Menyambut Lebaran 1440 H



Wahhh Senangnya hasil pengumuman Sidang Isbat 2019 telah ada dan syahhhh. Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu 5 Juni 2019 besok pagi.

Bagaimana teman-teman semua persiapan menyambut Lebaran Idul Fitri 2019 besok, Apakah kalian sudah menyiapkan cemilan, outfit kece, dan THR lebaran untuk anak-anak kecil yang datang? Wah kalau semuanya sudah bagaimana dengan persiapan di meja makan, apakah segala makanan enak-enak sudah kalian siapkan seperti opor ayam, sambal goreng hati dan segala ubo rampenya hmmm yummy. Selain itu, setelah sebulan berpuasa penuh, merayakan Hari Kemenangan akan semakin berkesan dengan mengirimkan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Sudahkah kalian siapkan 1 folder di handphone kalian berupa video ucapan dan gambar untuk dikirimkan kepada kerabat, teman, dan saudara yang jauh. Wah jika sudah, berarti kamu telah siap menyambut lebaran esok. Aroma kedamaian dan kehangatan mulai menguar malam ini. Kemeriahan pun sudah terdengar dimana-mana malam ini, bunyi takbir berkumandang, suara kembang api yang menggema turut meramaikan suasana. Tinggal hatimu yang harus kamu siapkan untuk esok pagi bermaaf-maafan dengan saudara, teman-teman, mantan, teman mantan, mantan teman, dan teman makan teman lagi hits ehhhhhh apasih ini

Nah lebaran selain meriah dirayakan di Indonesia ternyata setiap negara memiliki tradisi berbeda-beda dalam menyambut hari raya besar Idul Fitri. Setiap negara memiliki keseruannya masing-masing.

Di Indonesia sendiri, pengalaman hari ini Makvee ke pasar, tradisi yang selalu ada dari tahun ke tahun adalah, jumlah pembeli daging ayam dan daging sapi yang meningkat menyambut lebaran H-1. Belum lagi penjual ketupat yang banyak dimana-mana dan selalu habis karena memang banyak orang yang membutuhkan. 


Tapi ada yang menarik ketika melihat lebaran di negara lain, contohnya di India, Negara yang Makvee ingin kunjungi setelah Makvee membaca buku dari penulis Jogja Ayun dengan judul Unforgettable India. Di India Umat Muslim adalah minoritas, di India, para pedagang bihun bersiap menyambut Lebaran. Lhoh kok bihun? Di Negara India dalam menyambut Idul Fitri biasanya identik dengan bihun. Nah Bihun sih kalau di Indonesia jadi jajanan malam berupa bakmi jawa ya teman-teman. Nah kalau di India pedagang bihun di India akan menjamur bahkan mungkin ada yang dadakan menjadi pedagang bihun dan siap menyambut Idul Fitri karena puncaknya adalah festival Idul Fitri dan biasanya terpusat di Kota Kolkata India.

Hmm betapa serunya persiapan lebaran ya dimanapun kita berada. Makvee sebagai non muslim pun bahagia menikmati kemeriahan lebaran. Apalagi kalau keluar rumah menikmati kembang api di langit gratisan lumayan buat hiburan. Selamat merayakan lebaran 1440 H ya teman-teman mohon nafkah lahir dan batin maaf lahir dan batin.

Share this:

Dari Penulis

Hai, terima kasih telah membaca blogku. Dengan hormat aku mohon jangan tinggalkan link dalam bentuk apapun.

0 komentar:

Posting Komentar