amis,

Penyebab Bau pada Mulut

Mei 14, 2019 Ceritamakvee 0 Comments

Kita memiliki dua telinga dan satu mulut, karena itu kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.
Hai Teman-teman Makvee gimana kabarnya, sehatkan sehat dunk ya?

Teman-teman pernah tidak? bertemu dengan sesorang berparas tampan dan cantik tapi begitu ngobrol beuhhhhh zonk alias kalian mencium bau yang tidak sedap entah dari mulut atau bau badan yang asalnya tentu saja dari ketiak. Huft kesal sekali kan ya, apalagi Makvee termasuk yang hidungnya sensi sama bau-bauan dunk. Bau badan akan Makvee bahas di tulisan Makvee selanjutnya ya.

Kali ini Makvee mau bahas tentang bau mulut atau "bau jigong" ya nama gaulnya. Bau mulut merupakan masalah umum yang dialami banyak orang mulai dari yang muda hingga tua. Bau mulut ternyata merupakan indikasi bahwa seseorang memiliki penyakit tertentu. Walaupun terlihat seperti masalah yang enteng, tapi bau mulut yang dianggap enteng dan tidak ditanggulangi akan membuat seseorang tidak percaya diri. Juga tidak dipungkiri ini menganggu dalam pergaulan sehari-hari apalagi di lingkungan kerja.

Bau mulut umumnya disebabkan oleh penumpukan bakteri, kuman, amoeba, paramecium, kodok, dinosaurus pada gigi, gusi, dan lidah. Kondisi tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur. Bisa juga ketika orang tersebut sedang puasa sehingga produksi air liur menurun. Nah kalau saat tidak puasa bau mulut telah terasa, berarti memang tipikal orang tersebut minim air liur. Air liur berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi. Kondisi ini disebut mulut kering atau dengan nama ilmiah disebut dengan xerostomia. Selain itu, mulut kering juga dapat disebabkan oleh tarikan napas melalui mulut, bukannya melalui hidung. Penyebabnya adalah rokok, diet, serta konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu sehingga terjadilah bau mulut.

Jarang menyikat gigi adalah faktor terbesar yang menjadi penyebab bau mulut. Kebersihan mulut yang tidak maksimal sehingga membuat pembusukan makanan di gigi semakin parah.


1. Berbau Busuk 

Makvee sendiri pernah bertemu orang yang bau mulutnya seperti kotoran. Bau mulut yang seperti kotoran atau feses menunjukkan bahwa gusi telah terinfeksi bakteri anaerob dalam mulut. Bakteri ini muncul disebabkan kurangnya kebersihan gigi dan mulut.

2. Berbau amis

Ada juga bau yang tercium seperti bau amis. Menurut beberapa sumber, Nitrogen dan sulfur adalah penyebab utama dari keluarnya bau amis di mulut . Orang yang memiliki bau amis seperti ini ada masalah kesehatan pada ginjalnya.

3. Berbau Kering

Berbau seperti mulut kering Bau mulut seperti mulut kering lebih sulit untuk dijelaskan dalam bentuk tulisan.  Bau ini sendiri karena keringnya mulut seseorang  tersebut, karena produksi air liur yang tidak normal.

Nah itu sih beberapa jenis bau yang pernah Makvee alami ketika bertemu dengan beberapa orang yang memiliki bau mulut, mari kita menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan mulut kita. Agar hal ini tidak mengganggu kita dalam pergaulan dan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kita

You Might Also Like

0 komentar: