Culture Shock is Real


Hi, hi pembaca setia Ceritamakvee. 
First of all, selamat tahun baru, gimana tahun baru kalian, seru ya. Makvee juga seru nih tahun baruan ya di RS. Karena si bocah harus opname dan bapaknya juga opname di rumah sakit lain. Yang ini kapan-kapan aku ceritain deh

Kali ini aku mau cerita soal keshock an ku terhadap apa yang terjadi selama aku tinggal di Pulau Timor tepatnya di Kota Kupang ya.

1. Tiada hari tanpa musik keras dan tetangga yang kalau ngobrol teriakannya udah kayak di hutan. Belum lagi yang emang beneran pesta itu dari jarak 3 km juga suara musik kedengeran sampe jendela bergetar. Ini awal-awal hidup disini bikin aku ngelus dada tiap hari.

2. Tetiba ada (((saudara))) kadang yang disebut saudara adalah tetangga suami dari kampung gatau kenapa semua dibilang saudara. Ya kali seisi bumi ini kita juga bersaudara dari Adam dan Hawa yhekan. Nah (((saudara))) datang ga kabar2 terus ga bawa apa2 dan ngajak orang. 
Sebagai ibu rumah tangga yang udah sibuk sama kerjaan rumah dan ngurus bocil hal kayak gini tuh bikin shock lho plus senewen karena aku orang Jawa ya yang terbiasa apa2 dikabarin dulu bukan macam tahu bulat. 


Karena tetiba ada banyak orang terus berarti harus masak dan lain2 sementara mereka yang datang ini ga bawa apapun, minimal Gula, Teh, apalah GADA COOOOOY. Kalau di Jawa kan kita bertamu ke rumah orang aja minimal bawa-bawa lah ya, sungkan ngerepotin yang punya rumah. Ini boro-boro bawa Gula, Teh, biskuit atau apa. Dianya malah bawa teman dan minta dilayani. Gondok gak lu. Apalagi Kupang ini kota yang inflasinya tertinggi se-Indonesia kebayang berapa mahalnya harga kebutuhan pokok. Pusing deh kalau udah kayak gitu aku tuh cuma misuh2 dalam batin. Karena kalau aku protes nanti merusak nama baik keluarga. Ohhh Bhaikkk saya tahan saja dan saya diam. 

3. Budaya pamitan dengan baik dan benar. Ada orang kalau otaknya bener pergi dari rumah orang yang pamit dengan benar ya. Tapi ya ada juga yang pergi2 aja padahal barusan makan disitu, minum disitu ini agak bingung tata kramanya hilang kemana.

4. Ngerokok ga ngeliat ada bayi atau anak kecil. Entah di travel atau di bus jangan harap perjalanan tanpa asap rokok kayak di Jawa. Lu penumpang yang udah mabuk perjalanan gara2 nyium asap rokok juga ga bakalan dipeduliin sama supir yang ngerokok. Karena travel di Kupang dan sekitarnya ini rata2 milik pribadi jadi kadang mereka terserah2 aja selama perjalanan ngerokok. Mau lu bawa bayi bawa anak atau ibu hamil si supir akan tetap bodo amat. Belum kalau ada (((saudara))) yang datang itu tadi dan perokok semua deuhh tobat2 itu ga bakalan mikir di rumah itu ada bayi apa ga. Pokoknya seenak2 mereka sendiri aja dah. Dan aku yang harus mengalah demi anakku biar tetap sehat. 

Gimana, apakah sabarku sudah teruji atau perlu ditambah lagi kesabarannya. Pokoknya banyakin sabar-sabar sabar aja dah ya.

0 comments