Senin, 13 Mei 2019

# Event # food blogger

Belajar Tentang Food Blogger bersama Andre “Makling” di Gudang Kopi Indonesia

Photo by Bookpacker-Edited by Ceritamakvee

Jumat, 10 Mei 2019 lalu Makvee mendapat kesempatan untuk mengikuti acara bertajuk How To Become a Food Blogger. 

Bertempat di Gudang Kopi Indonesia acara dimulai pukul 16.00 WIB.  Makvee tertarik mengikuti acara ini, karena sebagai blogger yang tergolong newbie of courselah ya Makvee sungguh butuh banyak belajar dan butuh banyak asupan ilmu. Makvee sendiri memiliki akun Instagram khusus makanan dengan nama @Jogjagagaldiet namun belum berkembang seperti yang dimiliki oleh Kak Andre Christian pemilik akun Makan Keliling. Namun sebelum sampai ke materi pelatihannya Makvee ingin sedikit mengulas mengenai tempat Makvee dan teman-teman blogger belajar yaitu Gudang Kopi Indonesia.

Tentang Gudang Kopi Indonesia dan Gudang Digital

Photo by Bookpacker-Edited by Ceritamakvee

Alamat
Jalan Affandi, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222

Jam buka:
Selasa 07.00–23.00
Rabu 07.00–23.00
Kamis 07.00–23.00
Jumat 07.00–23.00
Sabtu 07.00–23.00
Minggu 07.00–23.00
Senin 07.00–23.00

Photo by Bookpacker-Edited by Ceritamakvee

Lokasi Gudang Kopi Indonesia dan Gudang Digital sangat mudah ditemukan. Karena tepat berada sebelum lampu merah Gejayan ke arah selatan, berada di kiri jalan jika kita berkendara dari arah utara.

Photo by Bookpacker-Edited by Ceritamakvee

Gudang Kopi Indonesia berada di lantai 2. Lantai 1 adalah Gudang Digital, sebuah toko kamera berbagai macam seri beserta peralatannya tersedia. Memiliki tagline Store For All Kind of Photography and Video Equipment and Coffee Shop dan Toko Kamera Era Milenia. Gudang Digital dan Gudang Kopi Indonesia membawa angin segar bagi dunia fotografi di Kota Yogyakarta.

Sejarah Gudang Kopi Indonesia dan Gudang Digital

Photo by Gudang Kopi Indonesia

Bapak Hary menuturkan tentang Gudang Digital. Beliau dengan sedikit curhat merasa kurang mempunyai relasi dan teman, Bapak Hary merasa tertatih menjalankan bisnisnya hingga sempat vakum dan kemudian merombak Gudang Kopi dan Gudang Digital dengan konsep baru di tahun 2010. Gudang Digital dan Gudang Kopi Indonesia pun mulai bergerak naik dan berkembang pesat hingga sekarang. Gudang Kopi Indonesia ini juga harapannya menjadi tempat nongkrong dan ruang belajar Komunitas Fotografi yang ada di Kota Yogyakarta. Gudang Digital juga telah bergerak cepat karena telah memiliki toko online yang bernama Gudang Digital Online https://gudangdigitalonline.com/
Gudang Kopi Indonesia memiliki banyak food and beverage yang cukup membuat Makvee betah berlama-lama di sana (maklum ah norak baru pertama kali kesana, kemudian netijen nyinyir). 

Harga yang ditawarkan-pun middle tidak terlalu pricy dan worth it dengan rasa yang ditawarkan. Makanannya pun beragam mulai dari western, indonesia, dan jepang, eh eh eh juga ada es kopi susu kemasan take away yang kemasannya mah gemess asli fix cute banget.

Photo by Bookpacker

Sesuai dengan namanya Gudang Kopi Indonesia menawarkan kelezatan kopi. Kopi di Gudang Kopi Indonesia memiliki keistimewaan dibanding kedai kopi sejenis. Selain, karena baristanya meraih Juara 6  Nasional Champion Barista, kopi di Gudang Kopi Indonesia menggunakan kopi ijen, kopi kerinci, dan kopi bali yang diblend menjadi satu. Sehingga menghadirkan rasa yang unik. Es Kopi Susu adalah andalan dari Gudang Kopi Indonesia. Ada 3 Es Kopi Susu andalan dan bestseller di Gudang Kopi Indonesia yaitu Es Kopi Susu Papandayan, Es Kopi Susu Arjuna, dan Es Kopi Susu Photocoffee.

Photo by Bookpacker

Uhm yang terakhir ini memang unik banget ya namanya, cuma Makvee kemarin nyicipnya yang Es Kopi Susu Papandayan karena Makvee emang pengen nyobain kopi yang manis dan iming-iming sirup pandan homemadenya sukses bikin Makvee mabuk kepayang. Kata mbak baristanya nih Es Kopi Susu Papandayan emang rasanya manis kayak es dawet bukan manis kayak kenangan kita kok ealah apa sih ini. Nama yang berbeda tentunya memberi rasa yanng berbeda pula, kalau yang Es Kopi Susu Arjuna cenderung lebih kental dan tidak semanis Es Kopi Susu Papandayan. Nah kalau Es Kopi Susu Photocoffe rasanya cenderung berimbang antara manis, pahit, dan legitnya susu. Uhmm gimana nih kalian tertarik kan buat gerak cepat nyobain kopinya. Btw kopi yang disajikan di Gudang Kopi Indonesia semuanya adalah Kopi Arabica. Hiks iya sih kopi favoritnya Makvee tidak tersedia disini Temanggung Robusta. Soalnya Makvee kalau minum kopi arabica pasti berujung mual nih, tapi untungnya kemarin pas minum Es Kopi Susu Papandayan ga mual, mungkin karena komposisi gulanya lebih banyak kali ya hahahaha Makvee mulai sotoy deh.

How To Become a Food Blogger With Andre Christian

Photo by Bookpacker

Acara ini disponsori oleh Gudang Digital dan Gudang Kopi Indonesia. Sebanyak lebih kurang 20 blogger hadir. Sama-sama ingin belajar mengenai How To Become Food Blogger, saya pun duduk mendengarkan pemaparan Kak Andre Christian yang mengalir dan sesekali disertai humor ala stand up comedy. Sedikit menyinggung mengenai akun Makankeliling yang ia bangun. Pssst tapi sebelumnya sih nama akunnya bukan Makankeliling atuhh, nama awalnya adalah 4sehat. Alasan pemilihan akun Makankeliling karena si pemilik akun ingin bisa mencicipi seluruh makanan Indonesia alias Keliling. Sungguh cita-cita yang mulia sih membahagiakan jiwa raga.
Kak Andre Christian pun menjelaskan tentang perbedaan Food Blogger, Food Vlogger, Food Infulencer, dan Food Enthusiast. Kak Andre Christian sih lebih senang dipanggil sebagai “Food Enthusiast saja”, ucapnya dengan nada agar terlihat serendah hati mungkin..


Tips Menjadi Food Influencer

Photo by Bookpacker

1. Modal Niat, Nekat dan Berani

Kita kadang tidak percaya pada diri sendiri. Nah mindset inilah yang mesti diubah. Percaya diri adalah kunci utama. Yang terpenting adalah ekspresi saat kita memakan makanan. Karena bagaimanapun makanan yang dimakan harus nampak enak saat di kamera.

2. Maksimalkan Alat yang Ada

Buat Vlog dengan dengan alat yang tersedia saja dulu. Misalnya jika alat yang dimiliki masih sekadar smartphone saja. Maksimalkan alat yang kita punya. Gunakan software free yang bisa gunakan untuk editing seperti filmora, kinemaster, dll

3. Pilih Konten yang Unik

Terpenting adalah makanan yang kita pilih belumlah diposting oleh akun food yang lain. Nah cara inilah yang mesti kita pikirkan dengan cara riset. Googling tempat makan unik tersebut kemudian pelajari menu andalannya apa. Hal inilah yang akan membuat kita menjadi lebih siap saat akan take pengambilan video di lokasi.

4. Sering update

Untuk mencari followers di akun instagram, penting untuk rutin upload agar follower selalu mendapatkan update terbaru dari akun yang kita bangun. Kak Andre Christian sendiri menceritakan pengalamannya dalam mengumpulkan followers, dengan upload 3 video setiap hari ketika awal-awal akun Makan Keliling dibangun. Jadi bukan makbedunduk akunnya langsung banyak followernya. Semuanya dibangun dengan kerja keras dan airmata dan pake acara salting dilihatin orang-orang sekeliling.
Wah Makvee sangat tercerahkan nih dengan penjelasan dari Kak Andre Christian apalagi bahasanya lugas dan mudah dimengerti. Juga, Gudang Kopi Indonesia akan menjadi tempat Makvee kembali menikmati Es Kopi Susu Papandayan syukur-syukur Temanggung Robusta kemudian available disini hiyaaa hiyaaaa hiyaaaa. Gimana setelah Makvee cerita panjang lebar kalian jadi pengen ke Gudang Kopi Indonesia kan, yuk cuss gandeng Makvee kesana.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar