Jelajah Bantul Desa Wisata Santan

Mangkok Bathok

Jelajah Bantul seharian full, asyik sekaleeeeee, Hallo, teman-teman Makvee, semoga kalian dalam keadaan sehat ya. Makvee baru saja seharian full dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB menyempatkan waktu ditemani oleh kawan-kawan dari Dinas Pariwisata Bantul dan para Travel Blogger dan Influencer berkeliling ke tempat-tempat wisata yang 2 diantaranya dekat dengan rumah Makvee. Di postingan sebelumnya Makvee bercerita tentang Desa Wisata Krebet dan menikmati opening acara di Desa Wisata Krebet. 

Baca Juga Jelajah Bantul Desa Wisata Krebet

Desa berikutnya yang Makvee kunjungi adalah Desa Wisata Santan yang berlimpah Ingkung. Ya benar Makvee akhirnya sampai ke Kampung Bathok berada di Dusun Santan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Makvee pernah melihat dan hanya lewat di sekitaran Desa Wisata Santan. Warga sekitar lebih familiar dengan Kampung Bathok Santan, tetapi baru sekali ini Makvee berkunjung. Desa Wisata Santan memiliki produk unggulan berupa kerajinan dari bathok atau tempurung kelapa. Selain itu kulinernya yang terkenal adalah Ingkung Ayam Kampung yang gurihnya sampai ubun-ubun.


Lokasi Desa Wisata Santan
Desa Wisata Santan ini tepatnya terletak di sebelah selatan Goa Selarong. Berada di jalur wisata sebenarnya Desa Wisata Santan ada di wilayah yang strategis wisata karena cukup dekat dengan Cagar Alam Gunung Gamping atau bekas Keraton Ambarketawang (Gamping, Sleman). Jalur yang dilewati dapat melalui Goa Selarong – Desa Wisata Santan- Pasar Pijenan (Pasar Sentra Batik Khas Bantul). Bila meneruskan perjalanan, dari Desa Wisata Santan ke selatan, maka melewati daerah yang disebut dengan Kalakijo, Guwosari, Pajangan ada beragam kuliner disana yang jelas ingkung adalah salah satu makanan yang mudah ditemukan, kemudian jalan terus ke selatan akan sampai ke Pasar Pijenan. Terus ke arah selatan maka akan sampai ke Desa Wisata Lopati (Srandakan, Bantul), kemudian setelah bertemu Jembatan Srandakan bila terus melaju ke selatan, maka akan sampai Pantai Patehan, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara dan Pantai Baru. 

Desa Wisata Santan a.k.a Kampung Bathok Santan merupakan salah satu desa wisata yang ada di Desa Guwosari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul. Desa wisata yang diresmikan pada tahun 2011 ini merupakan eksportir semua kerajinan berbahan dasar kelapa. Produk terbesar yang dihasilkan adalah bathok kelapa dan menjadi eksportir terbesar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada berbagai macam kerajinan dari Kelapa, mulai dari lampu, tas, mangkok, gelas, dan sumpit. Bathok kelapa yang awalnya berserabut, dipoles, diproses, dan dihaluskan sedemikian rupa menjadi barang kerajinan yang nilainya tinggi. Makvee pun berkesempatan untuk melihat prosesnya secara langsung.

Mulai dari dikupas, dibentuk, hingga dihaluskan.






Tapi sebagian besar yang Makvee lihat adalah peralatan makan seperti piring, mangkok, gelas, mangkok, sendok, garpu dan sumpit, walaupun memang ada hiasan, pajangan-pajangan cantik seperti lampu dan celengan tapi jumlahnya tidak sebanyak perlatan makan yang diproduksi

Sekilas Sejarah Desa Wisata Santan
Kerajinan bathok kelapa di Desa Wisata Santan sudah ada sejak tahun 1991. 

Awalnya kerajinan bathok kelapa hanya dilakukan oleh 1 keluarga turun temurun. Kemudian, lama-kelamaan berkembang dan menjadi usaha yang meluas ke hampir setiap rumah di Desa Wisata Santan. 

Hal yang unik adalah setiap kepala keluarga yang menjalankan bisnis ini memiliki produk yang berbeda antara satu dengan yang lain. Selain kerajinan bathok kelapa, satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung kesini adalah kuliner ingkung yang menggoyang lidah. 





Makvee pun berkesempatan membawa pulang bathok kelapa sebagai gift dan icip-icip ingkung beserta sego gurih (nasi uduk) yang gurihnya tidak nanggung. Yummmmy.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Desa Wisata Santan. Stay Happy dan Stay Healthy ya. Cheerssss.

0 comments