Minggu, 12 Mei 2019

# Beauty

3 Bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe



 
Hi !!!
Teman-teman Makvee kali ini Makvee mau bahas tentang kesehatan rambut. Kali ini Makvee mau cerita tentang ketombe. Emang Makvee pernah ketombean juga apa? Ya pernahh dunk Banbwangg Makvee tuh pernah ketombean karena salah shampoo dan mungkin lagi stress juga saat itu. Pernah kutuan juga karena tertular keponakan yang kutuan. Pokoknya drama-drama hidup dan bad hair day takkan lengkap tanpa ketombe (lhoh kok malah bangga)


Tentang Ketombe


Makvee bakal sedikit mengulas, apa dan mengapa ketombe bisa terjadi. Jadi penyebab ketombe adalah mikroba yang terjadi secara alami di kulit kepala yang memiliki nama ilmiah Malassezia globosa.

Malassezia globosa
adalah mikroba yang mengonsumsi minyak kulit kepala alami yaitu sebum. Sebum inilah yang membuat rambut dan kulit kepala kita tetap lembab
. Setelah sebum diurai, maka dihasilkannyalah asam oleat. Setidaknya ada 1 dari 2 orang sensitif terhadap asam oleat dan kulit kepalapun mau tidak mau merespons dengan menjadi teriritasiSebagai respons terhadap iritasi, kulit kepala mulai menjadi meradang, berwarna merah, dan gatal. Kondisi seperti ini membuat tubuh memberi sinyal kepada otak untuk meluruhkan sel-sel kulit dengan lebih cepat daripada yang biasa. Peluruhan kulit ini adalah penyebab ketombe terlihat muncul di kulit kepala, dan kemudian rontok ke bahu kita 

Faktor lainnya yang dapat memengaruhi ketombe

Meskipun masalah penyebab ketombe selalu sama, ada faktor tertentu yang dapat memperburuk rambut dan kulit kepala kita diantaranya karena cuaca panas, stress, dan salah shampoo. Mak sangat penting untuk menjaga kepala agar tidak terlalu sering terpapar sinar matahari. Kalau memang pekerjaan yang menuntut, maka gunakan tutup kepala seperti topi. Faktor dari dalam seperti stress juga sangat berpengaruh. Maka, jaga hati dan pikiran agar senantiasa tenang, kalau Makvee sih akhir-akhir ini lagi belajar meditasi. Faktor shampoo, mengingat seperti halnya kosmetik. Shampoo itu juga cocok-cocokan. Jadi pilihlah shampoo yang tepat agar ketombe tidak semakin parah.

3 Bahan Alami Penghilang Ketombe


Ini adalah pengalaman Makvee pribadi kala dulu rambut ketombean. Bahan ini alami,mudah didapat karena ada di dapur dan di sekitar halaman rumah. Kalau di halaman rumahmu tak ada mungkin di halaman tetanggamu mueehhehe.

1. Garam Dapur

Garam dapat digunakan untuk mengurangi ketombe di area rambut yang ada di kepala. Caranya mudah, setelah keramas menggunakan shampoo kesayanganmu. Gunakan garam di kepalamu hingga merata. Tunggu sekitar 3-5menit hingga garam hilang dan terserap ke dalam kulit kepala. Kemudian bilas. Hindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer selama masa penyembuhan ketombe, agar kulit kepala tidak semakin kering.

2. Lidah Buaya

Dikenal memiliki banyak manfaat memiliki nama ilmiah Aloe Vera. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, membuat rambut berkilau, lidah buaya sangat ampuh digunakan sebagai bahan penghilang ketombe secara alami. Jika di halaman kalian tidak ada tumbuhan ini coba cari di halaman tetangga heheh. 
Cara membuat masker rambut lidah buaya
1. Ambil daging lidah buaya dan pisahkan dari kulitnya
2. Haluskan hingga benar-benar lembut (boleh menggunakan blender)
3. Oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala sambil dipijat hingga meresap.
4. Biarkan hingga 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih


3. Jeruk nipis 

 Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Kalau makan jeruk ini Makvee sih bisa dibikin merem-merem saking asemnya. Namun, tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor,vitamin B1, B2, B3, B5, magnesium, kalium, seng, dan gula. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Jeruk nipis ini juga ampuh untuk mengatasi kebotakan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Cukup peras jeruk nipis kemudian balurkan ke seluruh kulit kepala, tunggu hingga meresap hingga 30 menit kemudian bilas hingga bersih lakukan rutin 2 kali seminggu.

Masih banyak bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Namun cukup 3 saja yang Makvee bagikan sesuai dengan pengalaman Makvee. Terima kasih telah membaca, salam rambut sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar