tapi yang namanya nyasar memang ada hikmahnya karena Makvee dan suami justru jadi keingetan jalurnya.


Setelah melalui banyak jalan ini nih menurut Makvee rute termudah menuju Dappoermu dari kota Jogja 

1. Dari kota Jogja bisa lewat Condongcatur ini lewat jalan dalam lewat Jalan Anggajaya terus lurus ke arah utara sampai ketemu Gentan (Seriously nih ya kalau pake Gmaps nanti malah nyasar kayak Makvee hahahaha  
2. Keluar dari Gentan sampailah di Jalan Kaliurang, bisa mengarahkan gmaps ke Jl Besi-Jangkang. 
3. Arahkan gmaps ke Jogja Pet Shop yang ada di KM 10 Jalan Kaliurang. Ada gang masuk ke arah Jalan Pasar Setom lurus terus sampai ketemu pertigaan ambil kanan ke arah Jalan Pasir Luhur sampai pertigaan pertama Jalan Pasir Luhur ambil ke Kiri masuk ke Jalan Jagalan (Tempat Makvee dan suami nyasar) hahahah ingat ya teman-teman pas disini lurus terus saja menghabiskan jalan abaikan gang kecil-kecil di kanan kiri jalan daripada kalian nyasar lalu setelah itu ketemu perempatan cukup luas dengan pemandangan persawahan belok ke kanan masuk ke Jalan Nglengkong Besi dari situ sudah dekat lurus terus melewati persawahan ketemu pertigaan belok kiri lalu sedikit ketemu belokan ke kiri nahhhh ketemulah Dapppoermu di kanan jalan.



DAPPOERMU VIBES
Setibanya di Dappoermu uwaaawww banget di tengah perawahan terasa sejuk dan asri. Rumahnya dengan konsep khas rumah orang Jawa rumah Joglo. 

Mata pun jadi hijau, Makvee dan suami segera mencari tempat duduk yang nyaman dan memesan 2 jeruk panas. Sambil duduk Makvee memandang area persawahan yang menghijau dengan padi sudah siap panen. 



Oh iya btw Dappoermu ini memiliki area parkir cukup luas, bisa untuk beberapa mobil dan banyak motor. Buat yang menggunakan kendaraan travel yang cukup besar atau Bus bisa booking dulu dan berkoordinasi dengan pengelola tentunya.


Di dalam rumah banyak kursi kayu seperti di rumah simbah, berasa nostalgia. Area Beverage ditata cantik dengan kosep kekunoan namun apik dan memamerkan kopi andalan yang disajikan di Dappoermu. 


Bangunan utama untuk masak, dan menata prasamanan dan beberapa meja kursi dan kayu tidak terlalu penuh karena Dappoermu menyediakan area outdoor berupa gubuk-gubuk cantik di tengah sawah. Hmmm romantic euyyy makan di gubug dengan rumput yang luas dan pemandangan sawah di kanan dan kiri. Anak-anak yang datang ke Dappoermu nampak menikmati suasana dan berlarian gembira. Bisa dibilang Dappoermu ini kids friendly. Berada di area Kaliurang Makvee tidak terlalu merasa kepanasan. Hari Sabtu yang syahdu memang pas berkumpul Bersama keluarga bersantai menghabiskan hari di gubuk-gubuk sambal menikmati sajian lezat dari Dappoermu. Bisa dibilang Dappoermu ini kids friendly. Berada di area Kaliurang Makvee tidak terlalu merasa kepanasan. Hari Sabtu yang syahdu memang pas berkumpul Bersama keluarga bersantai menghabiskan hari di gubuk-gubuk sambal menikmati sajian lezat dari Dappoermu.

SAJIAN DAPPOERMU
Menu andalan di Resto Dappoermu yakni kambing guling yang tersedia setiap hari. 


Makanan andalan lainnya yaitu Nasi Kebuli, Kambing Panggang, Tongseng Cobek, Ayam Panggang,


Minuman Andalan Kopi Black Gold Gula Aren, Kopi Ambaidiru dan Kopi Seterong Papua 

serta tidak ketinggalan Menu Ndeso prasaman Nasi + Sayur + Sambel hanya 11k saja, jadi tenang bagi yang tidak suka kambing masih ada ayam srundeng dan telor balado di prasmanan Dappoermu

Bagi penyuka tongseng seperti saya ada berbagai menu tongseng, seperti tongseng kambing, balungan kambing, kepala kambing. Kemudian juga ada tongseng iga sapi, tongseng sapi, tongseng ayam yang semuanya memakai bumbu rempah pilihan. 

Selain itu, ada menu nasi goreng, mie goreng, capcay, dan kwetiau jadi buat anak kecil masih ada beragam menu pilihan lainnya. Beverage, tersedia beragam minuman segar yang endulita banget nih warnanya cukup menggoda tapi berhubung Makvee sedang hamidun dan ga boleh kebanyakan es jadi skip pesan itu suami yang pesan

Pilihan suami kali ini es timun serut nata de coco.Segar di mulut dan di tenggorokan wuenak banget kata suami, 

selain itu suamik juga pesan Kopi Black Gold Gula Aren dengan Es nah kalau ini karena ga tahan akhirnya Makvee luluh juga buat icip-icip astagaaaa nagaaa ini kopinya enak banget ga bikin mual juga dan aman banget di lambung karena robusta pahit dan manisnya pas banget. 


Suami bilang mau banget kalau disuruh minum 2 gelas juga kelakarnya. Tapi Makvee larang karena yang berlebihan kan ga baik yhekannn.



Selain kids friendly dari segi menu dan tempat, Dappoermu juga vegan friendly juga karena menyediakan menu masakan nusantara, seperti tempe, tahu dan berbagai sayuran pun ada. 


Jadi yang ga bisa makan daging atau protein hewani lainnya masih ada pilihan lauk vegan yang aman.

Luengkappp sakpolle deh ah Makvee jadi ketagihan kesini nih, besok-besok kalau si bocah udah lahir bakalan mengagendakan lagi kemari sih fix.

Soal harga, menu-menu makanan yang disajikan di resto ini cukup terjangkau dan ramah di kantong.

So, kalau kamu memang sedang mencari alternatif wisata kuliner di Yogyakarta area utara, a.k.a Sleman. Dappoermu Highly Reccomended Trust Makvee deh.

Dappoermu

Senin libur

Selasa-Sabtu pukul 07.30-19.00

Minggu pukul 07.00-19.00. 

Instagram: @dappoermu

Website: https://dappoermu.com/

Jl Nglengkong Besi No.11 

Area Sawah, Sukoharjo, Kec Ngaglik, Sleman 55581


0 comments