Menjaga Personal Hygiene untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Sumber Gambar https://migrantcare.net/2020/07/tata-kelola-baru-migrasi-tenaga-kerja-di-era-pandemi/


Omicron sedang mengganas, beberapa teman saya akhirnya positif Covid. Sekolah yang mulai offline kini online lagi. Virus memang datang darimana saja. Termasuk mungkin orang-orang yang berkunjung ke rumah walaupun sudah ketat menerapkan prokes tetap saja kan ada orang yang tidak bergejala. Sayapun sedang WFH pada masa-masa sekarang ini, dan lebih ketat lagi menjaga protokol kesehatan. Mengingat kesehatan mahal harganya.

Kebersihan diri atau personal hygiene memiliki peran yang besar apalagi yang umat manusia hadapi sekarang tidak keliatan dan masif cara menyerangnya. Pandemi COVID-19 mestinya memberikan pengaruh besar terhadap pola pikir kita dan cara kita menjaga kesehatan. Bagi saya menjaga kebersihan diri sendiri, dapat meminimalisir resiko penularan virus ini.

Berikut beberapa tips yang saya lakukan dan pengalaman dari keluarga saya yang pernah terpapar virus Covid-19 ini:

1. Mandi Secara Teratur 
Mandi dua kali merupakan anjuran dari jaman kita kecil hingga dewasa, adalah termasuk salah satu cara kita untuk hidup sehat menjaga kebersihan diri. Kita mandi pun tidak hanya 2 kali, sehabis pergi dari luar rumah ataupun melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat sebaiknya segera ganti semua baju lalu direndam dan kemudian mandi dan keramas dengan bersih.

Selain itu, segera mandi setelah melakukan berbagai aktivitas di masa pandemi sangat penting untuk mencegah risiko menempelnya virus.

Saya sendiri menggunakan produk yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, produk dari Betadine yaitu Natural Defense Nourishing Manuka Honey & Moisturising Aloe Vera Body Wash. Ukurannya besar 500ml, jadi selain ditaruh di kamar mandi, saya juga pindahkan ke botol sabun kecil-kecil agar praktis dibawa kemana saja.


Saya suka sabun ini dan highly recommended karena aromanya tidak norak, yang sampai menusuk hidung, Aroma sabun ini manis dan menyegarkan. Sabun Natural Defense Nourishing Manuka Honey & Moisturising Aloe Vera Body Wash juga memiliki formula pH seimbang, diperkaya dengan Vitamin E yang membantu membersihkan, melembabkan, dan melembutkan kulit. Tiap kali mandi dan cuci tangan saya merasakan aroma Madu Manuka yang menyegarkan. Sabun Natural Defense Nourishing Manuka Honey & Moisturising Aloe Vera Body Wash tersedia dalam ukuran 400 ml (Refill) dan 500 ml.

2. Aktif Menjaga Kebersihan Mulut dan Tangan
Menurut banyak artikel yang saya baca menyikat gigi secara menyeluruh selama 2 menit dapat mengurangi risiko serangan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang, bau mulut, sariawan, dan masalah lainnya.

Cara menggosok gigi yang dianjurkan adalah dengan memulainya dari bagian terluar gigi yang dilakukan dengan gerakan naik-turun selama 20 detik untuk membersihkan bagian gusi dan bagian depan gigi secara merata. Setelah itu jangan lupa berkumur dengan dengan Betadine, salah satu produk yang menyegarkan dan menjaga kesehatan mulut adalah Betadine Mouth Wash and Gargle

Kemudian jangan lupa juga menjaga kebersihan tangan, ternyata kuku juga sangat memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh. Secara tidak langsung kuku dapat berkontribusi dalam penyebaran beberapa masalah infeksi dan bakteri.

Bersihkan tangan dan kuku dengan sabun lalu keringkan dengan handuk bersih, oiya jangan lupa cuci juga gunting kuku dengan air bersih dan alkohol untuk mensterilkannya agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Hindari kebiasaan menggigit kuku meski terkesan remeh, namun cara diri dapat mencegah resiko masuknya virus dan bakteri ke mulut.

3. Cuci Tangan Menggunakan Sabun 
Sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan dimanapun karena ya sekali lagi kita tidak tahu dimana virus itu berada. Maka penting untuk menyiapkan sabun dan hand sanitizer sendiri di dalam tas kemanapun kita pergi. Seperti yang saya sebutkan diatas saya membeli sabun dari Betadine yang kemudian saya bagi-bagi ke wadah kecil-kecil agar lebih mudah membawanya kemana saja. Dan it works saya jadi lebih tenang, dan tidak perlu menggunakan sabun yang sudah disentuh banyak orang. 

Selain sabun produk Betadine lain terutama yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan sangatlah banyak dan tentunya bisa membantu kita bertahan di tengah terpaan pandemi misalnya feminine hygiene, throat spray, nasal spray, lozenges dan sebagainya bisa dicheck langsung di websitenya https://betadine.co.id/ 

4. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Area Wajah dengan Tangan
The Last but Not Least.
Sebaiknya, jangan terlalu sering menyentuh bagian wajah, terutama menggaruk hidung, pipi, ataupun mengusap mata untuk menghindari infeksi virus. Kecuali kita sendiri bisa memastikan bahwa tangan kita benar-benar steril

Cara ini merupakan langkah tepat untuk menjaga kebersihan sekaligus bentuk proteksi terhadap kesehatan diri sendiri.

Pandemi semoga segera menjadi endemi, dan bahwa kita harus sadar bahwa kita mampu menghadapi pandemi ini bersama. Semangat berkarya dimanapun berada, jaga protokol kesehatan dengan ingat selalu 3M dan tetap berpikiran positif. All is Well.

2 comments

  1. Mandi secara teratur itu yg susah. Soalnya lebih banyak di rumah saja, jadi males mandi. Heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kalau di rumah malah rajin mandi mbak wkkwkwkw

      Hapus