Media Sosial Andalan Saya

Media Sosial apa itu Media Sosial. Mengutip dari  Wikipedia Media sosial adalah kumpulan aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan interaksi sosial secara online. Melalui media sosial tersebut, seseorang bisa berbagi foto dan video serta membuat cerita singkat. Kini, media sosial sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia.

Handphone, Gadget, dan  media sosial sudah menjadi kebutuhan tak terpisahkan bagi manusia. Tidak hanya anak muda saja, tetapi juga para orang tua saat ini butuh media sosial untuk berkomunikasi dan sarana terhubung dengan dunia luar. Media sosial memiliki sejumlah manfaat bagikita jika digunakan dengan sebaik-baiknya, lebih cepat dibanding media konvensional, seperti media cetak, iklan, TV, brosur dan selebaran. Kelebihan lainnya adalah kecanggihan media sosial mampu menjangkau para penggunanya dengan jarak yang tak terbatas.

Teknologi yang semakin pesat, memungkinkan kita memiliki beragam media sosial dalam 1 genggaman dengan fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, Telegram, dan masih banyak yang lainnya.

Saya sendiri termasuk pengguna banyak aplikasi namun aplikasi terbaik dan penting menurut saya belum tentu juga baik menurut orang lain. Ada orang yang senang berkomunikasi menggunakan telegram dibanding whatsapp. Kembali lagi pilihan aplikasi adalah selera dan kebutuhan masing-masing.

WhatsApp
Saya sendiri adalah pengguna Whatsapp, meskipun saya juga memiliki telegram tapi telegram penggunaannya lebih sedikit dibanding Whatsapp.  WhatsApp atau yang biasa disebut dengan WA merupakan media sosial untuk chatting, calling, mengirim dokumen dan lain-lain tanpa biaya, namun cukup menggunakan koneksi internet saja.

Instagram


Aplikasi berikutnya yang wajib ada di handphone saya adalah Instagram. Situs ini pun juga berhasil merebut perhatian saya dan para pengguna yang lain melalui fitur berbagi foto dan video singkat. Ditambah lagi Instagram Story juga menyediakan filter-filter lucu untuk berswafoto. Instagram saya menjadi alat saya untuk membentuk branding saya di media sosial sekaligus sebagai bagian dari hobi saya sebagai seorang blogger.

YouTube
Saya juga menginstal Youtube, tapi tahun-tahun belakangan lebih banyak sebagai penonton dibanding conten creator meskipun saya juga memiliki channel youtube bernama Cerita Makvee.

Facebook
Saya memiliki aplikasi yang kini bernama Meta. Perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg ini sudah ada sejak jaman dahulu. Saya masih menggunakannya hingga kini karena Instagram saya terhubung dengan Facebook. Sama Seperti Instagram, Facebook saya juga bagian dari cara saya membangun branding.

Twitter
Saya juga pengguna lama Twitter sejak 2010. Twitter lebih banyak menampilkan tulisan, foto, dan video. Umumnya, Twitter banyak digunakan oleh penggunanya lantaran memiliki fitur utas atau Thread yang memungkinkan orang untuk berbagi tulisan panjang. Iya memang saya banyak curhat pendek-pendek di twitter sejak lama. 

TikTok
Saya punya Tiktok hanya untuk lucu-lucuan dan punya-punyaan, ternyata aplikasi ini cukup menghibur.
Tiktok saya bernama MakveeStory

LinkedIn

LinkedIn satu-satunya sosial media khusus yang berorientasi bisnis yang populer di Indonesia.
Maka saya pun tak mau menyiakan aplikasi ini untuk membentuk branding saya secara profesional di LinkedIn, apalagi banyak perusahaan yang mencari talenta berbakat di LinkedIn. Bermanfaat untuk seseorang yang sedang mencari kerja, mencari peluang lain, atau membagikan portfolio.

Yess! Itu semua media sosial yang terinstal di handphone saya. Sesuai kebutuhan dan branding yang saya bangun selama ini. Adakah yang sama dengan teman-teman sekalian, atau justru berbeda. Well kebutuhan kita berbeda.

0 comments