Make Up 1 Paket

Setiap perempuan pasti punya kebutuhan yang berbeda-beda untuk wajah. Kita tidak bisa menyamaratakan kebutuhan setiap perempuan untuk urusan skin care dan dan make up. Karena kulit perempuan itu unik.

Kemudian, Makvee baca dari beberapa sumber nih jenis kulit tidaklah konstan dan dapat berubah. Makanya jangan sedih untuk kalian yang punya jenis kulit tertentu, karena itu masih bisa berubah. Nah pembagian mengenai jenis kulit ini tergantung pada;
-jumlah minyak dalam kulit
-jumlah air yang dikandung kulit
-tingkat sensitivitas atau seberapa sensitive kulit.

Paling mudah ketika menggunakan 1 produk dan berefek gatal, atau kulit yang sensitive terhadap sinar matahari atau udara dingin, dan cuaca panas.
Berdasarkan hal-hal tersebut, maka pada umumnya kulit dibagi menjadi beberapa jenis sesuai pengalaman yang pernah dialami perempuan Indonesia yaitu;
1. Kulit normal
2. Kulit kombinasi
3. Kulit sensitif.
4. Kulit kering. Kulit kering  memiliki kecenderungan kasar, bersisik, dan mudah gatal.
5. Kulit berminyak. Kulit ini terlihat berkilau, karena produksi minyak berlebih dalam wajah.

Tapi yang akan Makvee bahas disini adalah mengenai Make up dan fungsinya apa. Tulisan ini juga self note buat Makvee yang kadang-kadang nih lupa namanya apa, maklum belajar make upnya sungguh-sungguh karena tuntutan kerja, jadi dulu-dulu Makvee adalah orang yang jarang menggunakan make up kecuali kondangan. Sehari-hari bener-bener cuma pakai pelembab dan tanpa pemulas bibir dan apapun bedak lah apalah foundation. Tapi, kini Makvee sadar pentingnya make up, selain untuk mepercantik diri,make up juga membuat Makvee lebih percaya diri.

1. Pelembab Wajah


Sumber https://www.sociolla.com
Pelembab wajah ini mungkin masuk dalam kategori skin care atau produk perawatan kulit. Tapi menurut beberapa beauty influencer yang Makvee sering lihat. Pelembab ini penting sebagai base make up agar kulit ternutrisi dan sehat.  Jika kamu telah melakukan perawatan di dokter kulit pasti lebih mudah karena tidak perlu membeli pelembab atau sebutannya krim pagi, Karena pasti telah diresepkan oleh klinik kecantikan tersebut. Memilih pelembab nih, memang gampang-gampang susah, karena  tiap merk pastinya memiliki teksturnya masing-masing, kembali ke sebuah kata nih “Make up itu cocok-cocokkan”

Ada sih yang Makvee sendiri pernah gunakan dan pas dipakai apa ya “nggedibel” kalau kata orang jawa bilang, rasanya seperti pakai topeng dan wajah jadi terasa kaku. Nahhh nahh kan maka pelembab itu baiknya dipilih yang ringan, karena masih ditumpuk dengan bedak dan lain-lain. Salah satu yang pernah saya gunakan itu make up wardah Wardah Aloe Hydramild Moisturizer Cream, Moist in a bottle face mouisturizer, dan Emina Bright Stuff Moisturizing Cream. Sebenarnya masih banyak produk pelembab yang bisa kalian gunakan yang harganya terjangkau seperti produk dari the body shop, garnier, citra, ponds, dan nature republic.

2. Primer

Fungsi Face primer ini adalah bagian dari make up base, seperti pelembap dan foundation. Primer ini biasanya digunakan setelah moisturizer agar kulit nampak lebih glowing sebelum menggunakan foundation dan foundation akan jadi lebih tahan lama.

3. Foundation


Sumber https://www.sociolla.com
Foundation atau fondasi. Foundation adalah bagian dari dasar make up. Warna foundation yang dipilih sebaiknya yang sesuai dengan warna kulit agar ketika diaplikasikan tidak terlalu terang dan terlalu gelap Fungsi foundation adalah untuk menyeragamkan dan meratakan warna kulit serta menyamarkan kekurangan yang ada di wajah, seperti bekas luka, bekas jerawat, freckles, dan tahi lalat. Foundation juga dikenal dengan sebutan alas bedak.

4. Bedak


Kalau bedak sendiri  ada jenis yang baik kita perhatikan, loose powder (bedak tabur), compact powder, two way cake.

-Bedak Tabur atau loose powder
ini jadi andalan Makvee, karena kulit wajah Makvee kadan-kadang berminyak. Bedak tabur ini Makvee aplikasikan setelah menggunakan foundation. Bisa digunaka untuk baking make up, atau kadang kalau lagi malas, Makvee langsung ratakan tanpa proses baking-baking-an. Makvee sendiri udah langganan Loose powder milik Make Over.

-Compact powder


atau disebut juga press powder ini banyak pilihan, selain lebih tahan lama dipakai, menurut Makvee hasilnya terlihat alami dan tidak berat di wajah. Selain itu tips dari Makvee pilihan compact powder yang mengandung SPF. Semakin tinggi SPFnya semakin baik, apalagi buat perempuan pekerja lapangan compact powder dengan spf akan lebih melindungi wajah dari ganasnya sang mentari.
-Two Way Cake

Two way cake adalah bedak padat yang sudah mengandung foundation. Jadi menurut Makvee jenis bedak ini sangat cocok untuk para perempuan yang sering bergegas, sehingga tidak perlu merepotkan diri untuk berlama-lama menggunakan foundation.

5. Eyeshadow


Makvee paling suka dengan bahan riasan untuk mata atau biasa disebut eyeshadow.  Perona mata adalah kosmetik yang Makvee biasa gunakan di kelopak mata dan di bawah alis. Perona mata fungsinya adalah menonjolkan mata agar terlihat lebih menarik. Sejauh ini eyeshadow yang Makvee miliki, Wardah, W7, dan focallure.

6. Maskara

Makvee jarang menggunakan maskara, karena Makvee merasa terlalu riweuh kalau tiap kali berias menggunakan Maskara. Lalu apa itu Maskara? Maskara adalah kosmetik yang digunakan untuk memperindah mata khususnya buku mata atau bahasa jawanya idhepppp gaes. Fungsinya sangat jelas, untuk mempergelap, mempertebal, memperpanjang, dan/atau memperjelas bulu mata.

7. Eyeliner

Lagi-lagi Makvee bukanlah pengguna eyeliner. Pernah Makvee pake eyeliner tapi ada yang bilang muka Makvee malah jadi tambah antagonis. Deuhh apakah ini yang dinamakan make up shamming hiks sedih. Mungkin benar, karena mata Makvee lebar jadi kalau pakai eyeliner memang mata jadi lebih tajam. Eyeliner  adalah produk kosmetik yang memiliki manfaat untuk mempertegas bentuk mata serta membuat mata terlihat lebih cantik dan bercahaya hiyaaa hiyaaaa. Pengaruh gambar dan polesan eyeliner ini sangat berpengaruh untuk mengubah seseorang. Bahkan, wajah seorang perempuan bisa tampak lebih segar hanya dengan menggunakan eyeliner. Menurut Makvee eyeliner ini cocok bagi pemilik mata sipit atau yang memiliki cekungan mata agak dalam.

8. Eyebrow

Eyebrow atau pensil alis, Pensil alis adalah alat untuk menggambar dan menegaskan alis kita. Lagi-lagi Makvee paling amatir nih soal bikin alis, atau bahasa gahulnya “ngalis”. Butuh keterampilan dan jam terbang untuk membuat alis presisi. Kalau tidak nanti hasilnya malah membuat alismu seperti ulat bulu atau malah seperti tokoh kartun anak-anak sinchan, anak kecil beralis tebal. Ini sinchan lhoo ya bukan rinchan hiyaaaa. Eyebrow ini juga memiliki berbagai macam jenis, ada eyebrow tint, eyebrow maskara, eyebrow powder, dan eyebrow pencil. Nah kamu termasuk yang sering pakai jenis yang mana nih?

9. Lipstick


Selain Eyeshadow Makvee paling suka lipstick. Karena warna-warna selalu menggoda untuk dicoba. Kalau Makvee selalunya selalu menggunakan lipstick matte. Lipstick juga jenisnya beragam, ada satin, glossy, semi matte, matte.

Itu semua 1 paket make up yang sering dipakai oleh perempuan-perempuan hits masa kini. Ini semua masih belum lengkap karena masih ada shading, hilighter, dan bulu mata etc etc etc dehhh yaaa. Kalau kalian biasanya pakai yang mana aja shayy. Boleh comment ya. Follow juga Ig Makvee  @ceritamakvee. Salam syantikkk.   

11 komentar:

  1. Balasan
    1. hahahhahah akibat make up mungkin mbak, makasih ya mbak hihiii

      Hapus
  2. wah reviewnya lengkap dan detail. Cocok jadi beauty blogger ver, lanjutkan :)

    BalasHapus
  3. Aku jadi paham tentang fungsi primer mb... Tadinya kukira itu sama fungsinya dengan foundation. Jadi banyak ya ternyata lapisan di kulit muka kita untuk memperoleh dandanan yang sempurna... Tfs mb... 😍😍

    BalasHapus
  4. Waahh..lengkap step by step nya. Cucok..

    BalasHapus
  5. Eh bener lho bebs, dulu kulitku berminyak banget, njuk saiki nggak terlalu berminyak... tapi alhamdulillah nggak kering sih... aku saiki lebih berburu skincare daripada make up... lagi bosen sama make up...

    BalasHapus
  6. Make-up bikin cewek makin cantik ya, mau belajar ah sama mba Ve :)

    BalasHapus
  7. Aku gak pakai maskara, soalnya takut rontok. Paling suka lipstik sama eyeliner. Makanya dua itu aku punya banyak

    BalasHapus
  8. Foundation ini yang ga pernah aku pakai niy, masih belom pandai pakainya hehwhehw sama eyeliner berantakan mulu heheh

    BalasHapus
  9. Eyeliner sama gincu nih nggak boleh ketinggalan sama sekali. Nek foundation, aku dah lama nggak rutin pake lagi. Palingan abis sunscreen, langsung ditimpa bedak :3

    BalasHapus
  10. Tuk perempuan yang cukup bedak dan lipstik, saya sudah pusing duluan membaca list-nya meskipun banyak o moment juga, Hehehe

    BalasHapus