Review Jujur Menginap di Zest Hotel Yogyakarta


Hai Vacationers apa kabar? Semoga kalian sehat selalu ya, 
Menginap di Budget Hotel memang jadi pilihan yang pas ketika travelling ke luar kota. Selain menghemat biaya travellingmu, kalau Makvee sih bisa dapat fasilitas yang cukup sesuai dengan budget yang dimiliki, yeahh sesuai dengan namanya budget hotel.

Kali ini Makvee staycation di tengah kota. Di Zest Hotel yeayyyyy. Zest sendiri berada di bawah manajemen Swiss-Belhotel International Hotels & Resort.

Sekilas Swiss-Belhotel International Hotels & Resort 

Mengutip dari website Swiss-Bellhotel https://www.swiss-belhotel.com/id-id/company-overview
Swiss-Belhotel International Hotels & Resort didirikan pada tahun 1987 dan berkantor pusat di Hong Kong, Swiss-Belhotel International diakui sebagai salah satu grup manajemen hotel dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Swiss-Belhotel International menyediakan keahlian profesional dan layanan manajemen untuk hotel, resor, dan layanan inap. Menduduki peringkat di antara 100 perusahaan manajemen hotel internasional top dunia, Swiss-Belhotel International telah dianugerahi enam kali sebagai Leading Global Hotel Chain di Indonesia dan Hotel Bintang 4 Favorit.

Memiliki lebih dari 145 hotel, resor dan proyek, Swiss-Belhotel International mengelola properti di 21 negara termasuk Cina, Vietnam, Filipina, Malaysia, Indonesia, Kamboja, Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Australia, Selandia Baru, Bulgaria, Georgia, Turki dan Tanzania. Selain Grup Corporate Head Office di Hong Kong, operasi Swiss-Belhotel International di seluruh dunia didukung oleh Grup / Kantor Operasi dan Pengembangan Regional di Shanghai (Cina), Hanoi (Vietnam), Jakarta & Bali (Indonesia), Athena (Yunani) , Sydney (Australia), Auckland (Selandia Baru), Dubai (Uni Emirat Arab).

Grup berkomitmen untuk secara progresif meningkatkan portofolio properti di seluruh dunia dan menumbuhkan berbagai brand yang diakui secara global dengan memanfaatkan kehadiran pasar yang kuat serta jaringan penjualan dan pemasaran yang luas. Saat ini, Swiss-Belhotel International memiliki 14 brand termasuk Grand Swiss-Belhotel - hotel bintang lima, Grand Swiss-Belresort - resor bintang lima, Swiss-Belhotel - hotel bintang empat, Swiss-Belresort - resor bintang empat, Swiss - Belsuites - akomodasi kelas atas, Swiss-Belboutique - hotel butik, Swiss-Belresidences - apartemen berlayanan, Swiss-Belvillas - vila skala menengah, Swiss-Belinn - hotel bintang tiga, Swiss-Belexpress - hotel dengan budget murah, Swiss-Belcourt - tempat menginap dengan budget murah, dan tambahan terbaru, Zest Plus - hotel budget butik, Zest - hotel budget khusus kebutuhan, Zest OK - alternatif modern untuk hostel tradisional. Setiap brand menawarkan tingkat kecanggihan yang unik dalam fasilitasnya, juga secara konsisten memberikan layanan tingkat tinggi yang efisien dan profesional kepada para tamunya.

“Berkomitmen pada Keunggulan dalam Layanan dan Manajemen”, Swiss-Belhotel International membangun kemitraan dengan pemilik properti sehingga tujuan dan sasaran mereka tercapai dan keberhasilan serta pertumbuhan Swiss-Belhotel International terus berlanjut. Perpaduan unik dari profesionalisme perhotelan Swiss dan semangat serta layanannya yang terinspirasi Asia adalah yang benar-benar membedakan Swiss-Belhotel International dari perusahaan manajemen hotel lainnya.

Masing-masing properti Grup dengan bangga membawa ciri khas Swiss-Belhotel International, sebuah simbol yang menjamin kombinasi kualitas, kenyamanan dan dedikasi untuk memberikan yang terbaik bagi pelancong bisnis dan liburan. Komitmen ini diabadikan dalam filosofi "Passion and Professionalism ™" dari Swiss-Belhotel International. Hadiah yang paling berharga untuk Swiss-Belhotel International adalah kembalinya tamu, yang dianggap sebagai pujian tertinggi untuk staf, manajemen, dan untuk Grup secara keseluruhan. 

Tentang ZEST 
ZEST memang hotel budget yang baru, unik dan langsung dapat memenuhi permintaan pasar nasional maupun international. Hotel-hotel dibawah naungan brand ZEST memang menyediakan akomodasi dengan standard internasional namun terjangkau, modern dan minimalis, serta ditujukan bagi para pelaku perjalanan bisnis dengan anggaran terbatas.

Zest didesain sesuai dengan kebutuhan baik di perkotaan atau resort di pedesaan. Memang kamar yang disediakan tidak terlalu besar dan so far pelanggan dapat menerima kondisi dimana kamar yang tersedia untuk harga yang terjangkau. 
Zest Yogyakarta berada di tengah kota dekat dengan Malioboro, dan lokasi wisata kota Yogyakarta. Gedungnya berwarna hijau terlihat cerah dilihat dari kejauhan. Terletak dilokasi yang strategis tepat di tengah kota di area Malioboro, bahkan vacationers dapat berjalan kaki ke pasar Bringharjo yang terkenal dengan beragam batiknya bisa mengunjungi Patuk daerah pusat perbelanjaan oleh-oleh, dan jajanan di jalan Malioboro, Keraton Yogya, Tamansari, Taman Pintar, Taman Budaya, Benteng Vredenburg dan Batik Mirota.

Zest Hotel Yogyakarta memiliki 106 kamar, terdiri atas 49 kamar dengan tempat tidur ukuran Queen atau Tpe Zest Queen Room dan 59 kamar dengan 2 tempat tidur terpisah atau type Zest Twin Room. Zest juga memiliki lantai/kamar bebas asap rokok serta kamar bagi tamu yang memiliki kebutuhan khusus.

Terletak di area lobi, Zest memiliki restaurant kecil namun bersih bernama Citruz. Citruz dapat menampung sekitar 50 tamu untuk jamuan makan biasa seperti breakfast. Citruz menyediakan makan pagi buffet dengan ragam menu hidangan internasional dan Indonesia. Buka setiap hari, pukul 6.00 WIB - 10.00 WIB.

Zest Hotel Yogyakarta juga menyediakan akses internet nirkabel di setiap kamar dan area umum, kolam renang, ruang pertemuan dan fasilitas konferensi, mesin minuman, area parkir serta keamanan 24 jam non-stop yang disertai dengan CCTV. Zest Hotel Yogyakarta menyediakan 1 ruang pertemuan dengan kapasitas 120 orang layaknya ruang teater, atau dapat dibagi menjadi 2 ruang terpisah untuk pertemuan dan seminar dalam skala yang lebih kecil.


Back to Cerita Makvee yang menjajal Zest budget hotel di tengah kota
Makvee check in hampir pukul 14.00 WIB dan harus menunggu sejenak karena antrian resepsionis yang cukup ramai hari itu. Sampai gilirannya Makvee check in ternyata Makvee harus deposit sebesar Rp50.000,- namun ternyata Makvee tidak membawa cash sementara hotel tidak menerima debit. Akhirnya Makvee diijinkan masuk ke kamar dan mendapatkan kunci kamar. Makvee menginap di Zest tanpa sarapan, jadi hanya kamar saja. Sekedar info untuk kalian vacationers bahwa sarapan akan membayar Rp100.00,-an jika kalian ingin menambah sarapan untuk 2 orang. Karena dari pengalaman Makvee menginap di budget hotel memang lebih murah tanpa sarapan, dan sarapan bisa mencari di luar sekalian wisata kuliner di Jogja. Makvee pun naik ke lantai 2 tepatnya di kamar 236. Mendapatkan kamar dengan type Zest Twin Room. Nah beginilah penampakan kamarnya. 


Cukup Minimalis namun pas kalau kata Makvee Worth it dengan harganya yang dibanderol Rp200.000,-an saja benar-benar cocok untuk budget traveller. 






Fasilitas di samping tempat tidur ada telpon dan colokan listrik. Wifinya juga cukup kencang digunakan. 
Pemandangan keluar hanya gedung dan rumah-rumah sekitar. Jadi kalau kalian mencari pemandangan hotel ini tidaklah memiliki pemandangan kota yang bagus. 


Karena hanya akan menghabiskan akhir pekan, Makvee membawa barang secukupnya. Biasanya Makvee membawa perlengkapan mandi lengkap namun kali ini Makvee lupa bawa dan ternyata pas masuk kamar mandi hanya tersedia sabun 1. 

Ini dia kamar mandinya, cukup bersih dan lancar.




Lihat cukup bersih bukan, apalagi air hangatnya mantap. Jadi setting panasnya bisa sampe kemebul dan bikin kaca jadi berembun. Panas dari showernya cukup bagus, lumayan menenangkan lah acara mandi sorenya Makvee.




Ingat Gaes untuk selalu go green ya, ada himbauan dari Zest di kamar mandinya


Uhmm baiklah harus keluar sebentar untuk membeli sikat gigi. Sabun cair  dan shampoo jadi satu tempat tersedia melimpah menempel di sebelah shower, syukurlah masih ada sabun.

Eh tapi kenapa tidak ada sandal hotel yang biasanya disediakan. Makvee pun menelpon ke resepsionis dan resepsionis menjelaskan bahwa jika mau ada tambahan sandal maka ada charge sebesar Rp30.000,-
Oke baiklah tidak usah pakai sandal tidak apa-apa lah. Lemari dan hanger yang disediakan cukup banyak, ada brankas juga disediakan di kamar. 


Makvee pun menyalakan televisi dan mengecilkan suhu AC. 

Makvee menunggu staycation mate Makvee, Mbak Iffa. Mumpung sendirian foto-foto dulu yhekannnn

Mbak Iffa pun datang sekitar pukul 3 sore.






Agenda kami hari itu adalah minum soju. Mumpung Jogja sedang dirundung hujan berhari-hari Soju cukuplah untuk sekadar menghangatkan badan.

ZEST Hotel Yogyakarta
Alamat Jl. Gajah Mada No.28, Purwokinanti, Pakualaman, 
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55112
Telepon (0274) 6429119

0 komentar