Jelajah Bantul bersama Dinas Pariwisata Bantul

Makvee piknik lagi pas pandemi? Hmmmm

Minggu, 27 September 2020 Makvee tergopoh-gopoh pagi-pagi menuju Bandara New Yogyakarta Airport karena Makvee akan terbang ke Brussels untuk bertemu pangeran tampan disana. hahahahha pembukaan yang sungguh halu. Tapi siapa tahu di jawab oleh Tuhan Yang Maha Adil sehingga after Pandemi Makvee bisa flight kesana. Bantu amin teman-teman.

Jadi begini teman-teman, mari kita sudahi kehaluannya Makvee dengan mengatakan realita yang sebenarnya. 27 September 2020 adalah puncak peringatan Hari Pariwisata Sedunia a.k.a World Tourism Day 2020. World Tourism Day yang dilaksanakan secara meriah di seluruh dunia kini harus dilaksanakan dengan suasana yang hening karena pandemi Covid-19 memukul dunia pariwisata hingga tiarap. 

Makvee yang tinggal di Bantul sungguh merasa terhormat karena mendapatkan undangan dari Dinas Pariwisata Bantul untuk turut serta berpartisipasi dalam acara Puncak Peringatan Hari Pariwisata Sedunia ke-40. Acara ini dimulai di Kantor Dinas Pariwisata Bantul, mulai pukul 07.00 WIB registrasi. Nah ketahuan kan kenapaa Makvee tergopoh-gopoh keluar dari rumah pagi-pagi. Protokol yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Bantul sangat ketat. Mulai dari pengukuran suhu badan, cuci tangan, penggunaan hand sanitizer, dan masker.

Bekerjasama dengan Bus Gege Transport ( PT Gelis Gedhe MajuMandiri )

Makvee merasa menaiki bus wisata VIP super nyaman. Makvee merasa Bus Gege ini anti goncangan heheheh karena stabil kursinya. Makvee duduk di tengah jadi bisa mendapatkan pemandangan depan bus dan belakang, selain itu AC di bus juga menyala dengan baik.

Selama di dalam bus Makvee, kebetulan Makvee berada di bus 1. Kami tetap menerapkan protocol Kesehatan anti covid-19, tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. 1 Kursi yang biasanya diisi oleh 2 orang kini diisi 1 orang saja.

Ide Seminar On The Road ini pertama kali dicetuskan oleh Dinas Pariwisata Bantul. Seminar on the road Minggu, 27 September 2020 memiliki tema “Pranatan Anyar Plesiran Jogja”

Dinas Pariwisata Bantul, menyiapkan pemateri di bidangnya 
Ada V. Hantoro, ST (Owner PO. Bus Gelis Gede Maju Mandiri) yang memberikan Materi Transportasi pariwisata, smart tourism dan sistem pembayaran non tunai pada industri pariwisataAda juga pemaparan Divisi Tour dan Promosi ASITA DIY (Dra. Malia Uti); dan terakhir ada pemaparan dari Divisi Pemasaran Bank BPD DIY Cabang Bantul.

Perjalanan dari Dinas Pariwisata Bantul menuju Yogyakarta International Airport lebih kurang 60 menit. Perjalanan terasa menyenangkan karena interaksi di dalam bus selama seminar on the road berjalan mengalir dan cair.


Finally Makvee touch down di Yogyakarta International Airport. Di Adisucipto International Airport mengantar Mantan untuk pergi sejauh-jauhnya dari hidupku. Apakah di Yogyakarta International Airport akan menjemput yang baru? Hehehehhe.

Baca juga Taman Budaya Yogyakarta Event 2019-Pameran Tunggal Ekwan Marianto

Saat di Yogyakarta International Airport tepat di depan gerbang masuk bandar diadakan prosesi ceremony puncak Hari Pariwisata Sedunia yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan dihadiri GM. PT. Angkasa Pura I, Pemda DIY, Pemda Kulonprogo, Bank BPD DIY Cabang Bantul, Bandan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dan seluruh asosiasi pelaku Pariwisata Kabupaten Bantul mengikuti upacara dengan baik. GM. PT. Angkasa Pura I Yogyakarta (Persero), Agus Pandu Purnama menjelaskan bahwa Yogyakarta International Airport (YIA) baru saja mendapatkan stempel save travel dari World Travel Association yang berarti bandara ini sudah memenuhi standar Internasional. Artinya Yogyakarta International Airport sudah sangat siap untuk menyambut wisatawan dari berbagai Negara. 


Walaupun, pengembangan infrastruktur masih terus dilakukan, seperti stasiun kereta api yang nantinya memiliki akses langsung ke Yogyakarta International Airport. Bapak Agus Pandu Purnama menambahkan dan memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul atas kolaborasinya dalam pelaksanaan kegiatan ini, “Saya berharap kegiatan seperti ini menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan di YIA”, pungkasnya. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S, Sos mengungkapkan bahwa Hari Pariwisata Sedunia tahun ini mengusung tema “Bantul in New Normal Era, Cleanliness, Health, Safety and Environment”



Pelaksanaan Hari Pariwisata sedunia kali ini sengaja dilaksanakan di Kulon Progo, karena sebagai pembuktian bahwa pariwisata DIY secara kompak dan bersama-sama bangkit dalam melawan virus covid 19. “Corona Bablas, Pariwisata Jelas”, tandasnya. Selanjutnya secara simbolis puncak peringatan hari pariwisata sedunia tahun ini ditandai dengan membunyikan keprak manuk dan mainan tradisional otok-otok oleh seluruh peserta upacara sebagai simbolisasi mengusir Covid-19 dari bumi pertiwi.

Baca juga Review Jujur Le Mindoni Cafe

Setelah acara ceremony selesai Makvee pun berkeliling Yogyakarta International Airport dan masih melanjutkan perjalanan ke Pantai Goa Cemara release tukik dan sebagai penutup akhir seluruh rangkaian kegiatan Hari Pariwisata Se-dunia. Tunggu Part selanjutnya, bagaimana Makvee keliling bandara, dan acara seru apa di Pantai Goa Cemara. Stay Happy, Stay Healthy Everyone, Muaaaaaaachhhhh.


 

6 comments

  1. Keren ini acaranya. Sayang dulu aku gak ikutan ndaftar tersebab bentrokan antardemonstran, eeh, antarkegiatan.

    BalasHapus
  2. Wihh asyik banget acaranya, naik bus keren plus muter2 di bandara. Ditunggu cerita selanjutnya.

    BalasHapus
  3. Sesungguhnya aku pengin lhooo eksplor Bandara YIA. Mosok selama ini cuma kebagian ngurus ticketing tanpa dapat bonus tiket untuk terbang heheheh.. Semoga yaaa kehidupan pariwisata segera kembali bangkit dengan 'pranatan' baru. Karena untuk kembali seperti dulu rasanya udah gak mungkin 'kan ya..

    BalasHapus
  4. Jujur deh, aku rung tau Rene wkwkwk.... semoga besok kalau ada kesempatan kemana gitu, atau difasilitasi gratis liburan, aku bisa menapakkan kaki di bandara baru. hihi

    BalasHapus
  5. Seru banget tripnyaaaa. kusudah lama tidak jalan jalan hiks. Butuh liburan juga emak niih. Semoga pandemi segera usai ya. Udah gatel piknik piknik

    BalasHapus
  6. Makvee bisa masuk ke dalam bandara berarti ya? Aku baru sempat mengunjungi area luarnya aja dan itu aja udah takjub sama pembangunannya yang cepeeet banget dan tentu saja bikin kangen liburan T.T

    BalasHapus