Ramadan Pengingat Akan Persaudaraan


Ramadan tahun ini menurut Makvee penuh dengan banyak tantangan dan cobaan terutama bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Ramadan dimulai setelah selesainya pesta demokrasi Indonesia. Pertengahan bulan lalu, tanggal 22 Mei 2019 menjadi saat yang menegangkan bagi semua masyarakat Indonesia karena aksi yang semua akan dimulai dan diakhiri dengan damai nyatanya rusuh hingga membuat aktvitas sekitar menjadi lumpuh. Makvee yang melihat melalui televise dan youtube pun menjadi bergidik ngeri. 

Begitu panasnya hawa setelah pemilu memang masih kita rasakan. Namun Ramadan memang pada akhirnya menang dan suasana berangsur membaik. Indonesia akan baik-baik saja dan seterusnya. Bulan Ramadan yang penuh damai nyatanya menang. Kita patut mengucap syukur,karena  Ramadan mengingatkan kita bahwa ada yang lebih besar dan lebih berarti dibandingkan dengan segala sesuatu yang berasal dari dunia yang fana ini yaitu persaudaraan.

Makvee sendiri tidak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, namun Makvee sangat mengapresiasi teman-teman Makvee yang melaksanakan ibadah dengan taat. Ibadah yang dijalankan bukan hanya sekadar menjalankan kewajiban namun dilaksanakan dengan tulus, sehingga segala kebaikan yang terpancar bukanlah polesan semata. Bulan yang suci ini umat Islam sedunia hukumnya wajib melaksanakan ibadah, bulan yang penuh berkah dan hikmah. Bulan ini umat Islam diajak kembali untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME, mensyukuri segala apa yang telah diberi, dan tak lupa untuk mendekatkan diri kepada sesama.


Ramadan menjadi momen terbaik dari segala bulan untuk mendekatkan diri dengan sesama manusia melalui jalinan persaudaraan. Sebagai bulan yang penuh dengan limpahan nikmat dan pahala, Maka Tuhan akan memberikan ganjaran berlipat-lipat pahala bagi umat yang banyak melakukan kebaikan di bulan Ramadan. Maka kebaikan tidak bisa hanya untuk diri sendiri namun juga menyangkup secara aspek kehidupan termasuk juga menyangkut kehidupan social. Marilah di bulan yang baik menjelang lebaran ini kita menepikan dulu hal-hal duniawi yang justru merusak persaudaraan. Marilah membangun sikap positif demi tercapainya kebaikan dari tahun ke tahun hingga kita semua bisa dipertemukan dengan bulan yang baik ini bulan Ramadan. Say Aminn teman-teman. Positive Vibes. Salam damai.

Share this:

Dari Penulis

Hai, terima kasih telah membaca blogku. Dengan hormat aku mohon jangan tinggalkan link dalam bentuk apapun.

0 komentar:

Posting Komentar