Tips Smart Online Shopping Bersama Makvee


Saya hidup di tahun 2018 ketika hidup ini menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Manusia kini semakin dimudahkan dengan adanya teknologi. Teknologi digital membuat manusia mudah terhubung satu sama lain tidak terbatas jarak dan waktu. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari saya, sayapun begitu akrabnya dengan teknologi digital dan beragam fasilitas di dalamnya. Banyaknya manfaat dari gadget yang saya pegang membuat saya bisa menambah relasi dan pertemanan hanya dalam genggaman, selain itu saya bisa menambah wawasan baik dalam bidang pengetahuan, sekedar hiburan, atau berbisnis lewat berbagai aplikasi gratis yang mudah didapatkan. Penggunaan media sosial dan aplikasi jual beli online baik barang maupun jasa terinstal di handphone saya.

Saya mau menceritakan tentang pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Sebaiknya setiap dari kita yang merupakan pelanggan belanja online harus memahami peraturan-peraturan yang terkait dengan dasar hukum jual beli. Tercantum dalam Pasal 1 Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang tentang perlindungan konsumen. Diatur juga dalam Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen mengatakan bahwa konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang maupun jasa. 

Selain paham mengenai hak konsumen kita juga harus paham kewajiban kita sebagai konsumen. Sebelum menuntut hak, kita harus memahami kewajiban kita sebagai konsumen. Kewajiban kita sebagai konsumen adalah memiliki niat baik untuk membeli dan menggunakan jasa sehingga kita menjadi pembeli yang tidak merugikan penjual dan pembeli lainnya. Menurut saya yang paling penting dalam belanja di toko online adalah teliti. Karena membeli online tidak seperti membeli di pasar konvensional. Terutama saat membeli baju, sepatu, dan celana karena kita tidak bisa mencobanya langsung. Saya sendiri termasuk generasi jaman now yang sering menggunakan gadget sebagai sarana belanja atau sekedar window shopping untuk memanjakan diri saya yang kadang “lapar mata” ini.


Berbelanja tanpa perlu keliling berlelah lelah hanya dengan satu klik. Tinggal pilih dan barang datang hanya dalam waktu hitungan hari. Teknologi smart online shopping memang telah diterapkan di berbagai situs jual beli online. Ada 5 tips yang  sering saya gunakan ketika saya melakukan pembelian secara online

1. Mempercayakan uang yang akan kita keluarkan untuk berbelanja secara online kepada situs-situs yang tepercaya. Jika ada promo, pastikan ada kode promo misal lazada promo kemudian memberikan Kode Vocher Lazada yang ketika digunakan barang yang kita beli sudah terpotong diskon.




2. Di dalam situs belanja online selalu ada aturan yang sebaiknya kita tahu dan kita baca dengan cermat agar kita paham mengenai sejarah dan peraturan yang ada dalam situs. Salah satunya situs Tokopedia yang sering mengeluarkan Diskon Tokopedia, pelajari syarat-syaratnya agar kita paham benar dan menjadi pembeli yang memiliki itikad baik sehingga tidak merugikan orang lain.

3. Jangan mudah tergiur dengan promo hari belanja online dan flash sale karena dengan berpikir objektif kita tidak akan terburu-buru dalam memilih barang sehingga bisa memastikan pada diri kita sendiri bahwa kita telah memilih barang yang berkualitas dan sesuai kebutuhan kita. Misal kita mengunjungi salah satu toko online blibli.com, pastikan bahwa promo Diskon Blibli tersebut belum lewat dari tanggal masa berlaku diskon. Fokus pada barang yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.


 4. Smart Online Shopping Tips yang juga sering saya lakukan adalah rajin membaca review. Menurut saya membaca review ini penting, karena dari sanalah kita bisa melihat tingkat kepuasaan pembeli terhadap penjual dan barang/jasa yang dijual. Sehingga kita bisa lebih yakin dalam memilih untuk kemudian membeli barang tersebut. Situs seperti Bibli dan Lazada memiliki banyak pelanggan militan yang rajin mengisi review. Hal tersebutlah yang bisa kita jadikan rujukan sebelum membeli barang, membaca review para pelanggan membuat kita jadi punya pertimbangan yang lebih banyak.

5. Jangan malas untuk membandingkan harga antara 1 toko online yang 1 dengan yang lainnya. Juga bandingkan harga asli dari barang yang diskon dengan sebelum diskon lalu bandingkan kembali dengan toko online lainnya. Di situs Hadiah.ME membandingkan harga menjadi lebih mudah karena banyaknya situs toko online yang tercantum dengan diskon yang dimiliki membuat kita dengan mudah dapat memilih dan membandingkan harga yang sesuai dengan anggaran yang kita miliki. Situs hadiah.me mempermudah kita dalam membandingkan diskon dan harga.

Mari menjadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja. Membeli barang yang berkualitas dengan didukung dari situs-situs tepercaya dan juga aman pastinya. Salam smart.

2 comments

  1. wah baru denger soal hadiah.me ini, biasanya aku pake i*****a buat ngebanding-bandingin harga antar produk hehehe, mau coba aahhh

    BalasHapus