Doa dan Harapan di 1440 H

Bulan Ramadan lagi-lagi dan lagi tidak ada batasan untuk melakukan kebaikan. Sekecil apapun kita bisa melakukan kebaikan di mana saja dan kapan saja. Ketika berada di dalam angkutan umum kita bisa memulainya dari hal kecil semisal memberikan tempat duduk untuk penumpang yang lebih prioritas dan membutuhkan seperti ibu hamil, lansia, dan perempuan, atau anak kecil, membantu orang lain yang kesulitan membawa barang, kemudian membantu orang lain memencet tombol lift atau menahan pintu lift untuk orang lain. Bulan Ramadan sendiri bagi saya yang beragama non muslim adalah waktu yang tenang waktu yang baik untuk saling menghargai satu sama lain antar umat beragama.

Sekecil apapun kebaikan yang dilakukan menurut teman-teman Makvee yang beragama muslim. Maka kebaikan tersebut pahalanya akan dilipatgandakan. Semoga kita semua dapat berjumpa di Ramadan berikutnya dengan saling memaafkan di Ramadan 1440 H. Makvee juga memiliki harapan khusus setelah melewati Ramadan tahun ini:

Semoga toleransi yang lebih baik dapat terjalin di Indonesia yang beragam ini. Ibarat kata “orang yang puasa menghormati yang tidak puasa, orang yang tidak puasa menghormati orang yang berpuasa” Tahun ini Makvee rasakan lebaran sungguh meriah, Makvee belum melihat berita mengenai penggrebekan warung-warung makan yang buka walaupun telah ditutup tirai, semuanya berjalan damai dan tenang.

 Semoga kedamaian terus ada di bumi Indonesia. Saling menghargai dan menyayangi satu dengan yang lain karena bumi pertiwi ini milik semua orang yang lahir dan tinggal di Indonesia. Bumi Pertiwi ini milik orang Jawa, orang Bali, orang Kalimantan, orang Sumatera, orang Papua, orang Sulawesi, dan semua suku dan daerah di Indonesia berhak hidup damai di Negara kita tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semoga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan dapat terus dirajut dari waktu ke waktu. Bulan Ramadan dan lebaran yang akan segera tiba dapat membuat kita saling memaafkan dan menguatkan kembali persatuan yang sempat terburai. Setelah hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 lalu kemudian 3 hari kemudian adalah hari kemenangan semoga kita semua diberi kekuatan untuk saling mengalahkan ego dalam diri dan dengan rendah hati saling memberi maaf dan meminta maaf.

Mari kita terus hidup dalam kedamaian, persatuan, dan kesatuan agar kita selalu optimis Indonesia akan semakin baik dan semakin maju sehingga bulan Ramadan dapat terus kita lewati dengan rasa damai dan nyaman bagi semuanya.

Share this:

Dari Penulis

Hai, terima kasih telah membaca blogku. Dengan hormat aku mohon jangan tinggalkan link dalam bentuk apapun.

2 komentar:

  1. Aamiin.. semoga Indonesia tetap damai dan menjaga toleransi 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn kakkkk, sampai bertemu di ramadan tahun depan ya kak selamat berkumpul bersama keluarga

      Hapus