Wajib Check 8 Komponen Ini, Saat Mudik Naik Motor


Hi, teman-teman Makvee, masih dalam suasana lebaran ternyata masih banyak teman-teman yang on the way ke kampung halaman. 

Ngomongin kendaraan bermotor, service motor merupakan hal yang sangat penting karena sebelum perjalanan kita perlu memastikan kondisi motor tetap fit dan aman untuk digunakan. Nah, saat service motor, terdapat beberapa bagian yang wajib banget dicek secara rutin nih gaes

Hal ini tentu saja untuk memastikan motor ada dalam kondisi terbaik dan siap wusssss gassss di jalanan tanpa ada hambatan teknis yang parah. Nah lalu menurut kalian apa aja sih komponen yang perlu diperhatikan dan dicek saat servis motor? 

Ini dia nih 8 hal yang wajib banget diperhatikan saat Service Motor terutama buat kita-kita yang akan mudik:

Oli Mesin
Pertama-tama, oli mesin perlu diperiksa dan diganti sesuai dengan jarak tempuh yang telah dicapai. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin setiap 2500 km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrik/retail otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retail type ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. Dan Makvee juga udah pernah nyoba kala motor Makvee pakai Matic.

Oli motor dapat membuat mesin lebih tahan lama karena komposisi kimianya yang tepat dapat melindungi mesin dari kerusakan yang terjadi akibat faktor usia atau kondisi operasional.

Oli Gardan
Selain oli mesin, pengguna motor matic juga perlu memperhatikan kondisi oli gardan. Perbedaan oli mesin dan oli gardan adalah Oli mesin digunakan sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin, sedangkan oli gardan berguna untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantian oli gardan menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi Motor
Bagian berikutnya yang perlu diperiksa adalah busi. Busi adalah salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran pada mesin motor. Fungsi utama busi adalah memicu ledakan bahan bakar dan udara dalam ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan menggerakkan motor. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka motor akan sulit dinyalakan dan perlu diganti.

Kampas Rem
Nah, onderdil satu ini penting banget buat dicek sebelum melakukan perjalanan mudik. Kampas rem juga merupakan bagian penting yang perlu dicek saat service motor. Kampas rem yang tipis dapat menyebabkan rem kurang pakem dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, perlu memeriksa kondisi kampas rem secara rutin.

Filter Udara
Filter udara juga harus diperiksa dan dibersihkan atau diganti jika ditemukan ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator. Aki atau Accu juga perlu diperiksa tegangan dan kondisi terminalnya. Jika ditemukan masalah, aki perlu diganti agar motor tetap dapat digunakan dengan nyaman.

Ban
Ban motor juga perlu kalian perhatikan lho ya, karena merupakan bagian yang penting untuk diperiksa dan perlu dilakukan secara rutin. Pemeriksaan meliputi tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan, dan sebagainya
.

Tune Up Motor
Terakhir, tune up motor rutin harus dilakukan untuk memastikan performa motor tetap optimal. Tune up meliputi pemeriksaan semua komponen dan performa motor secara keseluruhan. Apakah ada masalah di onderdil atau hanya ada kotoran yang menyumbat di dalam sehingga performa motor kalian menjadi tidak maksimal.

Layanan Service Motor Planet Ban
Agar  mendapatkan service motor yang baik, perlu mencari bengkel service motor yang berkualitas dan tepercaya. Makvee sendiri sebagai perempuan pekerja biasanya nyari bengkel yang waktu bukanya lebih lama, yaitu Planet Ban. Saat melakukan service motor, mekanik Planet Ban akan menginformasikan apa saja yang perlu dilakukan penggantian sparepart, bahkan mereka juga sangat informatif jika memang tidak perlu diganti cukup dibersihkan saja dan masih bisa dimaksimalkan pasti akan dimaksimalkan. Cocok buat emak-emak hemat budget macam Makvee ini yhekkann. Selain itu mekanik akan melakukan perbaikan setelah mendapat persetujuan dari pemilik kendaraan.

Keunggulan Layanan Planet Ban
Planet Ban merupakan layanan servis motor terpercaya untuk urusan mudik, selain menerima penggantian dan pemasangan ban, Planet Ban juga menyediakan servis tune up, CVT, throttling body, pergantian kampas rem dan masih banyak lagi. Yang lebih penting, pengerjaan cepat dan pelayanan prima.

Keunggulan layanan Planet Ban
Perbedaan antara layanan servis motor di Planet Ban dengan tempat lain cukup signifikan sih menurutku. Kalau kalian melakukan servis di tempat lain, kemungkinan masih akan ada kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Tak jarang juga debu dan kotoran ditemukan di blok CVT yang dapat membuat motor menjadi terasa berat saat digunakan.

Lalu, misalnya kamu melakukan service motor secara rutin di Planet Ban, seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan dengan sangat teliti hingga terlihat seperti baru. Bahkan, kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya akan dibersihkan secara menyeluruh dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran, sehingga mesin terlihat seperti baru lagi.

Btw, Makvee langganan di Planet Ban Dongkelan dan Makvee biasanya kalau hanya check ban dan isi angin bisa free lho. 

Back to Service Motor di Planet Ban tadi, Makvee akui hasilnya, tarikan motor menjadi lebih enteng, emisi gas buang turun lebih dari 70%, lebih hemat bahan bakar, dan mesin terasa total bersih. Meskipun layanan servis motor yang lengkap seperti itu, di Planet Ban, namun harganya sangat terjangkau. Dan untuk servis motor injeksi, biayanya hanya Rp20.000,- serta untuk service CVT sekaligus dengan rantainya hanya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga hanya Rp20.000,- saja.

8 comments

  1. Wah, infonya bermanfaat banget, kak. Memang sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya kendaraan harus dicek dulu ya, kak.

    BalasHapus
  2. Buat aku yang awam mesin, servis motor sangat penting. Biar nyaman saat bepergian. Dan Planet Ban sudah jadi langganan. Servisnya bagus dan memuaskan soalnya.

    BalasHapus
  3. wah informatif sekali....makasih buat infonya sis

    BalasHapus
  4. Ya ampun jadi pengen ikutan service di Planet Ban sih. Keliatan banget ya hasilnya. Kalau motor enteng mau dibawa kemana aja enak.

    BalasHapus
  5. Di Kalasan ada cabangnya deket rumah, kalau mau servis pasti ke Planet Ban

    BalasHapus
  6. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak bgt yg harus diperhatiin ya soal permotoran ini, jadi tauuuu

    BalasHapus
  8. Saya yang awalnya ga pernah tahu tahu urusan motor setelah baca ini jadi paham apa saja yang wajib dicek saat service motor

    BalasHapus