Pentingnya Asuransi Kesehatan Astra Life Bagi Pasangan Muda Pasca Pandemi

Pentingnya Asuransi Kesehatan Astra Life Bagi Pasangan Muda Pasca Pandemi


Cerita Pandemi
Maret 2 tahun lalu, ya 11 Maret 2022 adalah ulang tahun virus yang telah membersamai kita, membuat gerak kita terbatas, mebuat kita takut, ragu, dan bertanya tentang apa yang terjadi. Saya ingat ketika Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) telah menyatakan wabah Covid-19 sebagai pandemi para 11 Maret 2020. Dunia menjadi semakin waspada dengan memaksimalkan penanganan Covid-19 melalui berbagai cara.

Salah satu yang mendasari penetapan pandemi kala itu adalah penyebaran Covid-19 yang begitu massif dan telah merambah ke lebih dari 110 negara dengan lebih dari 100.000 kasus. Bayangkan betapa mengerikannya saat itu, dan jujur saya takut. Di sisi lain bencana alam pun tak kalah serunya banjir Banjir bandang yang melanda Kalimantan, kebakaran hutan, badai, dan putting beliung semuanya rasanya begitu kewalahan hadir di hidup manusia. 

Sementara itu kasus positif Covid-19 di Indonesia terus saja bertambah dari waktu ke waktu. 
Menarik ke belakang sejak pertama kali diumumkan dua pasien mengidap Corona pada 2 Maret 2020 ya 2 tahun lalu, kemudian jumlah pasien positif yang dirawat setelah pengumuman 2 orang terjangkit meningkat pesat mencapai 69 orang dan terus meningkat meningkat dan meningkat.
Jika saya flashback ke belakang lagi, masih ingat pula saat itu pemerintah pada 6 Maret 2020 menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk protokol Kesehatan yang merupakan bagian dari sistem penyangga dalam upaya menjaga keselamatan dan kesehatan diri serta lingkungan guna membatasi penyebaran Covid-19. Ingatkah kita? Bahwa kala itu masker juga menjadi barang langka. Menulis ini mata saya berair dan seluruh tubuh saya bergidik.

Akhirnya saya memutuskan menikah di tahun 2021, sebenarnya rencana awal mau dipercepat tapi saya dan pasangan saya kala itu dibuat benar-benar galau melihat virus yang terus bermutasi sementara kebijakan pemerintah masih berubah-ubah menyesuaikan dengan keadaan perkembangan Covid di berbagai daerah. Niat baik memang tak boleh ditunda, akhirnya kami menikah November 2021 dengan protocol Kesehatan yang cukup ketat, membatasi jumlah tamu, dan menyiagakan satgas covid.
Karena sudah sibuk dengan urusan pra dan pasca nikah, ada hal yang sebenarnya tenggelam agak terlupakan yang pada kesempatan ketika saya dan suami sudah sama-sama longgar waktunya, kami kelupaan membahas Kembali Asuransi Kesehatan. Jujurly, kami sudah membicarakan soal pengelolaan rumah tangga bahkan sebelum menikah, banyak hal kami bicarakan mengingat kami akan bersama dalam kurun waktu yang lama. Asuransi Kesehatan menjadi salah satu topik utama bahasan kami kala itu. 

Kebutuhan Asuransi Meningkat Kala Pandemi



Dua tahun sejak merebaknya covid-19, masyarakat Indonesia tetap memiliki optimistis bahwa pandemi akan segera berakhir. 

Mengutip dari Media Indonesia berdasarkan penelitian terbaru dari Manulife. Hasil survei mengungkapkan sebagian besar masyarakat Indonesia lebih fokus pada kesehatan dan perencanaan keuangan mereka setelah merasakan pendapatan mereka berkurang selama pandemi. Di antara masyarakat Indonesia yang menjadi bagian dari Asia Care Survey Manulife yang ketiga itu, dua pertiga atau 66% responden di Indonesia meyakini covid-19 akan berakhir dalam satu tahun ke depan. Lebih dari separuh atau 59% responden berpendapat bahwa pembatasan kegiatan masyarakat akan selesai dalam kurun waktu yang sama. 




Meskipun pandangan mereka termasuk yang lebih optimis, 35% responden di Indonesia  menyatakan kekhawatiran tentang ekonomi lokal yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Hasil penelitian sebesar 58% dari mereka mengalami penurunan pendapatan,  dengan satu dari sepuluh orang atau 13% di antaranya kehilangan pekerjaan selama pandemi. "Selain dari hasil survei yang menyebutkan tingginya atensi terhadap sisi finansial dan kesehatan, masyarakat Indonesia juga makin memegang kendali atas perencanaan keuangan mereka dan menemukan beragam cara untuk mengurangi dampak pandemi. 

Meskipun banyak keluarga mengalami tantangan dan menghadapi ketidakpastian dari sisi keuangan, kesehatan, serta masa depan, minat yang lebih tinggi terhadap proteksi melalui asuransi dapat dikatakan sebagai salah satu cara mereka dalam menyesuaikan diri dengan situasi baru di tengah adanya covid-19. Menurut hasil survei, kebiasaan perencanaan keuangan di antara responden Indonesia yaitu menyeimbangkan antara upaya mengatasi tantangan keuangan saat ini dengan upaya menciptakan masa depan mapan. Sebanyak 57% responden mengatakan mereka mengelola keuangan secara aktif karena pandemi, jauh lebih tinggi dibandingkan reponden yang mengikuti survei ini di semua negara Asia lain (42%). 

Menariknya, 32% dari responden mengatakan bahwa mereka telah mendirikan usaha milik pribadi untuk menggantikan atau mendukung pekerjaan utama mereka. Sekitar 37% responden di Indonesia juga mengatakan bahwa mereka memiliki tabungan yang akan bertahan lebih dari satu tahun jika diperlukan. Untuk mengurangi risiko ekonomi yang disebabkan oleh covid-19, 25% responden berinvestasi, sementara 36% mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. 

Pada saat yang sama, pentingnya asuransi dan perencanaan pensiun makin disadari secara luas. Terdapat 83% responden yang melihat pentingnya asuransi dan 84% memikirkan hal yang sama tentang perencanaan pensiun. Hasil survei juga menunjukkan sebesar 76% dari mereka berencana untuk membeli asuransi dalam 12 bulan ke depan. Dari seluruh responden Indonesia, 60% di antaranya sudah memiliki asuransi, sebagian besar memiliki asuransi kesehatan (35%) dan asuransi jiwa (29%).

Pilihan Asuransi Kesehatan Bagi Pasangan Muda
Back to obrolan saya bersama suami sejak saat kami pacaran. Kamipun mulai mempelajari produk-produk asuransi yang dapat membantui kami dalam pengelolaan keuangan. Sebagai pasangan baru kami ternyata masih masuk dalam golongan sandwich generation. Kami pun menemukan Astra Life, PT Asuransi Jiwa Astra atau lebih dikenal sebagai Astra Life, adalah sebuah perusahaan asuransi jiwa yang berdiri sejak 1990 dan berkantor pusat di Jakarta. Astra Life memiliki produk asuransi digital yang dapat diakses dengan mudah https://ilovelife.co.id/. Melalui ilovelife.co.id 2 kemudahan yang didapatkan dan sesuai dengan zaman yang serba cepat ini adalah cashless dan sesuai tagihan #LoveLife #AstraLife

Mengapa Memilih ilovelife?
  1. Kita dapat mengatur sendiri premi & perlindungan
  2. Jaminan Harga Optimal
  3. Hingga 5 Miliar Tanpa Cek Medis
  4. Klaim Online
  5. Semua Informasi Transparan
  6. Dari Grup Astra

Apa yang dimaksud dengan Flexi Hospital & Surgical Protection (Flexi Hospital & Surgical)?
Flexi Hospital & Surgical Protection (Flexi Hospital & Surgical) adalah asuransi kesehatan dengan manfaat penggantian biaya perawatan di Rumah Sakit di Indonesia.

Apa keunggulan Flexi Hospital & Surgical dibanding asuransi lainnya?
  1. Flexi Hospital & Surgical merupakan solusi kesehatan yang memberikan berbagai manfaat penggantian biaya perawatan di Rumah Sakit. #TagihanRSjadiRingan 
  2. Penggantian biaya perawatan lengkap di Indonesia di Rumah Sakit dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan;
  3. Penggantian biaya Rawat Jalan Kanker (radioterapi dan kemoterapi) dan Cuci Darah;
  4. Penggantian biaya Fisioterapi termasuk Terapi Okupasi dan Terapi Wicara;
  5. Penggantian biaya Rawat Jalan Darurat;
  6. Fasilitas Cashless dengan e-card di Rumah Sakit rekanan di Indonesia.
  7. e-Card akan dikirimkan ke email kamu maksimal H+2 hari kerja dari tanggal pembelian polis kamu.
  8. Setelah menerima e-Card: Tunjukan e-Card kamu ke petugas pendaftaran Rawat Inap di Rumah Sakit. Setelah menjalani Rawat Inap dan dinyatakan sudah boleh keluar dari Rumah Sakit, maka kamu mendapatkan layanan Cashless

Apa syarat untuk menggunakan fasilitas Medical Check Up Flexi Hospital & Surgical?
Kamu bisa mendapatkan fasilitas Medical Check Up setiap 2 tahun terhitung sejak tanggal polis kamu aktif. 

Apa saja manfaat asuransi yang terdapat pada Flexi Hospital & Surgical?
  1. Flexi Hospital & Surgical memberikan perlindungan kesehatan yang komprehensif.
  2. Manfaat Asuransi:
  3. Kamar & Akomodasi
  4. Kamar Perawatan Intensif
  5. Biaya Pembedahan
  6. Kunjungan Dokter (Umum & Spesialis)
  7. Aneka Perawatan Rumah Sakit
  8. Santunan Tunai Harian (BPJS Kesehatan)
  9. Biaya Ambulans (Darat)
  10. Perawatan Sebelum Rawat Inap
  11. Perawatan Sesudah Rawat Inap
  12. Fisioterapi
  13. Rawat Jalan Darurat
  14. Rawat Jalan Gigi Darurat
  15. Perawatan Kanker Rawat Jalan (radioterapi dan kemoterapi)
  16. Perawatan Cuci Darah/Dialisis

Saya dan suami pun mulai mempertimbangkan Asuransi dari Astra Life ini. Btw, kita juga bisa mencoba kalkulator premi dengan mengunjungi ilovelife.co.id  disana kita bisa mencoba membuat ilustrasi sesuai dengan kebutuhan kita soal kesehatan dan biaya rumah sakit. 

Saya dan suami mulai tertarik untuk membuka diri pada asuransi pasca pandemi sebagai bagian dari kepedulian kami terhadap kesehatan dan dampak ke depannya. Yuk, kita siapkan perlindungan diri terutama soal kesehatan yang mesti lebih kita perhatikan.

Info mengenai Asuransi Kesehatan dari Astra Life juga bisa didapatkan melalui social media Astra Life
Instagram: @astralifeid & @ilovelife.co.id
Facebook: AstraLifeID
Twitter: @AstraLifeID

0 comments