Mengalami Pitties Saat Masa Menyusui



Kamis Pitties

Jadi pagi tadi ketika hendak bersiap ngantor. Saya mendapati cairan yang keluar dari ketiak. 

Awalnya saya pikir keringat ehhh mengkaget pas dilihat lagi ternyata itu ASI. deg2an dan panik ada apa ini???

Browsing browsing dan menemukan fakta bahwa ternyata aku adalah 1 dari sekian banyak Ibu di dunia yang mengalami hal ini. Hal unik ini terjadi dan tidak membahayakan yaitu Pitties.
Ya Pitties,

Mengutip kata Dr. Theresia Rina Yunita, pitties merupakan benjolan pada ketiak yang muncul ketika jaringan payudara berisi ASI mengalami pembengkakan atau engorgement.

Bahkan setiap ibu bisa mengalami hal tersebut saat fase awal menyusui. Hingga kemudian, pembengkakan itupun terjadi namun tidak berisiko bagi ibu itu sendiri. Keluarnya ASI dari ketiak  lumrah terjadi karena ketiak juga ikut membengkak lantaran produksi ASI yang melimpah.

Jadi bagi ibu-ibu menyusui yang mengalami ini jangan langsung panik kayak aku ya gaes ya

Berdasarkan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, engorgement merupakan pembengkakan payudara yang terjadi karena pembuluh darah mengalami peregangan. Pembengkakan ini juga disebabkan adanya tekanan air susu yang baru diproduksi. 

Jaringan payudara sendiri tidak hanya terletak di payudara. Konsultan laktasi, Andrea Tran, IBCLC mengatakan jaringan yang dinamakan Tail of Spence ini memanjang ke area luar payudara, termasuk ketiak. 

Akupun jadi sadar kalau ASiku memang oversupply (melebihi kapasitas) dan payudara kananku sempat bengkak. Jadi harus rutin-rutin untuk mengosongkan payudara agar ketiak tidak bengkak lagi. Semangat busui semangat aku!

Kamis Pitties, harus tetap bersyukur. Cheers.




0 comments